Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Des 2018 09:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun di Kediri, Ada Kebun Bunga Matahari yang Lagi Viral

Andhika Dwi
detikTravel
Kebun Bunga Matahari Kediri (Andhika Dwi/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Kediri - Banyak pilihan destinasi wisata bersama anak di Kediri. Yang menarik, ada Kebun Bunga Matahari yang viral buat foto-foto sekaligus wisata edukasi.

Memasuki masa liburan sekolah akhir tahun, Kebun Bunga Matahari ramai dikunjungi warga. detikTravel berkunjung ke sana baru-baru ini. Lahan seluas 900 meter persegi di Jalan Selomangleng, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri itu dihiasi ribuan bunga matahari.

Bunga ini memiliki ciri khas bentuknya yang melingkar dan sedikit miring ke kiri dan ke kanan, seolah mengikuti arah matahari yang bersinar. Jika dalam kondisi mekar secara penuh, bunga ini mempunyai ukuran diamater kurang lebih 30 cm.

Bunga matahari di kebun diperkirakan mulai ditanam sejak beberapa tahun lalu. Tanaman tersebut kemudian disemai pada bulan April 2016. Proses penanamanya kala itu melibatkan peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Liburan Akhir Tahun di Kediri, Ada Kebun Bunga Matahari yang Lagi ViralFoto-foto di kebun (Andhika Dwi/detikTravel)

Idenya muncul dari istri Wali Kota Kediri Silviana Veronica Abu Bakar. Ada tiga jenis bunga matahari yang ditanam di sana. Diketahui ini adalah milik pemerintah daerah.

Wisatawan yang datang bisa menikmati indahnya bunga matahari yang bermekaran sambil foto-foto. Silakan ke area tengah Kebun Bunga Matahari untuk berselfie ria.


Tersedia spot foto berupa panggung yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Di sini pengunjung dapat berfoto selfie, menentukan objek berlatar belakang pemandangan bunga matahari dan perbukitan.

Anna misalnya, ia dan kedua anaknya sangat menikmati kunjungannya ke taman bunga matahari di Kota Kediri ini. Selain tidak membutuhkan biaya mahal untuk berkunjung, dia juga bisa memberikan pengetahuan kepada anaknya terkait berbagai macam jenis tumbuhan, sekaligus menghabiskan liburan sekolah.

"Sangat menarik, murah, juga bisa memberikan pengetahuan terhadap anak saya mengenai bunga matahari dan berbagai macam tumbuhan lainnya," jelas Anna.

Liburan Akhir Tahun di Kediri, Ada Kebun Bunga Matahari yang Lagi ViralWisatawan ramai mengunjungi kebun ini (Andhika Dwi/detikTravel)

Memang, tidak sekadar dijadikan tempat menikmati cantiknya bunga dan berfoto, pengelola berharap Kebun Bunga Matahari bisa memberikan pesan edukasi kepada para pelajar yang datang.

Kebun pun sudah melalui proses pembenahan. Bentuk pembenahan yang sudah dilakukan di antaranya penambahan jumlah varietas tanaman jenis hortilkultura antara lain tomat, kangkung, cabai dan labu.

BACA JUGA: Ini Lho View 138, Destinasi Wisata Keren di Kediri

Bagi pelajar TK dan PAUD hingga SD yang sedang menikmati masa liburan akan mendapat edukasi secara langsung mengenai jenis tanaman hortikultura, sekaligus diberikan pembekalan mengenai tata cara penanamannya.

"Saat ini setiap hari ada kunjungan sekitar 200 siswa pendidikan usia dini dan sekolah dasar," terang Erly Maya Muryati selaku Kepala Kantor Kelurahan Pojok Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, Sabtu (15/12/2018).

Di samping itu, pengunjung juga bisa membeli buah labu madu di lokasi. Tanaman labu madu menjalar ke atas mengelilingi sebuah ruangan berukuran mini, buahnya menempel di batang menggelantung di setiap sudut ruangan.

Labu-labu tersebut dijual bervariatif tergantung berat bobot buahnya. Paling murah dijual Rp 10 ribu. Tanaman buah labu madu ini, baru ada sekitar dua bulan lalu.

"Satu labu dijual kisaran 10 sampai 15 ribu, tergantung besar kecil beratnya mas," jelas Sugeng, salah satu anggota Karang Taruna Kelurahan Pojok.

Liburan Akhir Tahun di Kediri, Ada Kebun Bunga Matahari yang Lagi ViralKebun yang ditanami bunga-bunga matahari (Andhika Dwi/detikTravel)


Nah, Kebun Bunga Matahari ini bisa dijadikan pilihan objek wisata pada momen libur Natal dan Tahun Baru. Masuk di kebun ini, pengunjung tidak ditarik biaya. Hanya saja bagi yang membawa kendaraan roda dua ada retribusi parkir Rp 2 ribu.

Lokasi Kebun Bunga Matahari juga dekat dengan objek wisata Gua Selomangleng. Selesai berkunjung di Kebun Bunga Matahari, bisa singgah sejenak ke Gua Selomangleng.




Tonton juga 'Isi Liburan, Anak-anak di Ponorogo Berburu Entung':



Liburan Akhir Tahun di Kediri, Ada Kebun Bunga Matahari yang Lagi Viral
(krn/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA