Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 02 Jan 2019 21:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Sungai di Ciamis yang Ngehits Buat Liburan

Dadang Hermansyah
detikTravel
Sungai Cireong ramai dikunjungi turis saat libur akhir tahun (Dadang Hermansyah/detikTravel)
Sungai Cireong ramai dikunjungi turis saat libur akhir tahun (Dadang Hermansyah/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Ciamis - Pada musim liburan akhir tahun kemarin, wisata sungai di Ciamis begitu digemari traveler. Banyak yang datang buat menikmati pemandangannya maupun berenang.

Ada dua lokasi wisata sungai di Ciamis, Jawa Barat yang hits dan pada musim liburan ramai dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun dari luar daerah. Keduanya adalah wisata alam Sungai Cireong di Sindangkasih dan Cadas Ngampar di Kecamatan Sadananya, Ciamis.

Ketika detikTravel berkunjung, Senin (31/12/2018) kemarin, wisata alam Sungai Cireong ramai dikunjungi wisatawan. Sejak beberapa hari sebelumnya juga sudah ramai. Kendaraan yang datang bukan hanya berplat Ciamis dan sekitarnya, namun juga dari daerah Bandung.

Wisata alam Sungai Cireong memang cukup viral di media sosial. Panorama alam yang beda dari tempat lainnya, sungainya selalu menghasilkan air yang jernih sekalipun hujan karena terdapat bebatuan yang berukuran besar.

Tempatnya yang berada di bawah kaki Gunung Sawal menambah keindahan sekelilingnya yang hijau dengan pepohonan. Wisata alam Sungai Cireong ini cocok untuk menghilangkan sejenak kesibukan dan beban pikiran. Jaraknya dari Jalan Raya Nasional Sindangkasih ke lokasi sekitar 5 kilometer.

Di sungai itu, baik orang dewasa maupun anak-anak bisa berendam, berenang atau hanya sekadar bermain air. Karena dengan sengaja sungai itu dibendung dengan bebatuan alami sehingga muncul kolam-kolam besar yang cukup dalam namun tetap terlihat alami.

Wisata Sungai di Ciamis yang Ngehits Buat LiburanSungai Cireong ramai wisatawan saat liburan akhir tahun (Dadang Hermansyah/detikTravel)


"Sekarang coba wisata sungai saja, tahu lokasi ini dari media sosial. Tadinya mau ke Pangandaran tapi ada rasa takut juga setelah ada kejadian kemarin (tsunami Selat Sunda), sekalian ke rumah keluarga juga di Ciamis," ujar Nina salah satu pengunjung dari Bandung.

Sementara pengunjung lainnya, Feri warga Ciamis, mengaku mengajak liburan keluarga ke wisata alam Cireong ini karena mudah dijangkau dan murah. Namun keseruan yang diperoleh terutama untuk anak-anak tidak kalah dengan liburan di tempat lain.

"Sama-sama bermain air, sebetulnya di sungai lebih asik, bisa berenang, berendam ya bermain-main. Juga airnya di sini tidak begitu deras tidak buat hanyut, aman untuk anak," tegasnya.

Wisata Sungai di Ciamis yang Ngehits Buat LiburanRamainya (Dadang Hermansyah/detikTravel)


Kondisi yang sama juga terlihat di wisata Cadas Ngampar di Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya, ramai dikunjungi wisatawan. Cadas Ngampar merupakan kawasan yang banyak memiliki hamparan batu di Sungai Cileueur.

Berbeda dengan beberapa sungai lain, batu yang ada berukuran besar, bahkan tampak datar dan lebar sehingga bisa dijadikan tempat untuk bersantai. Sungai tersebut merupakan hulu yang bersumber dari kaki Gunung Sawal. Air sungai terlihat jernih dan enak dipandang mata.

Tempatnya yang berada di bawah kaki Gunung Sawal menambah keindahan dengan udara yang sejuk. Sekelilingnya hijau dengan pohon-pohon dan persawahan. Cadas Ngampar ini cocok untuk menghilangkan sejenak kesibukan dan beban pikiran. Jaraknya dari pusat kota Ciamis ke lokasi sekitar 8 kilometer.

BACA JUGA: Jembatan Gantung Swiss di Ciamis yang Instagramable

Di Cadas Ngampar traveler bisa bebas main air. Pada beberapa titik di sungai itu ada kolam-kolam yang cukup dalam, sehingga bisa digunakan untuk berenang.

"Sekarang sangat ramai, sudah banyak dikenal bukan hanya di Ciamis saja tapi dari luar daerah, dari Majalengka, Bandung juga ada, saya sempat ngobrol dengan wisatawan dari luar daerah," ujar Jaja salah seorang warga Sadananya.

Pengunjung Cadas Ngampar, Sri Fatimah mengatakan wisata alam sungai Cadas Ngampar ini sangat cocok untuk liburan. Sri juga mengakui kalau saat ini wisata ke pantai cukup membuat was-was, sehingga ia memilih berwisata ke sungai.

"Kalau ke pantai takut, kalau ke gunung tidak biasa mendaki capek, jadi mending ke sungai," katanya. (wsw/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA