Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 09 Jun 2019 08:40 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini 4 Hal Menarik di Rest Area KM 260B Banjaratma Brebes

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes (Randy/detikcom)
Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes (Randy/detikcom)
Brebes - Pemudik yang akan kembali ke Jakarta bisa mampir ke Rest Area KM 260B Banjaratma di Brebes. Berikut 4 hal menarik yang bisa ditemui di sana.

Dioperasikan sejak 17 Maret 2019 lalu, kehadiran Rest Area KM 260B Banjaratma di Tol Pejagan - Pemalang mulai dilirik perhatian. Di musim lebaran ini, namanya mulai dibicarakan para pemudik.

Digadang-gadang sebagai rest area terindah di Indonesia, eks pabrik gula PG Banjaratma ini juga punya banyak hal menarik. Dihimpun detikcom, Minggu (9/6/2019), berikut 4 hal menarik yang bisa traveler temui di sana:

1. Bangunan Cagar Budaya
Ini 4 Hal Menarik di Rest Area KM 260B Banjaratma BrebesFoto: Johanes Randy
Sejarahnya, dahulu eks pabrik gula itu beroperasi di tahun 1913 di bawah Belanda. Pabrik gula tersebut didirikan oleh perusahaan perkebunan yang berpusat di Amsterdam, Belanda, NV Cultuurmaatschappij pada 1908.

Pabrik yang terletaknya di Desa Banjaratma atau sekitar 5 kilometer sebelah barat kota Brebes, mulai beroperasi pada 1913. Keberadaannya dulu menjadi lapangan pekerjaan bagi sebagian warga desa.

Sayang, akhirnya pabrik harus gulung tikar di tahun 1998 akibat tingginya biaya operasional. Tak berapa lama, bangunan itu pun ditetapkan sebagai cagar budaya.

Dari yang tadinya tak terurus, sinergi BUMN pun melirik PG Banjaratma karena lokasinya yang dekat sekali dengan jalan tol. Pemugaran pun dimulai hingga saat ini walau belum beres 100%. Namun, PG Banjaratma kembali berdenyut sebagai rest area kini.

2. Gerai UMKM
Ini 4 Hal Menarik di Rest Area KM 260B Banjaratma BrebesFoto: Johanes Randy
Hidup kembali sebagai rest area, eks pabrik gula PG Banjaratma ini juga menjadi etalase produk lokal bagi para traveler. Memiliki luas 11 hektare, total ada 64 stan UMKM dan 52 stan usaha kategori besar di sini.

Stannya pun bervariasi dari penjual makanan dan minuman, hingga produk lokal dari UMKM binaan BUMN selaku pengembang rest area. Ada banyak pilihan dan semua dijual dengan harga yang cukup kompetitif.

3. Sudut Instagramable
Ini 4 Hal Menarik di Rest Area KM 260B Banjaratma BrebesFoto: Johanes Randy
Dahulu merupakan pabrik gula, sinergi BUMN merevitalisasi eks pabrik gula PG Banjaratma tanpa menghilangkan unsur otentik dari bangunan tersebut. Hasilnya pun bisa traveler lihat lewat sudut-sudut bangunannya yang masih jadul dan bernuansa Belanda.

Dapat dijumpai sejumlah bangunan bata merah yang merupakan bagian dari sisa produksi gula di masa lalu. Begitu juga dengan dinding dan tiang besi bangunan yang masih menyimpan jejak dari masa lalu

Di bagian luar, traveler juga bisa melihat lokomotif lama yang dahulu digunakan untuk mengangkut tebu sebelum diolah menjadi gula. Kini, setiap sudutnya tak lolos dari incaran milenial yang mencari foto Instagramable.

4. Taman botani

Untuk membuat kesan hijau di Rest Area KM 260B Banjaratma, pihak sinergi BUMN dan pengembang juga menghadirkan area hijau bernama taman botani di sisi kiri belakang rest area.

Bersinergi dengan bangunan utama eks pabrik gula, traveler bisa melihat dan menikmati hijaunya rumput serta berbagai tumbuhan yang ada di area tersebut. Santai sejenak di sana tentu bisa melepas rasa penat setelah mengemudi lama.

Berikut beberapa hal menarik yang bisa ditemui di Rest Area KM 260B Banjaratma. Rest area tersebut memang belum rampung 100%, tapi tentunya sudah bisa dinikmati oleh pemudik yang melintas di Tol Pejagan - Pemalang dalam perjalanan ke Jakarta. (rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED