Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 14 Des 2018 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Baru Nih, Ada Museum 3D di Kota Tua Jakarta

Kurnia Yustiana
detikTravel
Magic Art 3D Museum Jakarta (Kurnia/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Jakarta - Di Kota Tua Jakarta terdapat museum 3 dimensi baru. Turis yang liburan akhir tahun di sana, bisa puas berfoto di dalam museum yang digambari lukisan unik.

Magic Art 3D Museum baru-baru ini dibuka di Jakarta. Lokasinya di Gedung Kerta Niaga 1, Kota Tua, Jakarta Barat. Area Magic Art 3D Museum Jakarta cukup luas dan memiliki berbagai ruangan yang berisi lukisan dengan seni ilusi 3 dimensi.

"Semua dilukis tangan. Ada sekitar 100 lukisan," ujar Gyung Won Park, Managing Director Magic Art 3D Museum Jakarta kepada detikTravel di Magic Art 3D Museum Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Jumlah lukisan unik tersebut memang cukup banyak. Satu per satu, semuanya dilukis tangan langsung oleh para pelukis dari Korea dan Indonesia.

"Sekitar 9 sampai 10 pelukis membuat 100 gambar dalam kurun waktu 3 bulan. Ada 6 pelukis Korea, 3 dari Indonesia," ucapnya.

Lukisan-lukisan tersebut tersebar sesuai zona yang ada di berbagai ruangan museum. Beberapa zonanya antara lain Zona Lukisan, Zona Satwa, Zona Laut, Zona Rutinitas, Zona Dinosaurus, Zona Petualangan dan Zona Horror.

Magic Art 3D Museum di Kota Tua (Kurnia/detikTravel)Magic Art 3D Museum di Kota Tua (Kurnia/detikTravel)
detikTravel berkesempatan mengunjungi berbagai ruangan di museum dengan aneka zona berbeda ini. Setelah membeli tiket, petugas museum mengarahkan menuju ke tempat penitipan sepatu dan barang, karena wisatawan yang datang diminta untuk mengganti alas kaki dengan sandal yang telah disediakan.

Ruangan pertama yang dimasuki menampilkan Zona Lukisan. Ada beragam lukisan terkenal dengan tampilan ilusi 3D yang telah dimodifikasi sedemikian rupa. Traveler pun bisa bebas berfoto dengan lukisan mana pun.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Agar hasil fotonya maksimal, telah disediakan tanda di lantai di sisi depan setiap lukisan. Tanda ini menjadi tempat sang fotografer berpijak. Ada pula contoh gambar dan gaya untuk berfoto di masing-masing lukisan.

Jika masih bingung memilih angle yang tepat, ada petugas yang siap membantu memotretkan. Misalnya saja ada sebuah lukisan dengan kerang mutiara di bawahnya, dengan posisi duduk, pose dan pengambilan foto yang pas, traveler akan tampak seperti berada di dalam kerang mutiara tersebut.

Di zona lain pun makin beragam lukisan 3D yang tersedia dan traveler bisa kreatif memilih pose. Pada Zona Petualangan misalnya, traveler bisa berfoto di lukisan King Kong, dengan hasil foto seakan tengah digenggam oleh hewan yang berukuran besar itu.

(Kurnia/detikTravel)(Kurnia/detikTravel)
Museum ini terdiri dari dua lantai, sehingga kalau ingin puas foto-foto sebaiknya traveler menyisihkan cukup banyak waktu di sini. Selain foto dengan lukisan 3D, ada pula ruangan tambahan buat foto-foto yang unik.

Mulai dari Ames Room, Mirror Room, Optical Chair dan masih banyak lagi. Buat yang mau seru-seruan selain berfoto, cobalah ke Mirror Maze, di mana traveler bisa memasuki labirin yang dikelilingi kaca dan mencoba untuk menemukan jalan ke luarnya.

Nah, Magic Art 3D Museum Jakarta ini bisa dikunjungi setiap hari pukul 10.00-22.00 WIB. Biaya tiketnya mulai dari Rp 60 ribu untuk dewasa, Rp 40 ribu untuk pelajar dan gratis buat anak usia 4 tahun ke bawah. Buat liburan akhir tahun di bulan Desember, ada diskon tiket sebesar 30 persen.



Tonton juga 'Moja Museum, Museum Interaktif Pertama di Indonesia!':

[Gambas:Video 20detik]


(rdy/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA