Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 27 Des 2018 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenang Ganasnya Tsunami Aceh di Pulau Cantik Ini

Agus Setyadi
detikTravel
Pulau Baguk, tempat kuburan massal korban tsunami Aceh (dok. Istimewa)
Pulau Baguk, tempat kuburan massal korban tsunami Aceh (dok. Istimewa)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Aceh Singkil - Aceh Singkil punya destinasi yang bisa traveler kunjungi untuk mengenang ganasnya bencana tsunami, yaitu Pulau Baguk. Tempat dikuburnya 97 korban tsunami Aceh.

Keberadaan 'Pulau Kuburan Massal Tsunami Aceh' ini terletak sekitar 500 meter dari Pulau Banyak di Aceh Singkil. Perjalanan ke sana dapat ditempuh dalam 10 menit dengan menggunakan perahu nelayan.

Begitu tiba, traveler akan disambut dengan pasir putih nan lembut dan air laut yang jernih. Kesan angker sebagai pulau tempat kuburan massal pun seketika hilang.

Traveler yang berwisata ke sana dapat mencoba snorkeling sambil menikmati terumbu karang dengan beragam bentuk. Selain itu, pelancong juga dapat merasakan hembusan angin pantai atau sekadar leyeh-leyeh.

Mengenang Ganasnya Tsunami Aceh di Pulau Cantik IniPulau Baguk berjarak 10 menit dari Pulau Banyak (dok. Istimewa)


Di Pulau Baguk tersebut juga terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh berjejer memenuhi daratan pulau. Namun meski menyimpan panorama eksotis, di pulau ini belum memiliki fasilitas penginapan seperti pulau lain di Pulau Banyak.

Di sana hanya terdapat satu gubuk dari kayu tempat warga yang memiliki kebun di sana beristirahat. Wisatawan biasanya hanya singgah di sana untuk snorkeling, menikmati bibir pantai dan ziarah ke kuburan massal.

Selain itu, wisatawan yang ke Pulau Baguk juga dapat melihat mercusuar sepanjang 15 meter yang menjadi penanda keberadaan pulau.

"Kita berharap lokasi itu bisa dijadikan wisata religi, karena kita tahu Pulau Baguk juga bagian dari gugusan kepulauan yang ada di Pulau Banyak. Jadi bisa dijadikan destinasi wisata bahari sekaligus religi," kata Kepala Desa Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Hardy, saat dihubungi detikTravel, Rabu (26/12/2018).

Mengenang Ganasnya Tsunami Aceh di Pulau Cantik IniBanyak wisatawan yang berziarah ke pulau ini (dok. Istimewa)


Menurut Hardy, Pulau Baguk terbagi dua yaitu satu pulau dengan daratan berpenghuni, sementara satu lagi kepulauan tanpa penghuni. Pulau ini satu di antara puluhan pulau yang ada di Aceh Singkil.

Ketika baru-baru tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2004 lalu, warga Pulau Banyak menemukan mayat yang hanyut dari Aceh Barat. Jenazah-jenazah itu dikumpulkan selama 21 hari dengan jumlah mencapai 97 mayat.

Masyarakat di sana kemudian berinisiatif menjadikan Pulau Baguk sebagai tempat mengubur 94 jenazah tanpa identitas. Sedangkan dua jenazah diketahui identitasnya dan diambil pihak keluarga.

"Satu lagi jenazah yang ada identitas tetap kita kebumikan di Pulau Baguk. Keluarganya sering ziarah. Alasan kita kubur di sana karena dekat jika ada peziarah," jelasnya.

Mengenang Ganasnya Tsunami Aceh di Pulau Cantik IniMeski jadi kuburan massal tsunami, pulau ini cantik (dok. Istimewa)


Pasca tsunami, pulau tersebut lama tak disinggahi wisatawan. Pada 2014 lalu, mulai ada beberapa traveler yang singgah ke sana.

Menurut Hardy, kuburan massal yang ada di pulau tersebut juga baru dibersihkan dan dirawat kembali sejak 2017 lalu. Meski demikian, belum ada campur tangan pemerintah dalam membangun pulau tersebut.

"Sejauh ini pemerintah setempat belum berupaya membangun apapun, ya minimal tugu lah di lokasi kuburan masal. Ini berguna agar para wisatawan bisa melihat bahwa dilokasi itu ada kuburan massal. Sekarang hanya warga sekitar yang rela mengeluarkan uang dan tenaga untuk merawat kuburan massal itu," ungkapnya.

Saat peringatan 14 tahun tsunami, Pulau Baguk ramai dikunjungi warga untuk berziarah dan doa bersama. Warga ramai-ramai berangkat dengan boat nelayan dan kemudian duduk di dekat kuburan sambil memanjatkan doa.

Penasaran dengan pulau kuburan massal ini? Yuk mampir ke Pulau Baguk di Aceh Singkil!


Simak juga video 'Mengenang 14 Tahun Tsunami Aceh':

[Gambas:Video 20detik]

Mengenang Ganasnya Tsunami Aceh di Pulau Cantik Ini



(wsw/aff)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA