Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 04 Jan 2019 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Palembang Rasa Bali, Inilah Pura Swarnadwipa yang Eksotis

Raja Adil Siregar
detikTravel
Pura Swarnadwipa di Palembang (Raja Adil/detikTravel)
Pura Swarnadwipa di Palembang (Raja Adil/detikTravel)
Palembang - Nuansa Bali yang eksotik memang bikin jatuh cinta. Di kawasan Jakabaring, Palembang kini ada Pura Swarnadwipa yang suasananya mirip banget Bali.

Enam rumah ibadah yang ada di kawasan Jakabaring Sport City, Palembang kini telah selesai dibangun. Salah satu tempat ibadahnya, pura Kahyangan Swarnadwipa kini menjadi destinasi wisata baru di Kota Pempek.

Berdiri diantara gereja dan masjid, pura itu ramai diserbu pengunjung dari Kota Pempek untuk berfoto.

"Serasa sedang berada di Bali" kata pengunjung setelah selesai berfoto di depan pura berwarna khas hitam itu.

Pura Swarnadwipa itu sendiri dibangun berdampingan dengan 5 rumah ibadah lain jelang Asian Games 2018 lalu yang diselenggarakan di Palembang dan DKI Jakarta. Lokasinya berada di belakang kawasan Jakabaring atau tak jauh dari venue voli pantai dan venue menembak.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
Selain sebagai salah satu rumah ibadah (Sembahyang) umat hindu, rupanya pura ini juga jadi primadona pengunjung yang datang dari berbagai daerah. Nuansa di di Pulau Dewata adalah alasannya.

Indah, salah seorang pengunjung yang datang mengaku sudah lama tahu ada pura ala Bali di JSC. Dia pun mengakui jika keberadaan pura itu telah menjadi daya tarik tersendiri di kawasan bekas tempat pesta olahraga tingkat asia itu.

"Ini lagi ngehits di Palembang. Serasa berada di Bali kalau kita foto di depan pura Swarnadwipa. Selain pura, siapa saja yang datang bisa sekalian ibadah karena semua tempat ibdah kita ada," kata Indah kepada detikTravel, Jumat (4/1/2019).

Indah sendiri, datang bersama keluarga dan para sahabatnya. Hanya bermodal Rp 5 ribu untuk biaya masuk Jakabaring Sport City saja, mereka bisa menikmati semua fasilitas yang ada.

Selain itu, dia mengaku belajar banyak tentang perbedaan, keberagaman dan toleransi di satu kawasan.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
"intinya kita bisa banyak belajar di satu tempat ini," kata Indah sambil sesekali menseleksi hasil jepretanya di kamera handphone.

"Pura ini tempat foto bagus, tapi masih ada juga spot-spot foto lain di komplek Jakabaring ini. Bisa santai di danau ya kalau sore, bisa ke venue olahraga dan belum tentu di daerah lain ada seperti ini," katanya.

Pengakuan indah pun didukung pihak pengelola, sang Direktur Operasional JSC, Bambang mengaku bahwa pura Swarnadwipa telah diprediksikan jadi destinasi wisata religi setelah gelaran Asian Games 2018 selesai.

"Kami sudah memprediksikan dari awal jika pura Swarnadwipa ini akan menjadi destinasi wisata religi baru. Jadi ini pun sudah disampaikan ke Pariwisata Kota Palembang supaya dimasukan ke paket wisata religi," katanya.

"Kita mau kedepan bukan hanya Alquran raksasa, kampung arab, pulau kemaro di Gandus dan masjid Chengho saja, tetapi 6 rumah ibadah ini perlu dipromosikan," kata mantan Dirut JSC ini.

(Raja Adil Siregar/detikTravel)(Raja Adil Siregar/detikTravel)
Ketika disinggung bentuknya yang mirip dengan pura-pura di Bali, Bambang tidak menampik. Bahkan diakui jika arsitektur pura memang berasal dari Bali langsung. Termasuk material dan tukang yang ikut mengerjakan pembangunanya.

"Arsitek, tukang dan material semua dari Bali. Pura dikerjakan olrh tukang ahli dan biasa membangun pura di Pulau Dewata. Terbukti hasiknya rasa di Bali, jadi sudah sepekan ini pura didatangi oleh banyak pengunjung," tutupnya.

Jadi wajar ya kalau foto di depan pura Swarnadwipa terasa sedang berada di Pulau Dewata. Jadi, mau tunggu apa lagi? Yuk langsung datang Palembang dan mampir ke pura yang lagi hits ini. (rdy/bnl)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED