Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Nov 2018 17:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Oleh-oleh Khas Boyolali yang Kamu Mesti Coba: Keju dan Susu

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Toko Keju Indrakilla di Boyolali (Randy/detikTravel)
Toko Keju Indrakilla di Boyolali (Randy/detikTravel)
Boyolali - Jauh sebelum ada istilah tampang Boyolali, kabupaten di Jawa Tengah ini terkenal sebagai produsen susu sapi. Wisatawan bisa beli oleh-oleh susu dan keju.

Traveler yang road trip ke Jawa Tengah mungkin pernah melihat satu dari sekian banyak patung sapi di Boyolali . Ya, citra Boyolali sebagai penghasil produk susu memang diwakili lewat patung dan simbol sapi yang banyak dijumpai di sudut kotanya. Kamu yang kebetulan lewat Boyolali pun bisa membeli produk susu segar untuk oleh-oleh.

Aneka produk susu dan keju khas Boyolali (Randy/detikTravel)Aneka produk susu dan keju khas Boyolali (Randy/detikTravel) Foto: undefined


Salah satu tempat di mana traveler bisa membeli susu segar khas Boyolali adalah di Keju Indrakilla yang terletak tak jauh dari pusat kota, tepatnya di Jalan Prof Dr Soeharso 41. Lokasinya ada di sisi kiri jalan kalau dari arah Semarang.

Untuk informasi, Keju Indrakilla merupakan salah satu produsen susu kenamaan di Boyolali yang sudah cukup punya nama. Diversifikasi produknya pun tidak terbatas susu, melainkan ada juga minuman yoghurt, keju mozzarella hingga sabun dari susu. Wuih!

Selain susu segar, traveler juga bisa mencoba susu dengan aneka rasa seperti cokelat dan strawberry. Yang menarik adalah yoghurtnya, di mana traveler bisa mendapat after taste keju setelah meminumnya.

 Ruang untuk tamu di depan toko (Randy/detikTravel) Ruang untuk tamu di depan toko (Randy/detikTravel) Foto: undefined


Lewat sejumlah informasi yang terpampang di dinding toko, diketahui kalau Keju Indrakilla merupakan usaha dari seorang penduduk Boyolali bernama Noviyanto. Dari kegigihannya, ia berhasil mengolah susu menjadi keju dan menjualnya di tahun 2009. Usahanya pun terus berkembang hingga kini.

Soal kualitas, semua produk olahan Keju Indrakilla sudah terjamin kesegarannya. Layaknya produk segar pada umumnya, ada kondisi penyimpanan dan jangka waktu yang perlu diketahui.

"Ini kita stok tiap hari. Kalau sudah dibuka sehari dua hari (produk susu - red). Kalau di kulkas bisa tahan sampai seminggu," ujar salah satu pegawai Keju Indrakilla pada detikTravel, Minggu (25/11/2018)

 Susu segar dan aneka varian rasa (Randy/detikTravel) Susu segar dan aneka varian rasa (Randy/detikTravel) Foto: undefined


Susu segar memang tak bisa bertahan lama, tapi lain halnya dengan varian produk keju yang lebih awet. Product packaging yang kedap udara dan rapi juga membuat umurnya lebih awet. Apabila mau beli, traveler bisa datang langsung ke tempatnya di Boyolali.

"Kita buka setiap hari dari pukul 09.00-17.00 WIB," ujarnya.

Untuk produk susu dan yoghurt, Keju Indrakilla menjualnya seharga Rp 10 ribu per botol. Sedangkan untuk kejunya adalah Rp 125 ribu perkilo. Adapun, traveler juga bisa membeli produk kejunya secara satuan. Kalau ke Boyolali, jangan lupa beli oleh-oleh https://www.detik.com/tag/oleh-oleh/ keju dan susunya ya!



(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA