Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 19 Mar 2019 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tak Kalah dengan Tsukiji, Ini Pasar Ikan Higienis Bitung

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Tempat Pemasaran Ikan Higienis Bitung (Wahyu/detikcom)
Tempat Pemasaran Ikan Higienis Bitung (Wahyu/detikcom)
Bitung - Jepang punya Tsukiji, Jakarta punya Pasar Ikan Muara Baru. Kota Bitung pun tak mau kalah. Mereka punya Tempat Pemasaran Ikan Higienis yang tak kalah keren.

Presiden Jokowi baru-baru ini meresmikan Pasar Ikan Modern Muara Baru. Pasar ikan modern ini disebut-sebut tidak kalah kerennya dengan Pasar Ikan Tsukiji yang ada di Tokyo, Jepang.

Ternyata, Kota Bitung di Sulawesi Utara sudah punya pasar ikan yang serupa. Pasar ikan ini bahkan sudah terlebih dulu beroperasi dari Pasar Muara Baru, karena sudah diresmikan pada bulan April 2018 lalu.

Pasar ikan tersebut bernama Tempat Pemasaran Ikan Higienis PPS Bitung. Lokasinya masih berada di dalam satu komplek Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) 1 Bitung.

Tak Kalah dengan Tsukiji, Ini Pasar Ikan Higienis BitungTempat Pemasaran Ikan Higienis Bitung (Wahyu/detikcom)

detikcom bersama rombongan media dari Jakarta diajak berkunjung ke pasar ikan ini pada pertengahan bulan Februari lalu. Kesan pasar ikan yang selama ini kumuh dan bau langsung hilang, begitu traveler masuk ke dalam bangunan pasar.


TPI Higienis Bitung ini bertempat di dalam bangunan seperti sebuah gudang yang sangat luas. Di dalamnya, sudah tampak beberapa orang pedagang ikan yang menggelar rapi dagangannya.

Ikan beragam jenis diperjual belikan di sini. Yang paling banyak tentu saja Cakalang dan juga Tuna. Traveler bisa langsung bertransaksi dengan para pedagang. Bisa tawar-menawar juga lho!

Tak Kalah dengan Tsukiji, Ini Pasar Ikan Higienis BitungInteraksi pengunjung dengan pedagang ikan (Wahyu/detikcom)

Soal kualitas, sudah tidak perlu diragukan lagi. Bisa dibilang, ikan cakalang maupun tuna di pasar ikan higienis Bitung ini adalah yang terbaik di Indonesia.

Wajar, karena ikan-ikan yang dijual di pasar ini masih sangat segar. Ikan-ikan ini diambil dari perairan timur Indonesia yang dikenal sangat cocok sebagai habitat tuna dan cakalang.


Tepat di belakang area pasar ikan ini, ada tempat bongkar muat ikan langsung dari kapal nelayan. Jadi ikan yang traveler beli dipastikan sangat segar karena baru ditangkap para nelayan.

Tak Kalah dengan Tsukiji, Ini Pasar Ikan Higienis BitungAktivitas bongkar muat ikan (Wahyu/detikcom)

Traveler bisa melihat secara langsung aktivitas para nelayan saat membongkar ikan muatannya untuk kemudian berpindah tangan ke para pedagang atau dilelang langsung di pasar. Seru sekali melihatnya! Jadi seperti atraksi wisata tersendiri.

Pasar ikan higienis ini pun bisa dikunjungi wisatawan. Sedikit tips untuk traveler, datanglah ke sini sepagi mungkin. Pada pagi hari buta, ikan dari kapal pertama yang sampai di pelabuhan kondisinya masih sangat segar.

Semakin pagi traveler datang ke pasar ikan ini, maka stok ikan masih sangat melimpah. Makin siang Anda datang, stok ikan akan makin menipis karena sudah diborong orang.

Tak Kalah dengan Tsukiji, Ini Pasar Ikan Higienis BitungStok ikannya masih segar (Wahyu/detikcom)

TPI Higienis di Bitung ini dulu juga dikenal kumuh dan jorok. Tapi kemudian, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dipimpin Menteri Susi menggelontorkan dana Rp 7,14 Miliar guna merevitalisasi pasar ini.

Jadilah TPI Higienis di Bitung berubah wajah jadi lebih modern seperti sekarang. Tidak kalah dengan Pasar Ikan Modern Muara Baru yang pekan lalu diresmikan Presiden Jokowi.

Jika traveler kebetulan sedang liburan di Bitung, atau Sulawesi Utara mampir saja ke pasar ikan higienis ini. Pasar ikan ini dijamin tidak akan kalah keren dengan Muara Baru atau bahkan Tsukiji! (wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA