Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 11 Des 2018 22:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Pulau Padar, Primadona dari Nusa Tenggara Timur

Shinta Angriyana
detikTravel
Foto: Pulau Padar (Shinta/detikTravel)
Labuan Bajo - TN Komodo tersusun atas berbagai pulau yang indah. Namun ada satu primadonanya, yakni sebuah perbukitan yang dikelilingi oleh laut biru nan cantik.

Kini, primadona tersebut telah mendunia. Tidak jarang wisatawan asing datang ke Tanah Air, hanya untuk melihat langsung keindahan pulau tersebut yakni Pulau Padar. Letaknya, di Taman Nasional Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur. Tentu, detikTravel menyempatkan diri berkunjung ke salah satu pentolan wisata dari Timur Indonesia tersebut beberapa waktu lalu.

Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Pulau Padar, Umumnya garis start dimulai dari Pelabuhan Labuan Bajo. Bisa dibilang, ini adalah gerbang utama menuju 'surga' dari TN Komodo. Bisa pilih sendiri, naik speedboat, kapal nelayan, yacht, atau pinisi untuk berkunjung ke sana.

Perbukitan menuju puncak (Shinta/detikTravel)Perbukitan menuju puncak (Shinta/detikTravel)
Butuh waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dari Labuan Bajo menuju Pulau Padar. Jangan takut bosan, traveler bakar disuguhi pemandangan indah khas Flores, yakni perbukitan batu dengan laut biru yang cantik.

Sesampainya di sana, traveler harus membayar biaya masuk. Kisarannya mulai dari Rp 5 ribu untuk wisatawan domestik. Biaya ini belum mencakup jika traveler mau trekking, snorkeling atau diving.

Tangga menuju puncak padar (Shinta/detikTravel)Tangga menuju puncak Padar (Shinta/detikTravel)
Kini, Pulau Padar memiliki tangga yang bisa digunakan traveler mencapai puncak pemandangan terbaik. Memang terasa lelah dengan total ratusan anak tangga, tetapi semua itu akan terbayar ketika sudah sampai di puncak.

Pemandangan perbukitan batu ditambah dengan gradasi air laut seraya suara deburan ombak dan angin akan mengiringi saat mendaki ke puncak. Sepanjang pendakian saja, pemandangan sudah ciamik.

Salah satu sudut Pulau Padar (Shinta/detikTravel)Salah satu sudut Pulau Padar (Shinta/detikTravel)
Apalagi mendaki ke atas, luar biasa indahnya. Inilah spot terbaik untuk berfoto sekaligus melihat Pulau Padar dari ketinggian.

Tidak ada kehidupan di Pulau Padar. Hanya perbukitan, dengan tangga-tangga menuju atas bukit. Beberapa warga lokal dan petugas setempat berjaga di bawah. Menjual makanan, dan mengurus administrasi wisatawan yang ingin membeli tiket masuk.

Pulau Padar diselimuti rumput hijau (Yudhistira Arga/d'Traveler)Pulau Padar diselimuti rumput hijau (Yudhistira Arga/d'Traveler)
Jika ingin melihat Pulau Padar diselimuti rumput hijau, datanglah saat musim hujan. Tapi, saat musim kemarau pun tidak kalah indah dengan perbukitan abu-abu.

Jadi, kapan kamu ke Pulau Padar? (sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA