Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 24 Feb 2019 22:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Benteng Instagramable Peninggalan Belanda di Ambarawa

Aji Kusuma Admaja
detikTravel
Benteng Pendem yang Instagramable di Ambarawa (Aji Kusuma/detikTravel)
Benteng Pendem yang Instagramable di Ambarawa (Aji Kusuma/detikTravel)
Ambarawa - Kota Ambarawa di Jawa Tengah dipenuhi bangunan peninggalan Belanda. Mulai dari stasiun, rumah, hingga benteng Belanda yang Instagramable ada di sini.

Peninggalan yang berukuran besar ini bernama Benteng Fort Willem I. Masyarakat setempat menyebut benteng ini dengan nama Benteng Pendem.

Berdampingan dengan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II Ambarawa, Kabupaten Semarang, Benteng Pendem dijaga ketat oleh aparat penegak hukum. Namun tenang, jika hanya ingin berkunjung dan berfoto, siapapun boleh menyambangi tempat ini.

Untuk memasuki kawasan Benteng Pendem tidak dikenakan biaya. Hanya ada biaya Rp 5.000 untuk membayar parkir kendaraan bermotor di rumah warga. Ini dikarenakan kendaraan bermotor tidak memungkinkan jika dibawa ke dalam areal benteng.

Benteng Instagramable Peninggalan Belanda di AmbarawaWisatawan berfoto di Benteng Pendem (Aji Kusuma/detikTravel)


Benteng Pendem merupakan bangunan tembok besar yang memiliki tinggi 10 meter, dan panjang ratusan meter. Sementara itu, benteng ini di buat berhadapan sehingga, para pengunjung bisa mengambil foto diantara kedua benteng.

Sebagian dinding tembok yang mengelupas menampakkan tatanan batu bata bangunan. Hal ini sangat menarik untuk dijadikan latar berfoto, memperlihatkan betapa kuatnya bangunan yang sudah berusia ratusan tahun itu.

Benteng Instagramable Peninggalan Belanda di AmbarawaBenteng ini sudah berusia ratusan tahun (Aji Kusuma/detikTravel)


Tempat ini menjadi langganan syuting film, satu diantaranya adalah 'Sang Kiai' besutan sutradara Rako Prijanto. Dalam film itu, areal benteng ini dijadikan latar adegan peperangan antara pribumi melawan Belanda.

Jika ingin mengunjungi Benteng Pendem bisa dilakukan mulai jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Jangan sampai datang pada malam hari, karena akses menuju benteng harus melewati persawahan dan minim penerangan. Selamat berkunjung ke sini traveler! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED