Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 21 Mar 2019 19:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Festival Candi Gedong Songo Telah Dimulai, Yuk ke Semarang!

Aji Kusuma
detikTravel
Kirab air suci dan ruwatan Candi Gedong Songo mengawali Festival Candi Gedong Songo (Aji Kusuma/detikcom)
Kirab air suci dan ruwatan Candi Gedong Songo mengawali Festival Candi Gedong Songo (Aji Kusuma/detikcom)
Semarang - Kabupaten Semarang menggelar Festival Candi Gedong Songo. Festival yang meriah ini diawali dengan prosesi kirab air suci untuk meruwat Candi Gedong Songo.

Satu tahun sekali, Kabupaten Semarang memiliki agenda rutin berupa kirab air suci untuk meruwat Candi Gedong Songo. Tahun ini, ritual kirab tersebut menandai berlangsungnya agenda Festival Candi Gedong Songo, yang akan berlangsung 21-24 Maret 2019

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang, Dewi Pramuningsih, menjelaskan adanya Festival Gedong Songo merupakan langkah untuk menambah semarak perayaan ulang tahun Kabupaten Semarang. Hal tersebut dikarenakan Candi Gedong Songo yang berada di Desa Candi, Kecamatan Bandungan merupakan ikon andalan Kabupaten Semarang.

"Rencana kami, Festival Gedong Songo akan diadakan setiap tahun, yang jelas dilaksanakan pada bulan Maret, sesuai dengan bulan ulang tahun Kabupaten Semarang," jelas Dewi kepada detikcom, Kamis (21/3/2019).

"Pada saat Festival Gedong Songo, wisatawan dapat melihat langsung prosesi memandikan candi dengan air suci yang diambil dari mata air tedeng, setelah itu, melalui paket wisata yang tersedia, wisatawan bisa melanjutkan wisata di sekitaran Kabupaten Semarang," imbuhnya.

 (Aji Kusuma/detikcom) (Aji Kusuma/detikcom) Foto: undefined


Dalam gelaran Festival Gedong Songo, pertunjukan budaya silih berganti mengisi panggung apresiasi yang berada tepat di bawah Candi I. Pertunjukan tersebut meliputi musik campursari, tari-tarian, dan geguritan.

Adapun selama festival berlangsung, berbagai stan kreatif juga berjajar menawarkan olah kreasi masyarakat setempat. Ada stan kuliner desa, kerajinan tangan lokal, penyedia jasa petualangan, budidaya tanaman hias, hingga stan desa-desa wisata yang berada di sekitaran Kabupaten Semarang.

 (Aji Kusuma/detikcom) (Aji Kusuma/detikcom) Foto: undefined


Pelestari budaya Candi Gedong Songo, Ngatno, bersyukur dengan adanya serangkaian kegiatan Festival Candi Gedong Songo. Ia menegaskan, kedatangan wisatawan dan masyarakat yang menyaksikan prosesi pemandian candi akan memberi dampak positif.

"Masyarakat jadi tahu, kalau di sini bukan sekadar tempat wisata. Namun lokasi yang dilindungi dan bersejarah, sehingga akan menumbuhkan sikap menghormati ketika berada di sini. Terlebih candi ini kan masih juga difungsikan sebagai tempat ibadah umat Hindu," jelas Ngatno.

 (Aji Kusuma/detikcom) (Aji Kusuma/detikcom) Foto: undefined


Ia menambahkan, pada hari ini fokus prosesi dilakukan di Candi I, sedangkan esok akan dilanjutkan sampai pada Candi IX. Pada kelanjutannya nanti, ia akan menggandeng berbagai komunitas masyarakat untuk bersama-sama membersihkan Candi.

"Kalau hari ini prosesi berlangsung hanya di Candi I. Tetapi nantinya semua juga akan dibersihkan sesuai ruwatan pada tahun-tahun sebelumnya, kami menggandeng berbagai elemen masyarakat, agar mereka juga merasa memiliki Candi Gedong Songo yang menjadi kekayaan warisan budaya Kabupaten Semarang," tandasnya.

(sym/krn)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED