Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 29 Mei 2019 19:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Ide Tempat Wisata Mudik di Lombok: Serba Pantai!

Ahmad Masaul Khoiri
detikTravel
Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)
Foto: (Ahmad Masaul Khoiri/detikTravel)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Mataram - Sudah punya ide untuk wisata mudik di libur Lebaran tahun ini? Kalau pulang kampung ke Lombok, banyak tempat asyik nih.

Dihimpun detikcom, Rabu (29/5/2019), begitu banyak destinasi di Lombok yang bisa Anda kunjungi. Yang paling utama di sana adalah pantai-pantai yang begitu banyak dan indah.

Kamu dapat menikmati begitu banyak kawasan pantai di Lombok. Ada satu hal yang jadi sorotan yakni, belum adanya jalan melingkari Pulau Lombok. Jika sudah ada pasti akan lebih mudah untuk menjangkau semua kawasan wisata di sana.

Kabupaten Lombok Barat, Tengah hingga Timur memiliki begitu banyak pantai yang amat eksotis namun ada yang belum diberdayakan secara maksimal. Mari kita list satu per satu yang terkenal di sana.

Kuta Mandalika (Harry/detikcom)Kuta Mandalika (Harry/detikcom)


1. KEK Mandalika

Yang pertama adalah kawasan Mandalika. Kenapa ke sini dulu, karena daerah ini yang paling dekat dengan Bandara Lombok (Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid) juga tergolong dekat dengan Pelabuhan Lembar jika kamu menggunakan jalur darat.

Mandalika mempunyai begitu banyak resor unggulan. Jika tak menginap di sini, jelajahilah pantainya. Ada Pantai Kuta yang begitu panjang dan terkenal dengan pantai pasir mericanya.

Lalu ada Pantai Serenting yang ada di kawasan resor. Kemudian ada Bukit Merese dan di sampingnya ada Pantai Tanjung Aan dengan ujung satunya adalah eks Batu Payung, karena sudah roboh beberapa waktu lalu.

Bukit Malimbu (Shafa/detikcom)Bukit Malimbu (Shafa/detikcom)


2. Kota Mataram dan sekitarnya

Kita akan menuju ke arah Kota Mataram. Di dekatnya ada Pantai Loang Baloq, Meninting, Ampenan hingga Pura Batu Bolong yang memiliki pantai dengan pasir berwarna hitam.

Di sebelahnya ada Pantai Senggigi yang pasirnya sudah berwarna putih. Lalu di sebelahnya ada Pantai Kerandangan, Klui, Setangi yang khas, karena memiliki lahan dengan pohon kelapa di bibir pantainya.

Selanjutnya ada spot unggulan di Lombok, yakni Bukit Malimbu. Adalah bukit dengan jurang di bibir jalannya, laut hijau kebiruan yang bening membuat traveler betah berlama-lama di sini.

Perjalanan berikutnya adalah ke tiga gili yang paling terkenal se-Indonesia. Kamu pasti tahu, yakni Gili Trawangan, Meno dan Air yang memiliki pantai putih, bar-bar berkumpul, hingga alam bawah laut yang sangat cantik.
Jalanan di Sekotong, Lobar (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)Jalanan di Sekotong, Lobar (Ahmad Masaul Khoiri/detikcom)


3. Kawasan Sekotong

Sekotong di Lombok Barat memiliki garis pantai yang cantik. Di kawasan ini juga memiliki Gili Kedis, Gede, Asahan, hingga Layar dengan resor di dalamnya.

Jika hanya ingin bertualang juga bisa. Susurilah jalannya hingga mentok ke Taman wisata Alam Bangko-bangko. Yang spesial di sini adalah Desert Point, yakni kawasan surfing dengan salah satu ombak terbaik di dunia.

Berlanjutlah untuk bertualang hingga ke Lombok Tengah. Ada pantai-pantai cantik nan prawan di sini, dimulai dari Pantai Mekaki, Batudaeng, Tanjung Blongas, Selong Belanak dengan pemandangan warga sedang menggembala kerbau lewat di pantainya, Semeti hingga Pantai Mawun.

5 Ide Tempat Wisata Mudik di Lombok: Serba Pantai!Foto: (Syanti Mustika/detikcom)


4. Pantai di Lombok Timur

Kenapa harus langsung ke Lombok Timur, tidak ke Lombok Utara juga? Utara memang punya garis pantai yang panjang, namun pasirnya hitam. Lokasinya yakni di sepanjang Jalan Raya Bayan, contohnya Pantai Ketapang.

Mari lanjut ke pantai di Lombok Timur. Anda bisa langsung ke Pantai Pink, ya pantai berwarna pink hanya ada beberapa di Indonesia dengan salah satunya ada di Lombok.

Selain itu di sana juga ada Pantai Tanjung Bloam yang penuh pantai berkarang. Ada pula pantai Antak-antak hingga Pantai Tangsi yang juga cantik.

Kesimpulannya, ada begitu banyak pilihan tempat wisata di Lombok. Selain pantai, kunjungilah air terjun hingga kawasan Gunung Rinjaninya!


(msl/fay)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA