Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 08 Mei 2019 15:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat Ngabuburit

Niken Widya Yunita
detikTravel
Kota Tua Jakarta yang bisa jadi tempat ngabuburit (Syanti/detikTravel)
Kota Tua Jakarta yang bisa jadi tempat ngabuburit (Syanti/detikTravel)
Jakarta - Kota Tua Jakarta memiliki beberapa objek wisata sejarah yang menarik. Apa saja objek wisata di sana yang bisa jadi tempat ngabuburit?

Kota Tua berlokasi di Jalan Pinangsia, Taman Sari, Jakarta Barat. Kamu ke sana bisa naik kereta, kendaraan umum, atau pribadi. Berikut objek wisata Kota Tua Jakarta.



1. Museum Fatahillah

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: Agung Pambudhy
Museum ini sudah sangat dikenal wisatawan. Museum ini tidak jauh dari Stasiun Kota.

Dulu, museum ini berfungsi sebagai balai kota, pengadilan, kantor catatan sipil, tempat ibadah Minggu, dan tempat Dewan Kotapraja.

Gedung ini secara resmi diserahkan kepada Pemda DKI Jakarta pada 1968. Kemudian gedung tersebut diresmikan sebagai Museum Sejarah Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta saat itu, Ali Sadikin.

Museum Fatahillah menyimpan beberapa koleksi barang sejarah berupa benda asli maupun replika. Di sini ada replika peninggalan masa Tarumanegara dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di Kota Jakarta, furnitur-furnitur antik, koleksi keramik, gerabah, prasasti, dan yang lainnya.

Selain itu, di dalam Museum Fatahillah juga terdapat penjara bawah tanah. Disebut-sebut di sana menjadi saksi bisu penderitaan para tawanan.

2. Pelabuhan Sunda Kelapa

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: Hafidz Mubarak A (Antara)
Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan salah satu sejarah Kota Jakarta. Di sini Jakarta dikenal luas oleh dunia.

Orang asing datang ke Indonesia melalui Pelabuhan Sunda Kelapa. Pedagang dari Tiongkok berlayar dengan membawa barang kerajinan berupa keramik dan kain sutera untuk ditukar dengan rempah-rempah. Sedangkan pedagang dari India dan Arab datang membawa kain dan minyak wangi untuk ditukar dengan rempah-rempah.

Saat ini aktivitas di Pelabuhan Sunda Kelapa masih digunakan dan beroperasi sebagai dermaga transportasi laut. Lokasi ini juga dijadikan sebagai spot foto yang menarik bagi para pengunjung.

3. Museum Bank Indonesia

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: (widiarini/d'Traveler)
Tempat ini awalnya merupakan rumah sakit bernama Binnen Hospital. Tahun 1828 dialihfungsikan menjadi bank dengan nama De Javashe Bank (DJB).

Pada tahun 1953, bank tersebut menjadi Bank Sentral Indonesia atau Bank Indonesia (BI). Kemudian BI pindah ke gedung baru pada tahun 1962.

Gedung lama kemudian menjadi Museum Bank Indonesia. Di sana kita akan mendapat pengetahuan tentang sejarah terbentuknya bank sentral di Indonesia.

Ketika memasuki lobi museum, kita akan melihat sebuah kaca patri yang sangat indah. Ada juga sebuah lukisan unik dan antik lainnya.



4. Museum Wayang

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: (Nfadils/d'Traveler)
Objek wisata lainnya di Kota Tua Jakarta yakni Museum Wayang. Di sini kamu akan disuguhi aneka koleksi wayang yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia dan luar negeri.

5. Toko Merah


7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: Ari Saputra
Toko Merah terletak di sekitar Jalam Kali Besar. Bangunan ini berwarna merah.

Dulunya bangunan ini merupakan sebuah toko yang dimiliki oleh warga China. Toko Merah dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Willem Baron van Imhoff dengan konsep sebuah rumah yang besar, megah, dan nyaman.

Tempat ini difungsikan sebagai gedung serbaguna untuk konferensi dan pameran. Kamu bisa berfoto-foto di depan Toko Merah ini.

6. Taman Fatahillah

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: Rengga Sancaya
Taman ini merupakan sebuah lapangan di kawasan Kota Tua. Di sini dekat dengan Museum Fatahillah dan Museum Wayang.

Di bulan puasa ini, tempat ini kerap menjadi tempat ngabuburit. Kamu pun bisa menyewa sepeda dan bermain sepeda keliling taman ini.


7. Jembatan Kota Intan

7 Objek Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bisa Jadi Tempat NgabuburitFoto: Rifkianto Nugroho
Jembatan Kota Intan merupakan jembatan tertua di Indonesia. Jembatan ini dibangun pada 1628 oleh pemerintah Vereenigde Oostindische Compagnie atau VOC.

Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia jembatan ini berganti nama menjadi Jembatan Kota Intan sesuai dengan nama lokasi. Pada masa awal pembangunannya jembatan ini terletak persis di ujung kubu atau bastion Diamond dari Kastil Batavia.

Jembatan Kota Intan ini merupakan jembatan gantung. Dari atas jembatan ini kita dapat melihat kantor pabean, ke arah utara.

Jadi yang mana objek wisata di Kota Tua Jakarta yang akan jadi tempat ngabuburit kamu? (nwy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA