Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mar 2019 18:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

Tim detikTravel
detikTravel
20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi/Foto: iStock
20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi/Foto: iStock
Jakarta - Dataran Tinggi Dieng selalu menarik untuk dikunjungi. Selain menyimpan pesona alam yang begitu memukau, tempat ini juga memiliki banyak sekali obyek wisata Dieng yang bisa Anda nikmati satu per satu.

Kawasan yang masuk dalam 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara ini merupakan area vulkanik aktif yang memiliki beberapa puncak serta kepunden kawah yang menjadi area wisata di kawasan ini. Tidak sedikit para wisatawan yang jauh-jauh datang ke tempat ini demi melihat keindahan yang tersimpan dalam negeri di atas awan ini.

Banyak obyek wisata yang bisa Anda jadikan sebagai tempat untuk menikmati libur akhir pekan atau hanya untuk mendapatkan spot foto terbaik. Untuk yang penasaran dengan obyek wisata di dataran tinggi Dieng, berikut beberapa obyek wisata yang bisa Anda kunjungi:

Obyek Wisata Dieng

Ada cukup banyak obyek wisata di Dieng, Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi. Namun dari sekian banyaknya obyek wisata yang ada, hanya ada sekitar 20 obyek wisata gunung Dieng yang populer dan sering dikunjungi. Bahkan menjadi wisata favorit di kalangan wisatawan. Berikut daftar tempat wisata Dieng paling menarik dan sayang untuk dilewatkan:

20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi20 Obyek Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi/Foto: iStock


1. Lembah Sumurup

Salah satu tempat yang menjadi favorit para wisatawan saat berkunjung ke dataran tinggi ini adalah lembah Sumurup. Lembah ini dikenal sebagai padang savana Dieng yang cukup luas dengan hamparan rumput yang menyala. Sesuai dengan namanya sumurup atau murup dalam bahasa Jawa yang berarti menyala.

2. Kawah Sakidah

Kawasan gunung berapi sangat populer dengan kawahnya yang indah. Begitu juga dengan gunung berapi Dieng. Salah satu kawah yang cukup fenomenal dan menjadi tempat favoritnya bagi para wisatawan adalah kawah Sakidah. Kawah ini memiliki panorama yang begitu nampak cantik saat dilihat dari atas bukit. Area ini tidak berbahaya namun menimbulkan bau belerang yang cukup menyengat.

3. Kawah Candradimuka

Selain cantik, kawah ini juga menyimpan banyak mitos di kalangan masyarakat sekitar. Konon di kawah inilah Gatot Kaca direbus hingga memperoleh kesaktian berupa otot kawat balung besi. Di tempat ini pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan kawah yang bisa disaksikan dari atas bukit.

4. Kawah Sileri

Satu lagi kawah yang cukup menarik untuk dikunjungi, yaitu Kawah Sileri. Kawah di sini memiliki air dengan warna putih keabu-abuan yang bisa disaksikan lebih dekat. Wisatawan bisa berfoto ataupun hanya menikmati keindahan kawah dengan bukit hijau di sekitarnya.

5. Bukit Sukinir

Bukit Sukinir atau yang dikenal dengan bukit di atas awan ini menjadi tempat populer selanjutnya. Tempat ini bisa dikatakan menjadi salah satu obyek yang cukup banyak dikunjungi. Bahkan setiap harinya tempat ini selalu diramaikan para wisatawan yang ingin melihat kecantikan alam Dieng dari atas bukit. Di sini Anda bisa melihat kecantikan sunrise dan sunset secara langsung.

6. Wisata Batu Ratapan Angin

Selain Bukit Sukinir, di tempat ini ada yang namanya wisata Batu Ratapan Angin. Tempatnya di antara Telaga Warna dan Dieng Planteau. Di sini Anda bisa menikmati kecantikan dari Telaga Warna dengan alam perbukitan yang mengelilinginya.

7. Sumur Jalatunda

Salah satu obyek wisata yang bisa Anda kunjungi selanjutnya adalah Sumur Jalatunda. Sumur ini merupakan bentukan dari aktivitas geologi sehingga membentuk lubangan dengan diameter sekitar 90 meter. Disini selain bisa menyaksikan lubang sumur, Anda juga bisa mendapatkan spot foto menarik karena pemandangannya begitu cantik dengan perbukitan yang hijau. Udaranya juga sangat sejuk dan dingin.

8. Telaga Cebong

Telaga Cebong merupakan telaga yang ada di desa tertinggi yang ada di kawasan Dieng. Telaga ini menjadi tempat yang cukup menarik untuk menyaksikan kecantikan sunrise di pagi hari. Airnya nampak biru dengan hamparan perbukitan hijau di sekelilingnya.

9. Telaga Warna

Di antara telaga yang lain, Telaga Warna menjadi salah satu obyek wisata yang paling populer di kalangan wisatawan. Hal yang menarik dari telaga ini adalah warna airnya yang bisa berubah-ubah, kadang berwarna hijau, biru, merah, putih, dan bahkan lainnya.

10. Telaga Pangilon

Tidak jauh dari Telaga Warna, Anda bisa melihat keindahan telaga lain yang bernama Pangilon. Meskipun letaknya bersebelahan, namun telaga ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan Telaga Warna. Airnya lebih jernih dan tidak menimbulkan bias cahaya seperti yang ada di Telaga Warna.



11. Telaga Merdada

Untuk Telaga Merdada sendiri merupakan telaga terluas yang ada di pegunungan Dieng. Jika dilihat dari atas bukit, bentuk telaga ini hampir mirip seperti kaldera bekas letusan vulkanik. Telaga ini menjadi spot foto terbaik bagi para wisatawan.

12. Pendakian Gunung Prau

Untuk Anda yang hobi mendaki gunung, kawasan ini memiliki titik pendakian yang patut Anda coba. Meskipun tidak sepopuler pendakian yang ada di gunung Merapi, Sumbing, dan Sindoro. Namun pendakian di sini memiliki keindahan alam yang sayang untuk Anda lewatkan. Untuk jalur pendakiannya sendiri bisa ditempuh dari kawasan Dieng atau dari Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

13. Candi Arjuna

Selain keindahan alam, di kawasan ini Anda juga dapat menapaki sejarah dengan adanya bangunan candi yang bisa dikunjungi. Meskipun Candi Arjuna bukanlah satu-satunya candi yang ada di sini, namun candi ini cukup populer di mata wisatawan asing maupun lokal.

14. Candi Bima

Selain Candi Arjuna, Candi Bima menjadi salah satu bangunan candi yang juga sering dikunjungi para wisatawan. Candi ini terletak di ujung selatan untuk kompleks percandian yang ada di kawasan Dieng.

15. Plateau Theater Dieng

Tidak lengkap rasanya jika tidak mampir ke Plateau Theater Dieng. Di tempat ini pengunjung dapat menyaksikan film dokumentasi seputar gunung berapi Dieng yang dikemas secara apik. Film dengan durasi 20 menit ini bisa menambah wawasan Anda mengenai gunung Dieng dari dulu hingga saat ini.

16. Gardu Pandang Tieng

Untuk Anda yang mencari spot foto dengan wisata kekinian, maka gardu pandang Tieng adalah tempatnya. Gardu pandang ini berada di ketinggian 1.700 Mdpl. Di atas gardu pandang ini Anda bisa melihat keindahan Gunung Kembang dan Gunung Sindoro dengan hamparan perbukitan yang hijau.



17. Museum Kailasa Dieng

Di Dieng Anda juga bisa menikmati wisata sejarah dengan berkunjung ke Museum Kailasa Dieng. Museum ini menyimpan banyak sekali peninggalan purbakala yang bisa disaksikan secara langsung oleh para pengunjungnya.

18. Gua Semar

Selain candi, di kawasan ini juga terdapat gua yang bisa Anda kunjungi. Gua bernama Semar ini menjadi salah satu tempat wisata yang menyimpan cerita mistis di dalamnya . Namun meskipun begitu, tempat ini tetap dikunjungi para wisatawan yang penasaran dengan cerita di dalamnya.

19. Mata Air Sungai Serayu

Mata air sungai Serayu ini memiliki air yang begitu jernih. Biasanya pengunjung yang datang kesini sering meminum langsung airnya atau bisa juga digunakan untuk membasuh muka. Lokasinya ada di perbatasan antara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Banjarnegara.

20. Wisata Arum Jeram Dieng

Untuk Anda yang ingin menantang adrenalin, maka bisa coba wisata arum jerang di pegunungan Dieng. Meskipun tidak berbeda dengan wisata arum jeram lainnya. Namun arum jeram di sini memiliki lintasan dengan pemandangan yang sangat indah dengan udaranya yang begitu sejuk dan dingin.

Itulah beberapa obyek wisata Dieng yang wajib dikunjungi. Meskipun ada banyak obyek wisata yang bisa Anda datangi, namun beberapa obyek wisata di atas merupakan yang paling populer dan sering dikunjungi wisatawan. Bersiap mengunjunginya weekend ini?

(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA