Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan Terlupakan

Niken Widya Yunita
detikTravel
Tempat wisata di Kepulauan Seribu yang takkan terlupakan (Pradita Utama/detikcom)
Tempat wisata di Kepulauan Seribu yang takkan terlupakan (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Jakarta memiliki pantai yang eksotis loh. Namanya Kepulauan Seribu dan keindahannya takkan terlupakan. Yuk wisata ke Kepulauan Seribu.

Untuk menuju Kepulauan Seribu cukup mudah. Tinggal menyeberang naik kapal dari Pelabuhan Muara Angke atau Pelabuhan Marina Ancol. Lamanya perjalanan di atas kapal tergantung pulau tujuan.

Harga penyeberangannya juga relatif murah, hanya puluhan ribu apabila memilih naik kapal nelayan. Bila naik kapal feri via Marina Ancol yang lebih cepat, harus mengocek kantong lebih dalam.

Berikut adalah 8 tempat wisata di Kepulauan Seribu.



1. Pulau Perak

Pulau Perak terletak di Kepulauan Seribu Utara. Pulau ini memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir putih nan bersih serta air laut yang bening kebiru-kebiruan. Hal ini karena lokasi pulau cukup jauh dari kota Jakarta sehingga cukup terbebas dari polusi.

Untuk ke Pulau Perak dapat ditempuh menggunakan kapal dari Muara Angke kira-kira 4 hingga 5 jam menuju Pulau Harapan. Dapat juga berangkat dari Dermaga Marina Ancol menggunakan speed boat yang bisa dijangkau dalam waktu yang lebih singkat sekitar 1,5 - 2 jam perjalanan.

Dari Pulau Harapan kamu dapat menuju ke Pulau Perak dengan menggunakan kapal atau boat yang bisa disewa di sekitar dermaga dengan harga yang bervariasi tergantung jenis dan ukuran kapal. Waktu tempuh dari Pulau Harapan menuju Pulau Perak ini adalah sekitar 30 menit perjalanan.

2. Pulau Pari

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (A Maulana Nugraha/d'Traveler)


Pulau Pari merupakan salah satu pulau favorit dari beberapa pulau di Pulau Seribu. Pulau ini memiliki hamparan pasir putih dengan air yang jernih kehijauan.

Terdapat pula pulau-pulau kecil berwarna hijau yang indah. Letak Pulau Pari ini tidak terlalu jauh dari Jakarta. Hanya butuh perjalanan selama 2 jam dari Pelabuhan Kali adem yang terletak di Muara Angke. Dari Marina Ancol, perjalanan sekitar satu jam dengan speedboat.

3. Pulau Pramuka


8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (Pool)


Pulau Pramuka merupakan destinasi favorit di Kepulauan Seribu. Pulau ini menyuguhkan bahari bawah laut yang luar biasa indah sehingga cocok untuk snorkeling.

Pengunjung dapat melihat keindahan terumbu karang dan ikan-ikan karang berwarna-warni di pulau ini. Pulau Pramuka juga terkenal akan penangkaran penyu. Pengunjung bisa mengamati penyu-penyu muda maupun dewasa. Penyu dewasa akan dilepas kembali ke pantai.

4. Pulau Tidung

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (Pradita Utama/detikcom)


Pulau Tidung merupakan salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau Tidung ini terbagi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Di antara Pulau Tidung Besar dan Tidung Kecil ada jembatan fenomenal yang bisa dilewati untuk membelah lautan yang biru, yakni Jembatan Cinta. Di Jembatan Cinta ini, banyak pengunjung menikmati sunset. Di Pulau Tidung juga tersedia permainan air seperti banana boat.

5. Pulau Harapan

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (Dena Novita Rosiana/d'Traveler)


Pulau Harapan berlokasi lebih jauh dibandingkan dengan Pulau Pari, Tidung, maupun Pulau Pramuka. Pulau ini memiliki bibir pantai yang putih kebiruan, dengan air laut yang jernih. Pasir pantainya juga berwarna putih yang indah.

6. Pulau Dolphin

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (Qodrina Ramadhan/d'Traveler)


Pulau Dolphin tidak kalah eksotis dengan pulau lain. Pulau ini cocok sekali untuk tempat camping karena masih sepi dan alami. Pengunjungnya juga tidak terlalu banyak dibanding Pulau Tidung.

Di sini kamu tidak boleh melewatkan snorkeling. Namun harus hati-hati karena terdapat bulu babi di sekitar perairan.

7. Pulau Macan

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (pulaumacan.com)


Pulau Macan terletak di utara Kepulauan Seribu. Pulau ini memiliki perairan berwarna biru kehijauan yang eksotis. Pulau ini berada di selatan Pulau Harapan.

Di Pulau Macan ini terdapat penginapan atau resort sederhana namun indah di bibir pantai. Meskipun penginapan umumnya terbuat dari kayu, tapi tetap keren dan nyaman seperti Maldives. Tertarik?

8. Pulau Bidadari

8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Takkan TerlupakanFoto: (Muhammad Fida ul Haq/detikcom)


Pulau Bidadari merupakan salah satu resor di Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta. Perjalanan menuju resor ini tidak membutuhkan waktu yang lama karena masih berdekatan dengan daratan Jakarta. Dari dermaga marina Taman Impian Jaya Ancol, perjalanan menuju ke resor ini hanya membutuhkan waktu setengah jam dengan speedboat. Pengunjung juga bisa datang menggunakan jetski.

Sepanjang perjalanan menuju resor ini, bisa disaksikan gugusan pulau yang sarat dengan nilai sejarah seperti Pulau Cipir (Pulau Kahyangan), Onrust dan Kelor. Pulau-pulau tersebut pernah digunakan oleh Belanda sehingga banyak terlihat bangunan-bangunan peninggalan Belanda seperti benteng.

Jadi tertarik melepas penat di pulau yang mana?

(nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA