Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Apr 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Pilihan Agrowisata Petik Apel Tradisional di Batu

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Wisata Petik Apel Agro Rakyat (Masaul/detikcom)
Wisata Petik Apel Agro Rakyat (Masaul/detikcom)
Batu - Apa yang akan Anda lakukan jika pergi ke Kota Batu? salah satu yang jadi incaran adalah petik apel langsung di kebunnya atau agrowisata.

Dari pengalaman detikcom, ada petik apel besar yang biasa jadi rujukan. Namun, saya lebih memilih agrowisata petik apel yang dimiliki oleh rakyat.

Tempatnya bernama, Wisata Petik Apel Agro Rakyat, Kota Batu. Butuh 30 menit perjalanan menggunakan mobil jika Anda memulai perjalanan dari Kota Malang.

Sampai di Kota Batu, tujulah pool-pool agrowisata mirip terminal di sana. Di sini adalah loket berada atau tempat pembelian tiket.

Jika Anda memilih Wisata Petik Apel Agro Rakyat, harga tiketnya yakni Rp 25.000 per orang. Lalu, Anda akan ditemani oleh seorang guide yang menunjukkan arah ke kebun apel yang dimaksud dan berjarak sekitar 15 menit menggunakan mobil.

(Masaul/detikcom)(Masaul/detikcom)

Setiba di kebun apel, Anda akan diberi pengarahan ringkas. Antara lain, Anda hanya boleh memetik apel di area yang diinstruksikan, ada beberapa jenis apel di dalam satu kotak lahan, ketiga Anda boleh memakan apel sepuasnya dan bila ingin membungkus harus ditimbang dengan harga per kilo sekitar Rp 12.000.

BACA JUGA: Ada Taman Langit di Kota Batu

Setidaknya ada beberapa jenis apel di Wisata Petik Apel Agro Rakyat. Saya sendiri bisa mencoba empat jenis apel dalam satu kotak kebun.

(Masaul/detikcom)(Masaul/detikcom)

Yakni, apel jenis manalagi, anna, wanglin dan rome beauty. Ciri-cirinya, apel anna itu bentuknya agak lonjong, berasa sedikit asem dan warnanya merah sama hijau kekuningan. Lalu, apel manalagi berasa manis dan warnanya hijau.

Selanjutnya, ada apel rome beauty yang berasa asam manis, warnanya merah sama hijau, berbentuk bulat dan renyah saat digigit. Terakhir adalah apel wanglin, berbentuknya bulat, warna hijau dan terasa empuk juga renyah saat dikunyah.

Wisata Petik Apel Agro Rakyat memang tak se-rapi wisata petik apel yang mempunyai nama besar, seperti Selecta. Di sini hanya menyediakan kebun apel dengan penataan seadanya, namun hal itu memberi rasa pedesaan dan tentunya berbeda dengan yang sudah modern.

Jadi, kamu pilih yang mana bila ingin petik apel di Kota Batu? (bnl/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED

Liburan Sekolah di Sea World Ancol

Selasa, 25 Jun 2019 06:50 WIB

Di Sea World Ancol, kita bisa liburan sekolah ditemani dengan aneka macam hewan laut. Bahkan kita bisa menyaksikan keseruan pemberian makan di akuarium.