Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Okt 2018 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wajah Baru Destinasi Kota Banjar yang Instagramable

Dadang Hermansyah
detikTravel
Foto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Foto: (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Kota Banjar - Pernah dengar Taman Situ Mustika? Taman ini adalah destinasi lama Kota Banjar. Taman ini kini hadir dengan wajah baru yang segar dan instagrammable.

Lama tak terdengar seiring turunnya pamor karena tidak kurangnya penataan. Kini Situ Mustika di Kota Banjar, Jawa Barat, mulai bangkit menjadi sebuah taman yang cocok untuk swafoto dan instagramable.

Taman Situ Mustika terlerak di Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar. Lokasinya sangat strategis, karena berada tidak jauh dari jalan nasional Banjar-Jawa Tengah. Namun kurangnya perawaran, situ mustika ini tidak banyak dikenal.

Semula, Situ Mustika ini hanyalah sebuah danau yang dikelilingi oleh hutan pinus milik Perhutani. Namun kondisinya yang kurang menarik, membuat obyek wisata alam yang ada di Banjar ini mulai ditinggalkan pengunjung. Terlebih setiap musim kemarau debit airnya berkurang bahkan mengering.

 (Dadang Hermansyah/detikTravel) (Dadang Hermansyah/detikTravel) Foto: undefined


Prihatin atas kondisi itu, masyarakat setempat sepakat bekerjasama dengan Perhutani untuk mengembalikan kejayaan situ mustika. Diawal tahun 2018, situ mustika mulai ditata menjadi sebuah taman yang cocok untuk berswafoto, terutama bagi wisatawan yang gemar mengunggah foto diri dengan latar belakang yang indah dan unik.

Pantauan detikTravel, kondisi alam di taman ini sudah sangat mendukung, karena dipenuhi dengan rindangnya hutan pinus. Banyak berbagai jenis bunga yang ditanam dan beberapa spot foto yang unik, seperti taman bunga berbentuk hati, spot foto hati, dan rumpun bambu yang mirip sebuah gua. Juga beberapa rumah pohon.

Meski pengerjaannya belum selesai 100 persen, namun sudah banyak pengunjung yang datang hanya untuk berfoto-foto di beberapa titik yang telah disediakan.

"Bangga, sekarang situ mustika sudah bagus dan indah, ada tamannya yang sangat pas untuk foto-foto, dulu kalau kesini paling hanya duduk saja sekalian menyepi," jelas Arto Sunarto, salah seorang warga Banjar saat ditemui di Taman Mustika Senin (8/10/2018).

(Dadang Hermansyah/detikTravel)(Dadang Hermansyah/detikTravel) Foto: undefined


Sementara itu, Hen Hen Hendaris, tokoh masyarakat sekitar yang ikut membangun situ mustika ini, mengaku prihatin dengan kondisi situ mustika yang tidak mengalami perubahan setelah ditinggal 30 tahun merantau keluar kota.

"Masyarakat sepakat kerjasama dengan perhutani untuk menata situ mustika ini menjadi sebuah taman alam yang indah, supaya kembali menjadi salah satu wisata andalan di Kota Banjar," ujar Hen Hen saat ditemui di lokasi taman.

Di taman situ mustika ini, juga dilengkapi dengan berbagai macam tumbuhan dan aneka pohon anggrek. Sehingga bisa menjadi taman edukasi bagi para pelajar di Banjar khususnya.

"Mudah-mudahan salah satu wisata alam di Kota Banjar ini bisa bangkit menjadi salah satu wisata andalan," pungkasnya.




Tonton juga 'Begini Cara Pembuatan Nasi Lemeng Khas Desa Banjar':

[Gambas:Video 20detik]

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED