Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 16:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

20 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Asyik untuk Mudik Lebaran

Syanti Mustika
detikTravel
Istana Siak Sri Indrapura (Wahyu Setyo Widodo)
Istana Siak Sri Indrapura (Wahyu Setyo Widodo)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Pekanbaru - Lebaran di Pekanbaru jangan hanya main di rumah saja. Yuk kunjungi 20 destinasi wisata ini bersama keluarga.

Momen Lebaran sudah di depan mata. Kamu yang mudik ke Pekanbaru pasti sudah menyiapkan oleh-oleh untuk sanak keluarga di rumah. Sesampai di rumah jangan berdiam diri saja ya, ajak keluarganya jalan-jalan.

Dirangkum detikcom, Kamis (23/5/2019) kamu yang Lebaran di Pekanbaru bisa berkunjung ke destinasi-destinasi ini. Catat ya!

1. Taman Wisata Alam Mayang

Taman wisata ini berada di Jalan H Imam Munandar. Banyak area bermain yang bisa kamu nikmati bersama keluarga di sini, seperti sepeda ait, kolam pancing, wahana bermain anak atau sekedar santai dan piknik. Juga banyak spot instagramamble untuk berfoto bersama keluarga.

2. Taman Agro Sei Pinang

Taman agro seluas 5 hektar ini berada di Jalan Raya Pekanbatu-Bangkinang, tepatnya di Desa Sungai Pinang, Kampar. Di sin ibanyak spot cantik untuk foto-foto yang bisa kamu potret untuk dibagikan di medsos. Selain itu di sini juga ada balai terbuka, kolam pancingan, flying fox, dan lainnya.

3. Pulau Cinta

(Aswir Astaman/d'Traveler)(Aswir Astaman/d'Traveler)

Walau namanya pulau, tapi bukan berada di pinggiran laut. Pulau Cinta merupakan hamparan pasir lembut yang berada di pinggir sungai lho. Di sini kamu bisa bersantiai, naik perahu, main water sport, ATV dan berenang.

4. Museum Sang Nila Utama

Berada di Jalan Jendral Sudirman, museum ini menyimpan ragam koleksi benda seni dan budaya daerah Riau. Selain itu juga benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Riau bisa kamu jumpai di sini.

5. Balai adat Riau

(dok LAM Riau)(dok LAM Riau)

Jika ingin mengenal adat istiadat Riau, datang saja ke Balai Adat Riau yang berada di Jana Diponegoro. Bangunan balai adat yang khas dengan arsitektur Melayu dan warna yang cerah, begitu mencuri perhatian mata.

6. Riau Fantasi

Riau Fantrasi merupakan waterpark yang bsai dikatakan terbesar di Sumatera. Banyak kolam adventure yang bisa kamu jajali bersama keluarga di sini. Selain itu juga ada wahana adrenalin seperti kora-ora, sky tower, wave blaster, speedy coaster dan family swinger.

7. Kota Tua Pekanbaru

Kampung Bandar, kawasan kota tua di Pekanbaru, Riau kini berubah. Dulunya terkesan menyeramkan, tapi kini jadi kinclong dan berwarna-warni. Bagus untuk foto-foto.

Kampung Bandar dan pelabuhan tua Pelindo kini terlihat lebih hidup dan jauh dari kesan kuno dan menyeramkan karena penyelenggaraan Riau Festival 2019 pada 11 April. Kawasan kota tuanya Pekanbaru di tepi Sungai Siak ini menjadi potensi wisata yang lekat dengan kehidupan warga dan sejarah masa lalu di dalamnya.

8. Istana Siak Sri Indrapura

https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2017/01/24/cfa68cdf-833a-4d02-9fe3-4651604a547a.jpg?a=1
(Wahyu/detikcom)

Istana ini merupakan peningalan Kesultanan Siak di masa lalu. Bangunan megah berwarna putih ini selalu menjadi destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Riau. Ragam peninggalan sultan bisa kamu liht di sini dan masih terawat.

9. Masjid Agung An Nur

(Darwance Law/d'traveler)(Darwance Law/d'traveler)

Lebaran nanti kamu juga bisa wisata religi ke Masjid Agung An Nur, yang merupakan masjid termegah di Pekanbaru. Masjid ini sering juga disebut sebagai Taj Mahal nya Pekanbaru.

10. Masjid Senapelan

Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Raya Pekanbaru. Masjid ini adalah salah sau peninggalan Kesultanan Siak dan menjadi salah satu masjid tertua di Riau. Dahulu di masjid terdapat sumur yang airnya dipercaya menyembuhkan. Namun sekarang sumur itu telah ditutup.

11. Desa Wisata Okura

Desa ini diresmikan pada tahun 2010 sebagai desa wisata di Riau. Kamu bisa melihat di sini suku asli Melayu-Riau yang tinggal di rumah-rumah panggung sepanjang Sungai Siak.

12. Menikmati Bono di Sungai Kampar

(Kemenpar)(Kemenpar)

Ada fenomenal unik di Sungai Kampar yaitu ombak Bono. Di sini kamu bisa berselancar layaknya mengarungi ombak di lautan lho. Fenomena Bono pun telah terkenal di mancanegara.

13. Air Terjun Batu Dinding

Walau air terjun ini tidak terlalu tinggi, namun kolamnya lumayan luas. Kamu bisa bebas berenang sambil menikmati hijaunya hutan. Air terjun ini berjarak 2 jam dari pusat Kota Pekanbaru.

14. Pasar Bawah

Jika ingin beli oleh-oleh khas Riau, kamu datang saja ke Pasar Bawah. Lokasi pasar tepat di sisi Sungai Siak dan pelabuhan. Ragam pernak-pernik dan cemilan bisa kamu buru di sini.

15. Candi Muara Takus

(Chaidir/detikTravel)(Chaidir/detikTravel)

Ini adalah satu-satunya peninggalan Hindu di Provinsi Riau. Candi ini unik karena dibuat dari batu pasir, batu sungai dan batu bata. Walau lumayan jauh dari Kota Pekanbaru, candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

16. Sultan Resto

(Faya/detikcom)(Faya/detikcom)

Kamu yang ingin kulineran, datang saja ke Sultan Resto yang berada di Jl Ronggowarsito No 12, Pekanbaru. Dinding di dalam restoran tampil dengan dominan warna putih gading, berhias peta dan foto istana, silsilah dan raja-raja Siak. Sambil menunggu makanan, kita jadi bisa belajar sejarah Pekanbaru dan Siak. Jendela kayu yang lebar dan besar seolah membawa kita ke zaman Kesultanan Siak. Apalagi ada ubin-ubin zaman dulu menjadi penghias dinding.

Menu andalannya adalah Gulai Ikan Patin Asam Pedas Sultan. Ikan asam pedas adalah menu khas Melayu yang lezat. Ada lagi Dendeng Kering Cabe Merah, Kepiting Saus Sultan, Gurame Goreng Selayang Pandang, Kerapu Kecap Sultan, dan Belut Cabe Hijau.

17. Air Terjun Aek Mertua

Air terjun inn berada di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Rokan Hulu, Riau. Air terjun ini memiliki tingkatan berbeda dengan tinggi dari 15-40 meter.

18. Anjungan Seni Idrus Tintin

Sesuai namanya, di sini kamu bisa mlihat ragam pameran seni dan budaya. Bangunan megah dengan arsitektur Melayu yang khas ini selalu ramai dkunjungi wisatawan. Bagus nih untuk foto-foto.

19. Air Terjun Guruh Gemurai

Air terjun lain yang bisa kamu jelajahi adalah Air Terjun Gemuruh. Sesuai dengan namanya, aliran air ini lumayan deras dan menimbulkan gemuruh. Ini adalah salah satu air terjun yang populer di Pekanbaru.

20. Kebun Binatang Sang Kulim

Hanya berjarak 30 menit dari pusat kota, kebun binatang ini memiliki ragam koleksi hewan seperti monyet, burung, ular, landak, dan banyak lagi. Cocok nih untuk ajak anak-anak ke sini.

Nah, itulah 20 destinasi yang bisa kamu kunjungi saat Lebaran di Pekanbaru, Riau. Selamat mudik! (bnl/wsw)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED