Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Des 2018 12:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Viral! Jembatan Gantung Situ Gunung Diserbu Wisatawan

Muhammad Idris
detikTravel
Jembatan Gantung Situ Gunung yang viral di media sosial (Idris/detikTravel)
Jembatan Gantung Situ Gunung yang viral di media sosial (Idris/detikTravel)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
Sukabumi - Tak butuh waktu lama bagi Jembatan Gantung Situ Gunung di untuk menarik minat wisatawan. Jembatan ini pun langsung viral di media sosial.

Menyandang status sebagai yang terpanjang di Indonesia, membuat jembatan ini sempat viral di media sosial, bahkan sejak sebelum jembatan tersebut selesai dibangun.

Koordinator Tim Pengelolaan Jembatan Gantung Situ Gunung, Usep Suherlan, mengungkapkan wisatawan yang berkunjung khusus untuk melewati suspension bridge mencapai 2.500 orang pengunjung saat musim libur Natal. Sementara saat akhir pekan, rata-rata kunjungan di atas 1.500 wisatawan.

"Belum dibuka saja sudah ramai. Hari libur biasa (weekend) sekitar 1.500-1.600 wisatawan, kalau weekend kayak kemarin (libur Natal) sampai 2.500 orang. Itu khusus pengunjung jembatan saja, belum termasuk pengunjung kawasan wisata Situ Gunung keseluruhan," kata Usep ditemui di Situ Gunung pekan lalu.

Viral! Jembatan Gantung Situ Gunung Diserbu WisatawanJembatan Gantung Situ Gunung (Idris/detikTravel)

Jembatan gantung yang masuk kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini memiliki panjang 240 meter dan berada di ketinggian 150 meter dari permukaan tanah. Suspension bridge ini sekaligus menjadi penghubung yang membelah lembah menuju Curug Sawer, salah satu spot paling menarik di kawasan tersebut.

Sebelum dibangun jembatan gantung, pengunjung yang ingin menuju air terjun harus memutar berjalan kaki memutar bukit yang ditempuh selama 1 jam. Sementara jika melewati jembatan gantung, wisatawan yang membutuhkan waktu sekitar 15 menit.

Viral! Jembatan Gantung Situ Gunung Diserbu WisatawanJembatan gantung dari kejauhan (Idris/detikTravel)


Harga tiket melewati jembatan yang dikelola PT Fontis Aqua Vivam dan KLHK ini dipatok sebesar Rp 50.000. Tiket tersebut sudah termasuk biaya masuk ke Curug Sawer, serta minuman dan camilan welcome drink yang tersedia di paviliun sebelum memasuki pintu masuk jembatan.

Dari atas jembatan, wisatawan bisa menikmati pemandangan hutan hujan tropis yang masih sangat lebat di ngarai kaki Gunung Pangrango tersebut.

"Bule juga sudah mulai banyak ke sini. Tapi kalau untuk wisatawan asing, didominasi dari Timur Tengah, Malaysia juga banyak, kemudian dari China. Setiap minggu, kita adakan pentas seni Sunda di teater," ujar Usep.

Viral! Jembatan Gantung Situ Gunung Diserbu WisatawanSeru juga main ke jembatan ini (Idris/detikTravel)
(wsw/wsw)

FOKUS BERITA

Liburan Akhir Tahun
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED