Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 30 Des 2018 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Yang Keren dari Maluku Tengah: Pantai Batu Lubang

Muslimin Abbas
detikTravel
Pantai Batu Lubang yang keren di Maluku Tengah (Muslimin Abbas/detikTravel)
Pantai Batu Lubang yang keren di Maluku Tengah (Muslimin Abbas/detikTravel)
Jakarta - Maluku diberkahi dengan deretan pantai eksotis. Salah satunya, Pantai Batu Lubang yang cocok buat liburan akhir tahun.

Berbicara mengenai tempat destinasi wisata di Maluku, banyak sekali tempat-tempat yang menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga maupun rekan kerja saat musim liburan akhir tahun. Kali ini detiktravel diajak untuk mengunjungi Desa Lilibooi, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku.

Ada destinasi wisata apa di Desa Lilibooi? Jawabannya ada Pantai Batu lubang. Dinamakan Pantai Batu Lubang karena di pantai ini ada sebuah bukit karang berbentuk kapal yang memiliki lubang dengan ukuran kurang lebih 2, 5 meter dan lebar hampir 3 meter.

Kini, pantai ini dikenal sebagai salah satu destinasi yang menawarkan pemandangan yang tak kalah eksotis untuk wisata yang Instragramable. Pantai ini memang akhir-akhir ini mulai hits di sosial media khususnya pengguna Instagram.

Yang Keren dari Maluku Tengah: Pantai Batu LubangMemulai perjalanan ke pantai (Muslimin Abbas/detikTravel)


Pantai Batu Lubang dulu belum sepopuler pantai yang ada di Kota Ambon, seperti Pantai Natsepa, Pantai Liang dan Pantai Pintu Kota. Namun, saat ini Pantai Batu Lubang sudah mulai populer dengan pesona keindahahan alamnya yang tak kalah bagus.

Traveler lokal maupun wisman pun mulai berdatangan dan mereka akan kembali lagi untuk mengisi waktu liburan di sini.

Untuk menuju Pantai Batu lubang, Negeri Lilibooi, Kabupaten Maluku Tengah, tidak terlalu sulit. Traveler dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dari pusat Kota Ambon menuju Desa Lilibooi.

Traveler dapat memburu spot-spot Instagramable sepanjang jalan. Untuk masuk menikmati pantai batu lubang cukup membayar Rp 5 ribu untuk dewasa sedangkan untuk anak -anak dua ribu rupiah saja.

Yang Keren dari Maluku Tengah: Pantai Batu LubangPantai Batu Lubang yang keren (Muslimin Abbas/detikTravel)

Pantai Batu Lubang tahun ini telah dibenahi oleh warga setempat, tanpa mengurangi keindahan alaminya. Warga setempat menambahkan jalan setapak mengeliling tebing berlubang.

Setelah berada di Pantai Batu Lubang, traveler dapat melihat keindahan tebing di tepi pantai yang berlubang besar dan beningnya air laut yang berada di tengah-tengah batu lubang.

Traveler juga dapat merasakan sensasi berjalan di tengah lubang batu karang tepat di atas kepala. Bukan hanya di situ keindahan alamnya, saat menuju batu lobang mata akan dimanjakan dengan anak tangga yang telah diwarnai untuk mempercantik suasana alam serasa menambah kesejukan.

"Memang kesannya keren sekali dengan jarak tempuh dari pusat kota yang sangat dekat tapi bisa terbayar puasnya mata dan jiwa tenang liat kecantikan alam yang semakin cantiknya dipoles tanpa mengurangi kesan alamiahnya. Pokoknya keren sekali dan harus kembali lagi," ujar salah satu traveler bernama Sukma Holle, yang menghabiskan waktu liburan akhir tahun bersama keluarga di Kota Ambon.

Yang Keren dari Maluku Tengah: Pantai Batu LubangBanyak spot foto (Muslimin Abbas/detikTravel)

Sukma menjelaskan tujuh tahun lalu saat mengkunjungi Pantai Batu Lubang tidak seperti saat ini. Dia merasa kaget tidak percaya saat melihat postingan Pantai Batu Lubang yang sudah berbenah.

Setelah mengunjungi Pantai Batu Lubang, dia pun memposting di sosial medianya. Sudah banyak rekan-rekannya yang bertanya lokasi ini dan penasaran mau ke Ambon.

"Tujuh tahun lalu datang ke sini (Pantai Batu Lubang) dan tidak percaya Pantai Batu Lubang sudah diperindah tanpa mengurangi keindahan alamnya saat liat di sosial media teman. Baru posting di sosial media banyak menanyakan itu dimana dan penasaran mau ke Ambon," ujarnya

Bukan hanya jalan setapak yang mengelingi tebing berlubang saja yang dibuat warga. Warga juga menambahkan sejumlah jembatan untuk menghubungan antar batu karang yang berada di sekitar tebing.

Selain itu, di depan Pantai Batu Lubang ada juga ayunan untuk spot-spot Instagramble bila berada di sana. Wah, wajib dicoba nih! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA