Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 21:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

16 Pantai di Malang yang Memesona

Niken Widya Yunita
detikTravel
16 Pantai di Malang yang Memesona/Foto: Hailani Masita/dTraveler
16 Pantai di Malang yang Memesona/Foto: Hailani Masita/d'Traveler
Jakarta - Malang bukan hanya terkenal dengan kebun apel. Di Malang juga ada pantai yang memesona.

Bagi kamu yang sangat suka dengan pantai, wisata ke sana tidak akan pernah terlupakan.

Kamu bisa berselancar atau mencari suasana tenang di kota yang disebut Swiss-nya Pulau Jawa. Berikut pantai di Malang yang memesona.



1. Pantai Balekambang

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Maria Sianipar/d'Traveler)


Pantai Balekambang paling terkenal dan populer sejak dulu di Malang. Pantai ini mendapatkan julukan Tanah Lot-nya Jawa.

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigoco, Kecamatan Bantur yang berjarak sekitar 70 kilometer ke arah selatan dari pusat Kota Malang. Pantai ini adalah salah satu yang dikelola dengan baik.

2. Pantai Sendiki

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: Santi/d'Traveler


Pantai Sendiki memiliki pasir putih yang menggoda dan lanskap yang memesona. Satu-satunya alasan pantai ini belum banyak dikunjungi adalah akses menuju lokasi yang masih sulit dilalui.

Petunjuk ke pantai Sendiki sangat minim. Kendaraan juga tidak bisa melintas hingga ke TKP membuat pantai ini sangat sepi.

3. Pantai Clungup

Pantai Clungup merupakan pantai di Malang yang masih jarang dikunjungi. Hal ini karena lokasinya yang terpencil dan jauh dari pemukiman.

Pantai ini terkenal memiliki pasir pantai yang putih dengan suasana sepi. Di lepas pantai terdapat banyak pulau kecil yang melindungi pantai ini dari hantaman ombak laut selatan sehingga kondisi ombak di bibir pantai cukup landai.

4. Pantai Gatra

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Rina Natalia/d'Traveler)


Pantai lain yang tidak kalah cantik yakni Pantai Gatra. Pantai ini berjarak sekitar 3 kilometer dari Pantai Clungup.

Pantai Gatra sangat terkenal dengan gugusan pulau karang hijau yang berjajar tak jauh dari pantai. Pantai ini juga memiliki pasir yang putih.

5. Pantai Tiga Warna

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Majawati/d'Traveler)


Pantai Tiga Warna memiliki suasana yang sangat indah seperti pantai-pantai di Bali. Pantai ini bisa dijangkau dengan jalan kaki mendaki bukit-bukit di sisi kiri pantai. Pantai ini memiliki gradasi warna biru dan hijau serta pasir putih.

Pantai Tiga Warna merupakan kawasan konservasi pohon mangrove. Selain itu pihak pengelola juga memberlakukan pembatasan jumlah kunjungan per hari untuk pelestarian.

6. Pantai Watu Leter

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: Pradikta Kuduma/d'Traveler

Pantai Watu Leter didominasi bebatuan dengan sedikit kawasan berpasir yang tidak berbeda dengan Pantai Gua China. Kamu juga bisa bertemu dengan penyu yang menjadikan pantai tersebut sebagai tempat untuk bertelur.

7. Pantai Batu Bengkung

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Pradikta Kusuma/d'Traveler)


Pantai Batu Bengkung memiliki ombak besar. Pantai ini sangat asyik untuk kemping apalagi pantai ini punya sunset yang indah.

8. Pantai Banyu Meneng

Pantai Banyu Meneng memiliki ombak cukup landai sehingga aman untuk berenang. Lokasi pantai ini terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur.




9. Pantai Gua China

Pantai Gua China dinamakan seperti itu karena di kawasan pantai terdapat sebuah gua. Gua tersebut menyimpan cerita bahwa warga yang percaya zaman dahulu ada petapa China yang bersemedi di dalam gua tersebut hingga meninggal. Dari sanalah kemudian dinamakan Pantai Gua China.

11. Pantai Lenggoksono

Pantai Lenggoksono merupakan pantai berombak besar. Pantai ini cocok untuk berselancar dan menunggangi ombak yang besar. Peselancar bisa puas memilih ombak karena pantai ini memiliki garis pantai yang sangat panjang. Bagi yang tidak bisa surfing cukup kemping dan menikmati ikan bakar hasil tangkapan nelayan.

Kamu juga bisa menyewa perahu nelayan menuju ke Teluk Kretekan di dekat Pantai Lenggoksono. Di sana kamu akan menjumpai air terjun yang jatuh ke pantai di pinggir laut yang dinamakan warga sekitar dengan nama Banyu Anjlok.

12. Pantai Kondang Merak

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Ilham Firdaus/d'traveler)


Pantai Kondang Merak berjarak sekitar 2 kilometer dari Pantai Balekambang. Pantai ini sering dijadikan spot berenang bagi mereka yang berlibur lantaran ombak di pantai ini lumayan landai. Air pantai berwarna biru ini juga jernih dan bersih.

13. Pantai Licin

Pantai Licin identik dengan pasir hitamnya. Pantai ini terletak di Dusun Licin, Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading.

Akses menuju ke pantai itu cukup menantang dengan kondisi jalan yang belum sempurna. Pasir pantai yang berwarna hitam tersebut menjadi bukti jika pantai ini berasal dari muntahan lahar dari erupsi Gunung Semeru yang terbawa aliran sungai Glidik yang bermuara di pantai tersebut.

14. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru berada di Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini merupakan tempat pendaratan dan pelelangan ikan di Malang. Fasilitas yang ada di pantai ini antara lain rumah jaga, guest house dan juga persewaan perahu untuk menyeberang ke Pulau Sempu. Pantai ini bisa diakses menggunakan kendaraan umum.

15. Pantai Segara Anakan, Pulau Sempu

Pulau Sempu di Malang sangat terkenal. Pulau yang punya laguna alami ini sangat tenang. Laguna Pulau Sempu berwarna biru mendapatkan pasokan air dari Samudera Hindia yang masuk melewati tebing berlubang di dekatnya. Dari sana kemudian terbentuk laguna tak berombak yang menjadi primadona untuk berenang dan snorkeling.

16. Pantai Ngliyep

16 Pantai di Malang yang MemesonaFoto: (Hendra Soetantyo/d'Traveler)


Pantai Ngliyep merupakan salah satu pantai terkenal di Malang. Jaraknya sekitar 62 kilometer dari pusat kota. Panorama yang ditawarkan sangat natural.

Di pantai ini juga akan disuguhkan eksotisnya tebing-tebing curam di sekitar kawasan pesisir. Selain itu masih ada area hutan lindung dengan keindahan yang luar biasa.

Sudah siap liburan ke pantai di Malang? (nwy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED