Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 24 Sep 2018 18:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pianemo, Tempat Ustadz Abdul Somad Foto-foto di Raja Ampat

Afif Farhan
detikTravel
Ustadz Abdul Somad di Pianemo, Raja Ampat (ustadzabdulsomad/Instagram)
Ustadz Abdul Somad di Pianemo, Raja Ampat (ustadzabdulsomad/Instagram)
Waisai - Ustadz Abdul Somad sedang berdakwah ke Raja Ampat, Papua Barat. Tak ketinggalan, dia mampir ke Pianemo untuk berfoto-foto dengan panorama gugusan pulau karang.

Hal itu dapat dilihat pada postingan Instagram pribadinya, ustadzabdulsomad. Dilihat detikTravel, Senin (24/9/2018) Ustadz Abdul Somad disambut dengan suka cita oleh masyarakat Kota Sorong.

Dari foto-foto yang diuploadnya, Ustadz Abdul Somad menampilkan kegiatan dakwahnya di Masjid Agung Waisai. Waisai sendiri merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat di Papua Barat. Dapat ditempuh naik boat sekitar 1 jam dari Kota Sorong.

BACA JUGA: Ustadz Abdul Somad dan Keindahan Raja Ampat

Dalam postingan fotonya, terlihat Ustadz Abdul Somad berfoto dengan latar yang cantik. Ada pulau-pulau kecil dan lautan bergradasi hijau tosca. Memang dia tidak menyebutkan nama tempatnya, tapi kemungkinan besar itu ada di Pianemo.

detikTravel pernah beberapa kali berkunjung ke Pianemo. Suatu gugusan pulau karang yang indah, tidak kalah dari Kabui dan Wayag. Kalau Wayag, disebut-sebut yang paling indah di Raja Ampat.

Painemo, salah satu keindahan dari Raja Ampat (Johanes Randy/detikTravel)Painemo, salah satu keindahan dari Raja Ampat (Johanes Randy/detikTravel)


Pianemo dapat ditempuh naik boat sekitar 2 jam dari Kota Waisai, ibukota Kabupaten Raja Ampat. Pianemo ini tidak dihuni manusia. Tapi jangan kaget, kalau lihat kadal berkeliaran ya.

Pianemo sudah terdengar namanya sebagai destinasi wisata sejak tahun 2010-an. Menurut penjelasan beberapa guide setempat, nama Pianemo diambil dari kata Penemu karena gugusan pulau karangnya kala itu baru ditemukan.

(Firdaus Anwar/detikTravel)(Firdaus Anwar/detikTravel)


Tapi menariknya, beberapa kali nama Pianemo berganti. Terakhir, namanya Pianemu yang mana tertulis dalam papan nama resmi pulau yang dipasang oleh Kemenpar dan Kementerian ESDM. Di papan tersebut tertulis 'situs warisan bentang alam karst Painemu.' Melihat papan nama tersebut, dapat disimpulkan kalau Painemu merupakan nama resmi dari pulau karang tersebut.

Tapi toh, tetap saja banyak yang masih menyebut Pianemo. Terlepas dari persoalan nama, memang bentang alam di sana sungguh mencuri hati. Apalagi sejak tahun 2014, salah satu pulaunya diberikan fasilitas tangga dan semacam dek. Itu untuk membuat wisatawan mudah mendaki sampai ke puncaknya dan dapat memandangi keindahan Pianemo dari ketinggian sampai puas!

Tempat berfoto-foto dengan latar Pianemo dari ketinggian (Firdaus Anwar/detikTravel)Tempat berfoto-foto dengan latar Pianemo dari ketinggian (Firdaus Anwar/detikTravel)


Di tempat itu juga, sudah banyak orang-orang terkenal yang berfoto-foto. Dari artis dalam negeri seperti Pevita Pearce, sampai Presiden RI Joko Widodo. Stoffel Vandoorne, pebalap F1 juga pernah datang ke sana.

Waktu paling baik berkunjung ke Pianemo adalah saat siang hari. Saat matahari sedang terik, saat itu pula lanskap Pianemo terlihat eksotis dari ketinggian.

Presiden Jokowi yang juga pernah mengunjungi Pianemo (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)Presiden Jokowi yang juga pernah mengunjungi Pianemo (Biro Pers Setpres/Agus Suparto)


Selain memandangi Pianemo dari ketinggian, biasanya para guide di Raja Ampat bakal mengajak wisatawan untuk berkeliling ke pulau-pulau karangnya naik boat. Asyik buat foto-foto!

Pianemo merupakan destinasi favorit wisatawan di Raja Ampat, juga paling dekat ditempuh dari Waisai dibanding ke Wayag. Tak heran sampai Ustadz Abdul Somad juga datang ke sana dan berfoto-foto.

Ustadz Abdul Somad yang berfoto-foto di Pianemo (ustadzabdulsomad/Instagram)Ustadz Abdul Somad yang berfoto-foto di Pianemo (ustadzabdulsomad/Instagram)
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED