Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 05 Des 2018 09:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kawah Hujan di Bandung Ini Bisa Sembuhkan Beragam Penyakit

Wisma Putra
detikTravel
Foto: Kawah Hujan di Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Foto: Kawah Hujan di Bandung (Wisma Putra/detikTravel)
Bandung - Kawah Hujan di Bandung sedang ramai diperbincangkan. Konon, kawah ini diyakini bisa sembuhkan beragam penyakit. Penasaran kan?

Kawah Hujan berada di kawasan objek wisata Kawah Kamojang, Kabupaten Bandung. Ternyata turis yang datang ke sini tidak hanya sekedar wisata saja, namun juga untuk terapi kesehatan.

Berbeda dengan tiga kawah lainnya yang ada di kawasan objek wisata Kawah Kamojang yaitu Kawah Manuk, Kawah Berecek dan Kawah Kereta Api, Kawah Hujan ini diyakini memiliki khasiat tersendiri untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Lokasi Kawah Hujan ini berada di ujung kawasan Kawah Kamojang. Letaknya setelah Kawah Kereta Api.
Foto: Wisma Putra/detikTravel


Juru kunci Kawah Hujan, Abah Koko (80) mengatakan, banyak wisatawan yang datang ke Kawah Hujan untuk menyembuhkan penyakitnya. Ia menyebutkan, banyak dari mereka yang sembuh setelah melakukan terapi di Kawah Hujan.

"Alhamdullilah banyak yang datang, dari Jakarta, Bogor, dan lainnya," kata Abah Koko kepada detikTravel belum lama ini.

Ia mengungkapkan, uap panas yang keluar dari kawah tersebut dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

"Khasiatnya, dapat digunakan sebagai sauna alami dan dapat digunakan untuk pengobatan. Jadi uap yang keluar itu fungsinya bisa mengobati penyakit flu, asma, rematik, jantung, paru-paru, hernia, kanker payudara dan stroke," ungkapnya.

Menurutnya lagi, kawah ini ditemukan oleh nenek moyangnya bernama Bah Masjam, diteruskan oleh juru kunci ke dua Bah Ambut. Sepeninggalan Bah Ambut, ayahnya yang bernama Aki Edong menjadi jiru kunci ke tiga dan sekaramg dirinya yang menjadi juru kunci di kawah tersebut hampir selama 10 tahun.

Foto: Abah Koko menyulut rokok ke batu kawah (Wisma Putra/detikTravel)

Ada cara unik agar, kepulan asap keluar dari bebatuan yang ada di kawah tersebut. Abah Koko hanya menyulut sebatang rokok lalu meniupkan asapnya ke batu yang ada di kawah itu.

detikTravel sempat mencoba mandi uap di Kawah Hujan ini. Kita berdiri di atas tembok yang ada di kawah tersebut lalu menghadap ke batu itu. Setelah itu Abah Koko langsung beraksi, untuk memainkan uap asap yang diarahkan ke tubuh.

Rasanya panas saat asap itu mengenai tubuh kita. Saking sudah terbiasa memainkan asap di kawah itu, kita bisa merequest panas yang keluar dari asap itu.

"Sekarang belum terlalu panas, ini masih level lima tapi belum full. Sekarang abah berikam full," ujarmya.

Betul saja, setelah uap panas yang diarahkan kepada kita di full-kan, tubuh semakin kepanasan dan Abah Koko mengatakan bila asap tersebut bereaksi kepada tubuh kita.

Foto:Wisatawan mandi uap (Wisma Putra/detikTravel)

Tidak hanya itu, ada beberapa batu yang ada di sekitar lokasi Kawah Hujan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan rematik dan stroke. Cara terapinya yaitu menginjakkan telapak kaki kita ke batu tersebut. Batu ini juga memiliki panas lho.

Selain itu, disudut sebelah kiri ada air mancur panas yang keluar dari tanah. Air mancur itu dapat digunakan untuk terapi serupa totok jarum. Bagi Anda yang ingin terapi totok jarum mwnggunakan cipratan air, kamu tinggal berdiri di depan pancuran air itu dan Abah Koko akan mengatir copratan air yang menyiprat panggung kita.

"Untuk air, itu disebut totok jarum atau akupuntur. Kalau di kota pakai jarum, di sini pakai air," pungkasnya. (sym/sna)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED