Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 10 Mei 2019 18:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Wisata Religi Masjid di Jadetabek, Ini Rekomendasinya

Shinta Angriyana
detikTravel
Masjid Ramlie Musofa di Sunter (Randy/detikcom)
Masjid Ramlie Musofa di Sunter (Randy/detikcom)
Jakarta - Di bulan Ramadan, ada baiknya umat Muslim mendekatkan diri ke Yang Maha Kuasa. Selain meningkatkan ibadah, juga bisa wisata religi di sejumlah masjid ini.

Ada sejumlah masjid bersejarah dan unik di kawasan Jadetabek. Hal ini dipengaruhi dengan Indonesia sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim. Sehingga, rumah ibadah ini cukup mudah ditemui.

Apalagi di bulan Ramadhan, berwisata religi sambil memperkuat iman pun pasti jadi hal positif. detikcom, Jumat (10/5/2019) telah merangkum sejumlah masjid yang bisa dikunjungi saat bulan Ramadhan ini:

1. Masjid Seribu Pintu

 (Syanti/detikcom) (Syanti/detikcom)


Terletak di Kampung Bayur, Priuk Jaya, Tangerang, ada Masjid yang diusung-usung memiliki 1000 pintu. Inilah Masjid Agung Nurul Yakin.

Karena hal tersebut, masjid ini pun dijuluki 'seribu pintu'. Meski dari luar terlihat redup dan sedikit kumuh, namun masjid ini memiliki bentuk yang unik. Pintu-pintu dan bangunan yang ada terlihat bertumpuk. Di sini, juga terdapat makam Syekh Ami Al Faqir, seorang ulama Banten dan pendiri Masjid ini. Traveler juga bisa ziarah atau beribadah mengisi waktu sebelum berbuka.

2. Masjid Kubah Mas

(Hamdatu Nupus/d'Traveler)(Hamdatu Nupus/d'Traveler)

Di Depok, ada masjid yang tersohor dengan kubah berlapis emas. Inilah Masjid Kubah Mas yang letaknya di Jalan Meruyung, Limo, Depok.

Masjid yang nama aslinya adalah Masjid Dian Al Mahri ini, memiliki kubah yang yang dilapisi emas 22 karat. Almarhum Dian Al Mahri, pemilik masjid membangunnya pada tahun 1999 silam. Arsitekturnya pun mewah nan cantik. Masjid juga memiliki 5b kubah dan 6 menara, merepresentasikan 5 rukun Islam dan 6 rukun Iman.



3. Masjid Istiqlal

 (Edward Febriyanti/detikcom) (Edward Febriyanti/detikcom)

Salah satu Masjid paling populer di Jakarta adalah Masjid Istiqlal. Letaknya pun tidak jauh dari Monumen Nasional.

Dulunya, bangunan Masjid Istiqlal menduduki bekas Taman Wilhelmina, di Timur Laut Lapangan Medan Merdeka. Kini, Masjid tersebut merupakan tempat ibadah umat Muslim populer di Ibukota. Sekaligus jadi lambang toleransi, karena letaknya berhadapan dengan Katedral Jakarta. Bahkan, saking luasnya Masjid Istiqlal, diusung-usung sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.


4. Masjid Cut Meutia

 (Ari Saputra/detikcom) (Ari Saputra/detikcom)


Di Menteng, Jakarta Pusat ada Masjid yang terkenal di sana. Inilah Masjid Cut Meutia. Letaknya berada di Jalan Cut Meutia nomor 1.

Dahulu, bangunan masjid merupakan gedung bekas peninggalan Belanda. Selain itu juga disebut "De Bouwploeg". Ini adalah nama sebuah badan perusahaan Belanda yang dibangun tahun 1879. Kini, masjid sudah menjadi tempat ibadah populer di Jakarta.

5. Masjid Ramile Musofa

(Randy/detikcom)(Randy/detikcom)


Ada Masjid mirip Taj Mahal di Jakarta. Sudah Tahu? Inilah Masjid Ramlie Musofa, letaknya berada di Jalan Danau Sunter Selatan Blok I 10 no.12.

Dibangun sejak 2011, Masjid Ramlie Musofa rampung setelah lima tahun dan baru diresmikan pada 15 Mei 2016. Diketahui, penamaan nama Ramlie diambil dari nama sang pengusaha. Sedangkan kata Musofa merupakan gabungan singkatan dari ketiga nama depan anaknya. Masjid dengan empat lantai ini memiliki ketinggian 35 meter serta kapasitas sekitar 1.000 jamaah. Tak tanggung-tanggung, Bahan marmer yang menghiasi masjid seluas 2.000 meter ini pun kabarnya didatangkan langsung dari Italia dan Turki.

(sna/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA