Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 16:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Belanja Sepatu Kulit di Sidoarjo Seperti Sandiaga Uno

Wahyu Setyo Widodo
detikTravel
Sandiaga membeli produk sepatu kulit Tanggulangin (Suparno/detikcom)
Sandiaga membeli produk sepatu kulit Tanggulangin (Suparno/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Sidoarjo - Untuk Debat Pilpres terakhir, Cawapres Sandiaga Uno berbelanja sepatu kulit di Sidoarjo. Traveler juga bisa belanja sepatu serupa di sentra kerajinan kulit ini.

Di sela-sela kampanye akbar di Magetan, Jawa Timur, Cawapres 02 Sandiaga Uno menyempatkan waktu untuk mampir belanja sepatu kulit di Sidoarjo. Sepatu kulit ini rencananya akan dia gunakan untuk Debat Pilpres Terakhir yang digelar Sabtu (13/4).

Sidoarjo selain dikenal dengan Lumpur Lapindo, memang dikenal dengan sentra kerajinan kulitnya. Lokasinya berada di Kecamatan Tanggulangin. Jaraknya hanya sekitar 20 km-an dari Bandara Internasional Juanda.

Menyebut nama Tanggulangin, orang pasti sudah sangat identik dengan produk kerajinan kulit, baik itu sepatu atau tas. Soal kualitas, sudah tidak perlu diragukan lagi. Produk-produk Tanggulangin sangat layak untuk diekspor ke luar negeri.

Belanja Sepatu Kulit di Sidoarjo Seperti Sandiaga Uno Kerajinan tas kulit Tanggulangin (Suparno/detikcom)


Sejarah kerajinan kulit di Tanggulangin sendiri sudah dimulai dari tahun 1939. Pada tahun 1976 mulailah dibangun Koperasi Industri Tas dan Koper (INTAKO).

Memasuki area industri kulit Tanggulangin, traveler akan disambut oleh banyak ruko. Di setiap ruko dipajang produk-produk kulit dari sepatu maupun tas dengan desain terkini.

Sebelum memutuskan untuk belanja, traveler bisa melihat-lihat dulu apakah ada yang menarik atau tidak. Istilahnya, Windows Shopping dulu. Kalau ada yang menarik hati, baru dibayar dan dibawa pulang.
Belanja Sepatu Kulit di Sidoarjo Seperti Sandiaga Uno Sandiaga memilih sepatu kulit (Suparno/detikcom)


Harga produk kulit di Tanggulangin mulai dari puluhan ribu, sampai ada yang puluhan juta rupiah. Traveler tinggal pilih saja yang sesuai dengan kemampuan kantong. Terkadang ada juga pedagang yang barangnya bisa ditawar.

Sandiaga Uno sendiri mengaku akan fokus pada produksi nasional dan menggerakkan ekonomi Indonesia dengan menggenjot ekspor. Menurutnya produk berbahan kulit dari Tanggulangin memiliki potensi ekspor.

"Fokus kami adalah menggerakkan ekonomi rakyat. Ekonomi yang fokus pada produksi lokal. Kami berkomitmen untuk mengurangi impor yang bisa dipenuhi oleh produksi dan pekerja anak negeri," pungkas Sandi. (wsw/wsw)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA