Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Des 2018 08:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Liburan Akhir Tahun di Ciamis, Nikmati Kesejukan Puncak Bangku

Dadang Hermansyah
detikTravel
Puncak Bangku buat liburan akhir tahun di Ciamis (Dadang/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Ciamis - Buat traveler yang hobi selfie, ada satu destinasi yang wajib dikunjungi di Ciamis untuk mengisi libur panjang akhir tahun. Objek wisata ini bernama Puncak Bangku.

Puncak Bangku ini menawarkan panorama keindahan alam dan pegunungan buat traveler. Cocok untuk berfoto dan bersantai menenangkan pikiran.

Lokasi obyek wisata Puncak Bangku berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari dua daerah yakni Ciamis dan Kuningan, karena lokasinya berada di perbatasan.

Untuk aksesnya cukup mudah dan jalannya cukup bagus, bisa menggunakan roda dua atau roda empat langsung sampai ke lokasi Puncak Bangku. Dari pusat perkotaan Ciamis hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam dengan kecepatan kendaraan standar.

Puncak Bangku Ciamis (Dadang/detikTravel)

Di Puncak Bangku ini terdapat beberapa spot foto atau ranggon yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto ria. Disebut Puncak Bangku karena adanya tempat foto yang dibangun di atas dua pohon besar sehingga bisa dengan jelas melihat hijaunya pemandangan alam dan pegunungan.

Ternyata tempat wisata ini masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Meski begitu, di tempat ini memiliki beberapa fasilitas yang bisa digunakan pengunjung.


Mulai dari parkiran luas, mushola, warung-warung dan WC. Juga terdapat beberapa saung atau gazebo yang dapat dimanfaatkan untuk makan bersama keluarga.

Untuk tarif masuknya pengunjung bisa memberikan sumbangan dari kotak sumbangan yang sudah disediakan. Menurut informasi uang tersebut nantinya digunakan untuk merawat fasilitas di lokasi tersebut.

Pemandangan Puncak Bangku (Dadang/detikTravel)Pemandangan Puncak Bangku (Dadang/detikTravel)

Meski tergolong tempat wisata alternatif, namun setiap akhir pekan Puncak Bangku tidak pernah sepi dari pengunjung. Terutama pelajar dan muda-mudi yang menghabiskan waktu bersama pasangannya.

"Sudah beberapa kali ke sini tapi tidak pernah bosan karena tempatnya enak, pemandangan alamnya bagus, jadi bisa menenangkan pikiran," ujar Wawan, salah seorang pengunjung Puncak Bangku saat ditemui Senin (24/12/2018).

Sementara itu, pengunjung lainnya Nono Cahyono, yang juga warga Rancah menuturkan setiap pulang ke Rancah ia menyempatkan berkunjung ke Puncak Bangku untuk berkumpul bersama teman-temannya.


Bisa buat menenangkan pikiran (Dadang/detikTravel)

Menurutnya, pemilihan lokasinya sangat pas untuk melihat panorama alam yang Indah dari ketinggian.

"Saya kerja di Ciamis kota di toserba, kalau pulang ke Rancah seminggu atau dua minggu sekali sempet ke sini karena lokasinya cukup dekat dari rumah. Lumayan bisa refreshing, setelah sibuk kerja kalau di sini perasaan jadi nyaman dan tenang," pungkasnya.


Liburan Akhir Tahun di Ciamis, Nikmati Kesejukan Puncak Bangku
(wsw/fay)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA