Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 20 Des 2018 17:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Air Terjun di Ngawi Ini Masuk 3 Besar Wisata Nasional

Sugeng Harianto
detikTravel
Air terjun Srambang Park (Sugeng Harianto/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Ngawi - Libur Natal dan Tahun Baru 2019 sudah di depan mata. Destinasi wisata air terjun Srambang Park di Ngawi ini bisa jadi pilihan berlibur.

Keindahan air terjun berpadu dengan suasana hutan pinus Srambang Park memperoleh sertifikat peringkat 3 dari 7 wisata hutan terbaik di Indonesia. Tidak diragukan lagi, wisata alam air terjun Srambang Park di lereng Gunung lawu mulai diserbu pengunjung saat hari libur.

"Kami tidak pernah menyangka bakal masuk 3 besar terbaik se-Indonesia dari 7 peraih Sertifikat Standardisasi Pengelolaan Usaha Wisata Alam 'Canopy' Tahun 2018 dari Kementerian Kehutanan. Srambang Park menjadi hebat dan sefenomenal ini, benar-benar di luar dugaan kami," kata pengelola Srambang Park, Hariyanto kepada detikTravel di lokasi Kamis, (20/12/2018).

Penghargaan yang diraih air terjun Srambang Park Ngawi kata Hari merupakan kerja keras selama setahun. Keindahan air terjun Srambang Park yang baru dikelola setahun lanjut Hari dengan nilai investasi Rp 4 miliar.


Air Terjun di Ngawi Ini Masuk 3 Besar Wisata NasionalFoto: (Sugeng Harianto/detikTravel)

"Alhamdulilah dalam tahun 2018 kita memperoleh omset sudah diatas Rp 1 miliar. Dengan harga tiket ekonomis Rp 15 ribu jumlah pengunjung tahun 2018 telah mencapai angka 64 ribu hingga akhir November," ungkapnya.

Dikatakan Hari wisata alam air terjun Srambang Park, memanfaatkan lahan perhutani KPH Lawu seluas 11 hektar berada di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo. Banyak hal yang dapat dinikmati pengunjung di Srambang Park Ngawi.

Ada Air Terjun Srambang yang jadi destinasi utama hingga keindahan taman buatan yang begitu menyejukkan mata. Selain itu juga ada kolam renang, beberapa gazebo, rumah pohon dan spot selfie maupun wefie yang dikemas kekinian.

Diraihnya peringkat 3 dari 7 besar peraih Sertifikat Standardisasi Pengelolaan Usaha Wisata Alam 'Canopy' Tahun 2018 dari Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Di beberapa spot, pengelola juga menyediakan fasilitas umum bagi para pengunjung, ada musala, kamar mandi, warung makan dan minum, pos informasi, pos pengamanan dan yang paling menarik dari tempat wisata Srambang Park Ngawi ini adalah tentang kebersihannya.

Air Terjun di Ngawi Ini Masuk 3 Besar Wisata NasionalFoto: (Sugeng Harianto/detikTravel)


"Hampir tidak ada satupun sampah maupun daun kering ditemukan di semua area wisata ini. Tidak heran jika Srambang Park Ngawi jadi juara untuk kebersihannya," kata Hari.

Sertifikat Canopy sendiri baru diluncurkan mulai tahun 2017 lalu. Untuk tahun 2018 ini, ada tujuh tempat wisata yang berhasil meraih sertifikat tersebut dan wana wisata yang baru dibuka pada Desember 2017 lalu itu berhasil meraih peringkat ketiga se-Indonesia dengan raihan nilai 9.210 poin.

Untuk menuju lokasi wisata Srambang Park Ngawi, pengunjung bisa mengambil rute dari Ngawi kota menuju Kecamatan Jogorogo. Jika Anda dari luar kota dan melewati ruas Tol Trans Jawa bisa keluar gerbang tol Ngawi dan menuju lokasi dengan jarak tempuh sekitar 30 menit atau sekitar 25 Km.

Berikut tujuh lokasi wisata yang mendapat sertifikat standar nasional yakni:

1. Kawah Putih Bandung
2. Cikole Bandung
3. Curug Cilember Bogor
4. Puncak Bintang Bandung
5. Guci Ashavana Tegal
6. Srambang Park Ngawi
7. Tanjung Papuma Jember.



Tonton juga: Libur Akhir Tahun, Asyiknya Main ke Air Terjun di Ngawi

[Gambas:Video 20detik]

(msl/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA