Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 20 Okt 2018 15:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Santai Sore Sambil Lihat Sunset di Pantai Duta Probolinggo

M Rofiq
detikTravel
Sunset di Pantai Duta Probolinggo (M Rofiq/detikTravel)
Sunset di Pantai Duta Probolinggo (M Rofiq/detikTravel)
Probolinggo - Traveler yang libur akhir pekan di Probolinggo, sempatkan main ke Pantai Duta. Pemandangan matahari terbenamnya begitu memanjakan mata.

Pantai Duta terletak 2 km di sebelah timur Kota Kraksaan, atau lebih tepatnya di Desa Randu Tatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Nama pantai ini berasal dari kata Randu Tatah, yakni nama desa lokasi Pantai Duta berada.

Wisata Pantai Duta cocok buat traveler yang suka berburu momen sunset alias matahari terbenam. Warna air laut keemasan dapat dilihat di pantai ini saat matahari mulai bersembunyi di ufuk barat.

Tak sedikit wisatawan menikmati sunset di Pantai Duta. Seperti yang dilakukan Hafis Rozani, salah seorang fotografer asal Surabaya, di mana ia sengaja berkunjung ke Pantai Duta untuk memotret spot-spot menarik. Hafis mengatakan, jika pemandangan alam di Pantai Duta cukup eksotik, utamanya saat momen sunset.

(M Rofiq/detikTravel)(M Rofiq/detikTravel)

"Keren pantainya mas saat sunset, lautnya jadi terlihat kuning keemasan, ditambah background matahari di ufuk barat yang merah merona, turun secara perlahan," ungkapnya, Kamis (18/10/2018).

Kepada detikTravel, Hafis mengaku sudah ketiga kalinya mengunjungi Pantai Duta, karena suasana alamnya yang tidak membosankan. Selain melihat indahnya sunset, saat wisata pantai traveler pun bisa menyewa ban untuk berenang, ataupun berlayar naik perahu wisata.

Tak hanya menyuguhkan keindahan pantai, objek wisata ini juga menyimpan keindahan lainnya. Seperti adanya sebuah anjungan dari kayu, yang melintasi hutan Mangrove di sekitaran pantai dengan panjang sekitar 1 kilometer, ada juga hutan Cemara, serta menara untuk melihat pantai setinggi 10 meter.


(M Rofiq/detikTravel)(M Rofiq/detikTravel)

Di lahan pantai sekaligus hutan Mangrove seluas 13,5 hektar itu, traveler bisa kemping bersama teman, atau pun dijadikan spot foto prewedding bagi pasangan pengantin yang hendak menikah.

Pengelola wisata Pantai Duta, Abdul Aziz, menyampaikan dalam sehari wisatawan yang berkunjung ke Pantai Duta, bisa mencapai 5.000 hingga 7.000 pengunjung.

BACA JUGA: Candi Jabung, Peninggalan Kuno Majapahit di Probolinggo

Umumnya wisatawan berasal dari warga lokal, serta 40 persen lainnya wisatawan luar kota. Aziz menyebut, bahwa untuk masuk ke Pantai Duta, pengunjung hanya ditarik biaya retribusi parkir saja.

"Untuk masuknya, bayar parkir saja pak yakni, Rp 10 ribu untuk sepeda motor dan Rp 20 ribu untuk mobil. Jadi tidak menghitung jumlah orang pak, itu pun hasil retribusi akan digunakan kembali untuk biaya operasional pengelolaan pantai," terang Aziz. (krn/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED