Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 01 Jun 2019 22:10 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mudik Lewat Tol Cipali, Bisa Berwisata ke 5 Destinasi Ini

Shinta Angriyana
detikTravel
Waduk Jatiluhur (dok LMS)
Waduk Jatiluhur (dok LMS)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
Jakarta - Bagi traveler yang sudah siap-siap mudik, ada yang ingin melewati Tol Cipali? Sekalian jalan-jalan yuk. Banyak destinasi menarik nih!

Jalan Tol Cikopo-Palimanan membentang sepanjang 116 kilometer di wilayah Jawa Barat. Traveler yang mudik jalur ini, akan otomatis melewati beberapa daerah seperti Purwakarta, Subang dan Majalengka.

Ternyata, di sana banyak berbagai destinasi wisata yang dapat dikunjungi sembari pulang ke kampung halaman lho. Lumayan nih, buat refreshing disela-sela macet atau bosan dalam perjalanan.

PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku pemegang konsesi jalan tol Cipali menerbitkan buku 'Inspirasi Wisata dan Kuliner di Sekitar Jalan Tol Cipali'. Sesuai dengan judul tersebut, buku ini adalah panduan untuk penikmat kuliner maupun para pelancong yang ingin mencari tempat wisata saat menggunakan Tol Cikopo-Palimanan.

"Buku ini sengaja kami kampanyekan dan terbitkan menjelang arus mudik dan balik di lebaran 2019 agar masyarakat selalu well-informed. Dan sebagai upaya strategi kami untuk mengurai kemacetan di dekat Rest Area, jika terjadi kemacetan panjang di dekat RSA, silahkan keluar tol dan carilah restoran atau musala untuk istirahat, lalu kembali masuk ke tol Cipali. Tarif Cipali dihitung Rp 876 per kilometernya sehingga kalau ditotal biayanya sama dengan jika tidak keluar tol," ujar Vice President LMS, Firdaus Azis, seperti dalam keterangan pers kepada dfetikcom, Sabtu (1/6/2019).

Nah, dari sejumlah tempat tersebut, ada 5 destinasi yang bisa jadi pilihan nih, traveler. Berikut selengkapnya:

1. Ciater Tea Mountain, Subang

Mudik Lewat Tol Cipali, Bisa Berwisata ke 5 Destinasi IniFoto: dok. PT LMS


Wilayah Jawa Barat terkenal dengan daerah perbukitan yang sejuk. Salah satunya adalah perkebunan teh Ciater Tea Mountain, yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusantara VIII.

Perkebunan teh yang membentang seluas 1.650 meter ini memiliki pemandangan indah nan romantis. Di sana, juga ada kedai surabi yang bisa jadi alternatif untuk wisata kuliner.

Apabila ingin berkunjung ke sini, traveler bisa menuju Tol Cikopo-Palimanan, keluar gerbang tol Subang di KM 109 lalu belok kanan ke Jl Otto Iskandardinata. Lurus terus sampai bundaran lalu menuju Jl RA Wangsa Ghofrana dan belok kanan ke Jl Letnan Jend. S. Parman. Kemudian belok kiri ke Jl. Jend. Achmad Yani lalu terus ke Jl. Raya Cijambe dan Jl. Raya Cagak-Subang. Kemudian belok kiri ke Jl. Palasari Dua - Babakan Gn. sampai terus ke Jl. Raya Ciater. Tujuan ada di sebelah kiri.

2. Waduk Jatiluhur, Purwakarta

Salah satu tempat wisata ikonik di Purwakarta adalah Waduk Jatiluhur. Di sini, terdapat beberapa wilayah wisata yang bisa dijadikan alternatif lho.

Misalnya saja Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur dan Parang Gombong. Traveler bisa melihat pemandangan waduk, waterpark sampai berkemah di sekitarnya. Ditambah lagi dengan Restoran Jatiluhur yang punya pemandangan cantik mengarah ke waduh dengan hidangan ikan segar.

Mudik Lewat Tol Cipali, Bisa Berwisata ke 5 Destinasi Ini(Elvina Herdiani/d'Traveler)

Untuk mencapai ke sini, traveler bisa ke luar di gerbang tol KM 72 dan ambil jalur Jl Raya Cikopo, kemudian ke Jl Ciganea/Jl Tol Purbaleunyi. Keluar dari Jl Tol Cipularang dan ambil Jl Pramuka dan Jl Ir. H. Juanda ke Jl Waduk Jatiluhur di Jatimekar.

3. Pink Ice Cream, Cirebon

Lagi zaman nih, pergi ke destinasi wisata selfie. Kalau sedang di Cirebon, jangan lupa mampir ke Pink Ice Cream ya.

Inilah tempat wisata selfie dengan berbagai spot buatan yang instagrammable. Mulai dari pisang berwarna pink raksasa, sampai kolam bola yang unik banget. Di dekat sana, juga ada empal asem di RM Empal Asem Haji Abud.

Jika mau ke sini, letaknya berada di Jl. Tuparev No. 168, Kedawung, Kota Cirebon. Akses menuju tempat ini via Tol Cikopo-Palimanan, keluar di gerbang tol Palimanan 2 di KM 188, lalu lurus ke Jl. Otto Iskandardinata. Ambil jalan keluar menuju Plered. Lurus terus di Jl. Tuparev ke area Kedawung. Tempat yang dituju ada di sebelah kanan.

BACA JUGA: Mudik ke Malang, Ini 10 Tempat Wisata Unggulan

4. Paraland Resort, Majalengka

Melihat panorama Majalengka dari ketinggian, maka Paraland Resort adalah tempat terbaiknya. Selain pemandangan indah, ada berbagai wahana menarik lho di sini.

Letak Paraland Resort berada di Puncak Gunung Paten, sehingga traveler bisa melihat kota Majalengka dengan jelas dengan suasana yang sejuk. Wahana seperti outbounf, paintball, zip bike dan flying fox juga bisa ditemukan di sini.

Mudik Lewat Tol Cipali, Bisa Berwisata ke 5 Destinasi IniFoto: dok. PT LMS

Paraland Resort terletak di Jl Gunung Panteng Majalengka, Munjul, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka. Untuk menuju tempat ini bisa melalui Tol Cikopo-Palimanan, keluar di pintu Gerbang Tol Kertajati di KM 158, lalu belok kanan melingkar ke Jl Kertajati-Kadipaten, lalu ke Jalan Siliwangi dan sampai bundaran ambil jalan ke Jl. Siti Armilah, lalu belok kanan ke Jl K.H. Abdul Halim, terus dan kemudian belok kanan ke Sidamukti dan ikuti jalan menuju Paraland Resort.

5. Pantai Legenda Tirtamaya, Indramayu


Mudik Lewat Tol Cipali, Bisa Berwisata ke 5 Destinasi IniFoto: dok. PT LMS


Ingin menikmati daerah pesisir dengan ombak yang menenangkan? Artinya, traveler harus coba ke Pantai Legenda Tirtamaya.

Di sini, traveler bisa menikmati pantai sembari menyeruput es kelapa yang segar. Selain itu, di sekitar pantai juga ada penjual seafood seperti kepiting, ikan, cumi-cumi dan jenis lainnya.

Letaknya berada di Jalan Raya Cirebon-Indramayu, Junyinyuat, Indramayu. Apabila ingin ke sini, traveler melalui Tol Cipali-Palimanan, keluar di Gerbang Tol Kertajati, lalu ambil Jl. Jatibarang - Kadipaten dan Jl. Raya Jatibarang-Indramayu, lalu arahkan perjalanan ke Jalan Raya Juntinyuat kemudian ke Juntikedokan. (sna/aff)

FOKUS BERITA

Kota Wisata Mudik
BERITA TERKAIT
BACA JUGA