Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 09 Apr 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Gunung Kerinci, Tempat Petualangan Jokowi Muda

Kurnia Yustiana
detikTravel
Foto: Presiden Joko Widodo (Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)
Foto: Presiden Joko Widodo (Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Jakarta - Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Di masa muda dulu, Jokowi pernah mendaki sampai puncak gunung tersebut.

Gunung Kerinci berada di Provinsi Jambi, kalau dari pusat kota Jambi bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 9 jam. Gunung berapi ini tingginya mencapai 3.805 mdpl dan menjadi gunung tertinggi di Pulau Sumatera, serta gunung berapi tertinggi di Indonesia.

Untuk pendakian Gunung Kerinci bisa melewati sejumlah jalur yang tersedia, seperti Kersik Tuo dan Solok Selatan di Sumbar. Titik awal pendakian memang memungkinkan dari Sumatera Barat karena lokasi gunung yang memang di perbatasan Provinsi Jambi dan Sumatera Barat.

Mendaki gunung yang masuk kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat itu tentunya tidak mudah, medannya begitu menantang dan mencapai puncaknya pun tak cukup sehari. Semakin ke atas mendekati puncak, traveler harus selalu siap melewati jalur yang miring dan curam, juga hamparan batuan cadas tanpa pepohonan dan oksigen yang semakin menipis.

(Akbar Priyono/d'Traveler)(Akbar Priyono/d'Traveler)
Namun setelah tiba di Puncak Kerinci atau Puncak Indrapura tentunya segala rasa lelah tergantikan dengan kagum akan keindahan pemandangan yang tersaji. Pengalaman mendaki di sini pastinya takkan terlupa.

Terlihat kawah gunung yang luasnya sekitar 400x120 meter. Di ketinggian 3.805 mdpl itu, traveler bisa menikmati panorama sekitar Kerinci. Di kejauhan juga terlihat kota Jambi dan Padang.

(Akbar Priyono/d'Traveler)(Akbar Priyono/d'Traveler)
Nah meskipun tidak mudah, pendakian Gunung Kerinci tetap digemari traveler. Presiden Joko Widodo di masa mudanya pun pernah mendaki gunung ini. Kisah pendakian Jokowi ke puncak Gunung Kerinci tertuang dalam buku berjudul 'Jokowi Travelling Story: Kerinci 1983' yang ditulis oleh Rifqi Hasibuan.

BACA JUGA: Tentang Gunung Kerinci yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Jokowi yang aktif sebagai Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Silvagama Universitas Gadjah Mada (UGM) mendaki Gunung Kerinci tahun 1983. Ia bersama rombongan 14 orang, dan menjadi orang pertama dari para rombongan pendaki Silvagama yang mencapai puncak Gunung Kerinci, termasuk yang bisa mendekati kawahnya. Saat itu tidak semua anggota bisa mendekati kawah Kerinci.

(iStock)Foto: (iStock)
(krn/aff)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED