Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Apr 2019 21:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Desa Wisata Suku Osing: Satu Lagi Tempat Liburan di Banyuwangi

Rachman Haryanto
detikTravel
Foto: (Rachman Haryanto/detikcom)
Foto: (Rachman Haryanto/detikcom)
Banyuwangi - Banyuwangi dikenal dengan julukan Kota Festival. Tak cuma festival, Banyuwangi juga punya cagar budaya bernama Desa Wisata Suku Osing.

Selain Kawah Ijen dan Padang Savana, Banyuwangi juga punya Desa Wisata yang tak kalah cantik dan menarik. Tempatnya eksotis dan instagramable. Nggak percaya? Tengok aja foto-fotonya nih.

Yups, Desa Wisata Osing Kemiren. Lokasi Desa ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Banyuwangi. Tinggal menuju jalan ke arah Kawah Ijen yang terkenal itu, kita pasti melintasi desa tersebut.

Tempatnya juga terbilang sangat asik dan nyaman untuk relaksasi menikmati aroma pedesaan yang masih sangat asri dan khas Desa Wisata Osing. Desa Wisata Osing atau Using ini berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi.

(Rachman Haryanto/detikcom)(Rachman Haryanto/detikcom)


Penduduk di Desa Kemiren merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya yang dikenal sebagai suku Osing. Mereka masih memegang erat adat dan kearifan lokal. Orangnya ramah-ramah.

Mulai dari cara berpakaian, rumah tinggal dengan bentuk yang seperti aslinya (hanya saja di pugar agar terlihat lebih menarik) serta gaya hidupnya. Sangat sederhana dan ramah.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan desa ini sebagai cagar budaya dan terus mengembangkannya sebagai Desa Wisata Suku Osing. Agar para wisatawan bisa melihat adat istiadat dan kebiasaan suku asli Banyuwangi itu.

 (Rachman Haryanto/detikcom) (Rachman Haryanto/detikcom)


Memasuki gerbang desa, kita sudah disambut oleh atmosfir desa yang masih terjaga. Di kiri kanan jalan banyak kita jumpai kedai-kedai kopi yang menyajikan kopi khas Kemiren, Kopi Osing.

BACA JUGA: Hutan di Banyuwangi yang Seperti di Film Lord Of The Rings

Menikmati sejuknya hawa pegunungan dan indahnya pemandangan alam, dengan latar belakang gunung Raung dan gunung Ijen, semua tersaji di Kemiren.

Banyak juga rumah penduduk yang berfungsi sebagai guest house yang bisa disewa dengan harga terjangkau apabila ingin bermalam. Sebuah hotel bintang juga sudah mulai berdiri tepat di samping obyek wisata Osing.

Menikmati keramahan warga sekitar tentu akan membuat kita nyaman dan rileks berada di Desa ini. Seperti saat saya singgah di rumah Mbok Ning (72) yang sangat ramah menyambut kehadiran kami.

(Rachman Haryanto/detikcom)(Rachman Haryanto/detikcom)


Berlibur di Banyuwangi sambil menikmati indahnya pedesaan asli memang sangat menyenangkan. Apalagi di depan gerbang Desa Wisata Osing ini terdapat kebun bunga yang instagramble banget.

Tanaman bunga yang semakin mempercantik desa wisata itu juga tersebar di depan rumah-rumah Tingkle (Rumah Asli suku Osing Banyuwangi).

Pada musim buah durian, sepanjang jalan juga banyak kita jumpai para pedagang yang menggantung durian di lapaknya membuat kita akan tergoda untuk singgah. Sayang saat singgah di sana belum musim durian.

(bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA