Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 11 Mar 2019 09:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Sudah Tahu? 2 Gua Cantik Ini Ada di Grobogan

Akrom Hazami
detikTravel
Objek wisata Gua Lawa dan Gua Macan di Grobogan (Akrom Hazami/detikTravel)
Objek wisata Gua Lawa dan Gua Macan di Grobogan (Akrom Hazami/detikTravel)
Grobogan - Mau tempat wisata di Grobogan yang keren, mampir saja ke Gua Lawa dan Gua Macan. Dua gua ini tampak indah dan menarik dijelajahi.

Gua Lawa dan Gua Macan letaknya menjadi satu di Dusun Watusong, Desa Sidayu, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Gua ada di wilayah terpencil di antara kawasan pegunungan Kendeng. Objek wisata alam ini pun menyajikan pemandangan yang cantik.

detikTravel membuktikan keindahannya sendiri pada Senin (4/3/2019) lalu. Gua yang alami tersaji indah, membuat wisatawan ketagihan untuk kembali mengunjunginya. Mencapai gua ini juga tak sulit.

Dari jalan provinsi Jatipohon Grobogan-Sukolilo Pati, terpajang tulisan di atas gapura yang jadi akses menuju lokasi. Dari jalan utama, jarak ke objek wisata tersebut bisa sekitar 2 km. Dengan jalan desa menuju objek wisata, hampir sebagian besar sudah mulus atau telah dicor di sisi kanan dan kirinya.

Begitu tiba di lokasi, wisatawan bisa melihat luasnya area objek wisata. Di sebelah kiri pintu masuk tampak loket tiket. Terpampang di kaca loket, harga tiket masuk Rp 3.000 per orang.

"Harga tiket masuk Rp 3.000. Harga itu berlaku setiap hari. Baik hari biasa, atau akhir pekan, atau juga libur panjang," kata Denny Alviani, petugas loket Goa Lawa dan Goa Macan kepada detikcom.

Sudah Tahu? 2 Gua Cantik Ini Ada di GroboganFoto: (Akrom Hazami/detikTravel)


Perempuan berambut sebahu ini menerangkan, wisata gua buka setiap hari. Mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Tempat ini menonjolkan dua gua, yaitu Gua Lawa dan Gua Macan.

"Gua Lawa memiliki kedalaman sekitar 200 meter, serta Gua Macan kedalaman sekitar 100 meter," beber Denny.

Gua Lawa dan Gua Macan dalam pengelolan Pemerintah Kabupaten Grobogan. Ada beberapa fasilitas pendukung yaitu, halaman parkir, kamar mandi, toilet, musala, pergola dan lainnya.

Dari pintu masuk, wisatawan harus menapaki jalan berbahan semen. Gua Lawa adalah destinasi pertama yang bisa ditemui. Dan selanjutnya adalah Gua Macan. Gua itu menawarkan keindahan batuan serta stalaktit di sisi atas. Untuk penerangannya pun sudah dilengkapi lampu berwarna-warni.


"Di dalam gua, dilengkapi lampu kecil berwarna biru, hijau, merah, dan lainnya. Jadi gua tidak gelap. Ada juga pegangan dan tangganya di dalam gua," jelas Denny.

Sudah Tahu? 2 Gua Cantik Ini Ada di GroboganFoto: (Akrom Hazami/detikTravel)


Di dalam gua, lampu dengan cahaya remang membuat suasana dingin nan alami terasa. Sesekali ada tetesan air dari bebatuan di langit-langit.

Pada hari libur, biasanya kunjungan wisatawan ramai. "Kalau libur (hari libur) ramai. Saat hari libur bisa kurang dari 100 orang," sebutnya lebih lanjut.

Traveler yang datang kemari biasanya menikmati keindahan gua sambil foto-foto. Seorang wisatawan Khoiru dari Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Grobogan mengaku tahu objek wisata Gua Lawa dan Gua Macan dari media sosial Instagram. Ia pun datang buat berfoto.

"Saya tahunya dari Instagram. Saya senang karena tempatnya memang bagus. Saya foto-foto di sini. Buat undangan pernikahan kami nanti," kata Khoiru. (krn/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED