Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 17 Mei 2019 14:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ngabuburit Asyik Sambil Main Air di Curug Muncar Purworejo

Rinto Heksantoro
detikTravel
Obyek wisata Curug Muncar di Purworejo (Rinto Heksantoro/detikcom)
Obyek wisata Curug Muncar di Purworejo (Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo - Ngabuburit asyik di Purworejo, traveler bisa mampir ke Curug Muncar. Kamu bisa menunggu waktu berbuka puasa sambil main air di air terjun ini.

Ngabuburit atau menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa bisa dilakukan dimana saja. Salah satunya dengan mengunjungi Curug Muncar di Purworejo, Jawa Tengah. Indahnya panorama curug ini akan membius kita hingga tak terasa waktu berbuka puasa telah tiba.

Curug ini terletak di Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Purworejo. Jaraknya sekitar 45 km, dan bisa ditempuh selama sekitar 1 jam dari pusat kota ke arah barat laut.

Jalan menuju air terjun ini berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah di kanan kiri jalan. Tebing-tebing menjulang dan hijaunya perbukitan akan memanjakan siapa saja yang hendak ke sana.

Salah satu obyek wisata andalan di Purworejo ini selalu ramai dikunjungi oleh warga, terutama ketika hari libur, maupun saat bulan Ramadhan. Pengunjung yang rata-rata kalangan kawula muda berbondong-bondong ke air terjun ini sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Ngabuburit Asyik Sambil Main Air di Curug Muncar PurworejoFoto: undefined

Perjalanan menuju curug (Rinto/detikcom)

Setibanya di lokasi, pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air terjun dan sejuknya suasana. Curug ini berada pada ketinggian sekitar 900 mdpl dengan ketinggian air terjunnya sekitar 40 m.

Setiap sudut di area ini bisa dijadikan spot foto selfie, dengan background air terjun serta bongkahan-bongkahan batu yang menghiasi dasar curug. Meski musim kemarau, debit air curug ini tak pernah surut. Dari lokasi air terjun pun kita bisa melihat pemandangan di bawah dengan sangat jelas.

Sejuknya cipratan air yang membasahi suasana sekitar membuat siapa saja betah berlama-lama di sini. Tak salah jika saat bulan Ramadhan tiba destinasi ini dijadikan tempat untuk ngabuburit.

"Bagus banget pemandangannya, buat foto pokoknya keren. Ini saya kesini sama teman-teman untuk ngabuburit, sekalian bawa bekal nanti buat buka puasa di jalan pas pulang atau malah di sini kalau sudah masuk waktu buka, kami rombongan," kata seorang pengunjung, Marni Utami (35) saat ditemui detikcom di lokasi, Minggu (12/5/2019) sore.

Ngabuburit Asyik Sambil Main Air di Curug Muncar PurworejoBanyak muda-mudi ngabuburit di sini (Rinto/detikcom)


Sementara itu, pengunjung lain, Hasanudin (27) juga mengutarakan hal yang tak jauh beda. Dia yang sudah beberapa kali ke Curug Muncar mengatakan bahwa setiap bulan Ramadhan tiba, tempat tersebut selalu ramai dikunjungi oleh warga untuk ngabuburit.

"Ramainya kalau pas hari libur atau pas puasa gini karena banyak yang ngabuburit di sini. Saya sudah beberapa kali ke sini nggak bosen-bosen. Buat foto-foto bagus banget, sangat direkomendasikan buat kawula muda atau siapapun sambil nunggu buka puasa di sini," ucapnya.

Ingin ngabuburit asyik dan beda sambil berpetualang? Silahkan kunjungi Curug Muncar ini. Karena tempatnya yang agak jauh dari pusat kota, sebaiknya kita datang lebih awal agar bisa menikmati suasana indah yang ada lebih lama.

Ngabuburit Asyik Sambil Main Air di Curug Muncar PurworejoAyo ke Curug Muncar! (Rinto/detikcom)
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED