Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 27 Mei 2019 12:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik ke Wonogiri, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi

Aris Arianto
detikTravel
Pantai Sembukan di Wonogiri  (Humas Pemkab Wonogiri)
Pantai Sembukan di Wonogiri (Humas Pemkab Wonogiri)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Wonogiri - Bingung mencari tempat wisata untuk menghabiskan libur Lebaran di Wonogiri? Berikut ragam destinasi wisata di Wonogiri yang bisa kamu kunjungi.

Terletak di wilayah perbatasan Jateng-DIY-Jatim, Wonogiri menawarkan banyak lokasi plesiran nan menarik. Tersaji sangat komplit, mulai dari wisata pantai, wisata air tawar, pegunungan, sampai wisata buatan.

Tarif masuk ke sejumlah tempat wisata itu juga sangat terjangkau, rata-rata Rp 10 ribu per orang. Pun lokasinya terjangkau semua oleh kendaraan, kendati jarak dengan daerah kota terbilang jauh dan menguras tenaga.

Namun capek lelah bakal terobati ketika sudah sampai lokasi. Eksotisme bentang alam daerah ujung tenggara Provinsi Jateng itu akan menghipnotis pengunjung hingga membangkitkan energi kembali.

Dirangkum detikcom, Senin (27/5/2019) ini destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Wonogiri di libur Lebaran 2019.

1. Waduk Gajah Mungkur

Mudik ke Wonogiri, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi (Humas Pemkab Wonogiri)


Waduk yang pernah menjadi yang terbesar se-Asia Tenggara itu sangat mudah dijangkau. Dari pusat kota Wonogiri tidak sampai menempuh perjalanan 10 kilometer. Kampungan air raksasa itu terlihat dekat dari jalur provinsi Wonogiri-Pracimantoro.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Obyek Wisata, Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Wonogiri, Pardianto mengatakan selama sepekan Lebaran pihaknya menargetkan 100 ribu pengunjung datang.

"Kalau tahun lalu, perhari rata-rata jumlah pengunjung adalah 15 ribu, dengan 2.000-an mobil dan 5.000-an sepeda motor. Lebaran tahun lalu juga tercapai target, dari 95 ribu, dapat 98 ribu pengunjung," ungkap Pardianto kepada detikcom.

Sejumlah wahana permainan menjadi primadona pengunjung. Dia menyebutkan seperti taman satwa, perahu wisata, omah jungkir, kampung galau, panggung hiburan, dan waterboom.

2. Museum Karst Indonesia Pracimantoro

Museum Karst Indonesia berada di Desa Gebangharjo Kecamatan Pracimantoro. Sekitar 40 kilometer arah barat daya kota Wonogiri. Lokasinya di lembah sungai Bengawan Solo Purba dan dikelilingi tujuh gua karst.

Di museum ini tersaji komplit bukti bahwa Wonogiri merupakan kawasan karst dan termasuk dalam Gunungsewu Global Geopark Network. Sebut saja diorama kehidupan manusia purba, contoh bebatuan karst, dan proses terbentuknya karst.

3. Pantai Nampu Paranggupito

Mudik ke Wonogiri, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi(Aris Arianto)


Secara administratif Pantai Nampu termasuk wilayah Desa Gunturharjo Kecamatan Paranggupito, sekitar 75 kilometer arah selatan Kota Wonogiri.

Di tempat ini kita bakal menyaksikan debur ombak Samudra Indonesia bertemu hamparan pasir putih dan tebing terjal perbukitan karst. Rimbunnya tanaman pandan duri yang berada di samping kanan dan kiri tangga menuruni tebing menuju pesisir kian menambah eksotis pantai yang juga berbatasan dengan Pacitan, Jatim tersebut.

4. Pantai Sembukan Paranggupito

Pantai Sembukan berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito. Dari Kantor Kecamatan Paranggupito ambil arah lurus ke selatan sekitar 5 kilometer.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Wonogiri, Sentot Sujarwoko mengatakan, Pantai Sembukan juga sering menjadi lokasi pelaksanaan ritual masyarakat adat. Misalnya larung sesaji ketika bulan Suro.

"Tempat parkir luas, fasilitas seperti toilet, rumah makan, dan tempat ibadah, lengkap," kata dia.

5. Air Terjun Setren Girimanik Slogohimo

Mudik ke Wonogiri, Ini 6 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi(Humas Pemkab Wonogiri)


Hawa dingin khas pegunungan kental terasa ketika kita berkunjung ke Air Terjun Girimanik di Desa Setren, Kecamatan Girimarto. Berjarak sekitar 50 kilometer arah timur laut Kota Wonogiri.

Tidak berlebihan jika sekitar lokasi air terjun ini terasa dingin. Sebabnya pantai ini berada di lereng Gunung Lawu sisi selatan.

Ketika melewati jalur menuju air terjun, kita disuguhi pemandangan khas pegunungan. Ada aliran sungai, hamparan sawah, hingga hijaunya sayuran yang dibudidayakan warga setempat.

6. Landasan Pacu Gantole Puncak Joglo Wonogiri

Bagi anda pecinta olahraga pemacu andrenalin, puncak Joglo Desa Sendang Kecamatan Wonogiri cocok dipilih menghabiskan libur Lebaran. Di tempat ini kita bisa melihat Waduk Gajah Mungkur dari atas sambil menikmati sensasi terbang dengan gantole. Puncak Joglo berada di lereng perbukitan yang menjadi tanggul Waduk Gajah Mungkur.

"Kami menyediakan jasa terbang tandem bersama instruktur, sangat profesional dan terlatih. Kami jamin akan ketagihan," ungkap Kepala Desa Sendang, Sukamto.

Menurut dia, kawasan Wonogiri memiliki tingkat thermal atau udara panas tergolong tinggi. Sangat pas untuk olahraga dirgantara seperti gantole maupun paralayang.

"Sering juga menjadi lokasi kejuaraan gantole maupun paralayang tingkat nasional," jelas dia.

Nah, setelah membaca tulisan di atas, lokasi wisata manakah yang menjadi pilihan mu? Mau salah satu, atau dua, atau bahkan semuanya? (sym/fay)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED