Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 08 Mar 2019 21:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Nama Negara, Ini Kanada Pantai Perawan di Sulawesi Utara

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Foto: Pantai Kanada, pantai perawan di Sulawesi Utara (Wahyu/detikTravel)
Foto: Pantai Kanada, pantai perawan di Sulawesi Utara (Wahyu/detikTravel)
Bitung - Di Sulawesi Utara ada pantai perawan bernama Pantai Kanada. Liburan ke pantai ini, serasa milik pribadi karena masih sepi wisatawan. Wah, keren!

Sulawesi Utara dianugerahi banyak pantai cantik. Salah satunya Pantai Kanada yang letaknya cukup tersembunyi di Kota Bitung. Banyak wisatawan yang belum tahu lho tentang pantai ini.

detikcom bersama rombongan media dari Jakarta diajak Dinas Pariwisata Kota Bitung mengunjungi Pantai Kanada pada Kamis (21/2) lalu. Meski bernama Kanada, ternyata pantai ini tidak ada hubungannya dengan negara Kanada. Bukan pula wilayah kekuasaan negara Kanada.

Satu-satunya alasan mengapa nama pantai ini Kanada adalah dulu pernah ada warga negara Kanada yang pernah mengelola tempat ini. Tapi itu dulu, kini sudah sekitar 10 tahun tidak ada yang merawat pantai ini.

Pasirnya putih dan lembut (Wahyu/detikTravel)Pasirnya putih dan lembut (Wahyu/detikTravel)
Pantai Kanada memiliki pasir yang berwarna putih nan lembut. Butiran pasirnya pun halus. Enak sekali buat duduk-duduk santai atau pun buat sekadar main-main.

BACA JUGA: Indonesia Punya 'Surga' di Pulau Lembeh

Di bibir pantai, naungan pohon-pohon menciptakan suasana asri dan sejuk buat pengunjung. Cocok sekali buat melamun sejenak menenangkan pikiran yang kalut.

Selain berpasir putih, pantai ini juga dihiasi oleh batuan-batuan karang yang ukurannya cukup besar. Dari bentuk batu-batu karang ini kita bisa tahu kalau mereka terbentuk karena digerus ombak besar dalam waktu yang lama.

Pantai ini dihiasi batuan karang (Wahyu/detikTravel)Pantai ini dihiasi batuan karang (Wahyu/detikTravel)
Buat traveler yang mau main air sebaiknya hati-hati karena ombak di Pantai Kanada besar dan kencang. Kalau tidak bisa berenang, alangkah baiknya cukup di pinggir pantai saja. Main air dan basah-basahan di pinggir pantai sudah cukup asyik kok.

Saat detikcom berkunjung ke Pantai Kanada, kebetulan ada rombongan komunitas motocross yang sedang berkegiatan juga di pantai ini. Rupanya ada trek motocross berupa tanjakan dengan kemiringan mencapai 70 derajat di pantai ini. Wah, seru!

Dengan tenaga penuh mereka memutar tuas gas dan memacu motor sampai ke atas tebing. Beberapa motocrosser berhasil sampai ke atas, beberapa tidak. Banyak pula yang terjatuh. Menonton aksi mereka jadi hiburan tersendiri sore itu.

(Wahyu/detikTravel)(Wahyu/detikTravel)
Namun sayang, meski masih sangat perawan akses jalan menuju ke pantai yang terletak di Kelurahan Batu Putih, Kecamatan Ranowulu ini rusak parah. Mobil yang kami tumpangi susah payah untuk melintasi jalan tanah berlumpur dan naik turun menuju ke Pantai Kanada.

Bahkan sesekali para penumpang harus turun dari mobil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat mobil melintasi jalan tersebut. Ada 2-3 kali kami harus turun, selagi sang sopir menjaga agar mobil tetap stabil bisa jalan tanpa tergelincir di lumpur jalanan ini.

Perlu perhatian dari pemerintah setempat agar jalanan ini bisa diperbaiki sehingga Pantai Kanada bisa dengan mudah diakses oleh wisatawan. Sayang jika pesona pantai perawan yang potensial ini luput dari mata wisatawan karena jeleknya jalanan menuju ke pantai tersebut. (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED