Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 10 Apr 2019 22:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kopi Partungkoan, Tempat Ngopi Jokowi di Toba Samosir

Shinta Angriyana
detikTravel
Kopi Partungkoan di Balige (Shinta/detikcom)
Kopi Partungkoan di Balige (Shinta/detikcom)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
Toba Samosir - Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu menyempatkan diri ke kawasan Toba Samosir & mencicipi kedai kopi lokal. Ternyata, inilah kopi murah nan lezat itu.

Adalah Kedai Kopi Partungkoan, yang letaknya berada di Jalan Sisingamangaraja nomor 172, Balige, Toba Samosir, Sumatera Utara. Kedai kopinya cukup sederhana, berada di kompleks pertokoan Jalan Raya Balige.


Dari luar, kedai sudah nyentrik dengan cat berwarna pink. Saat detikcom datang di pagi menjelang siang hari, kedai kopi tidak terlalu ramai. Hanya terlihat sejumlah warga setempat yang ada.

Suasana Kopi Partungkoan (Shinta/detikcom)Suasana Kopi Partungkoan (Shinta/detikcom)


Kedai kopi cukup sederhana. Hanya sejumlah meja dengan susunan 4 kursi, di bagian luar dan dalam bangunan.

BACA JUGA: Pujian dan Janji Jokowi Pada Pariwisata Toraja


Kami memesan 1 gelas kopi hitam, 1 gelas kopi susu dan sejumlah kue. Traveler hanya perlu meminta kue pada penjual, nantinya sang penjual akan membawakan satu piring berisi 4-5 kue.

 Kopi hitam (Shinta/detikcom) Kopi hitam (Shinta/detikcom)

Kopi hitamnya terasa legit, tidak terlalu asam namun cukup menyegarkan mata. Begitupun dengan kopi susu yang manis, dengan campuran kopi dan kental manis. Rasanya tidak terlalu pekat sehingga enak untuk dinikmati.

Kopi susu (Shinta/detikcom)Kopi susu (Shinta/detikcom) Foto: Shinta Angriyana/detikcom


Kue bika ambon dan bolu (Shinta/detikcom)Kue bika ambon dan bolu (Shinta/detikcom) Foto: undefined


Kue yang disajikan mirip seperti bolu dan bika ambon. Rasanya juga tidak terlalu manis dan pas di lidah. Sehingga cocok dengan kopi yang rasanya tidak terlalu pekat.

Umumnya, warga sekitar ramai datang ke warung kopi pada sore menjelang malam hari. Kopi Partungkoan pun buka sampai pukul 21.00 WIB.

Apabila ingin membawa pulang untuk buah tangan, traveler bisa membeli kopi kemasan yang dijual. Mulai dari kemasan kecil, sedang, hingga besar.

Nah, sesuai yang dijelaskan Jokowi, memang harganya tidak terlalu mahal. Satu gelas kopi hanya dijual Rp 5-7 ribu saja, sedangkan kue Rp 2 ribuan. Murah dan lezat untuk wisata kuliner di Balige.


(sna/aff)

FOKUS BERITA

Wisata Tempat Kampanye
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED
Laporan dari Jerman

Foto: Gembok Cinta Abadi Kota Cologne

Kamis, 25 Apr 2019 06:20 WIB

Di Kota Cologne, Jerman traveler bisa mengabadikan cinta bersama pasangan. Ada destinasi gembok cinta Jembatan Hohenzollern yang wajib kamu kunjungi di sini.