Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Jumat, 28 Jun 2019 13:55 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Ini Lho Jembatan Jokowi Yang Ngehits di Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Jembatan Gantung Mangunsuko di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Jembatan Gantung Mangunsuko di Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Di Magelang ada beberapa jembatan gantung yang dibangun pemerintah. Namun, ada satu jembatan gantung yang hits karena diresmikan Presiden Jokowi.

Ya, jembatan ini namanya Jembatan Gantung Mangunsuko, sesuai nama plakat yang ada. Persisnya jembatan ini berada di Mangunsuko, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang. Bahkan kondisi bangunan dan kontruksi jembatan gantung ini sama sebagaimana jembatan gantung yang dibangun pemerintah.

Kendati namanya Jembatan Gantung Mangunsuko, tapi publik lebih familier menyebut dengan nama Jembatan Jokowi. Hal ini terjadi karena jembatan ini dulu diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi pada 18 September 2017.

Jembatan ini diresmikan oleh Presiden JokowiJembatan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi (Eko Susanto/detikcom)
Semenjak diresmikan Presiden Jokowi pada tahun 2017 ini, publik dan warga sekitar lebih mengenalnya sebagai Jembatan Jokowi. Jembatan gantung sepanjang 120 meter ini yang menghubungkan antara Desa Mangunsuko dan Desa Sumber, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang.

Traveler yang penasaran bisa datang mencoba melintas dan selfie dengan latar belakang jembatan. Bahkan, jika beruntung dan cuaca cerah bisa melihat langsung keindahan Merapi dari jarak sekitar 12 km.

Jembatan tersebut membelah di Sungai Senowo yang persis berada di Lereng Merapi. Kemudian pas kondisi airnya bersih, traveler bisa melihat keindahan pemandangan air mengalir dan bermain.

Panorama dari jembatanPanorama dari jembatan (Eko Susanto/detikcom)
Bagi traveler yang datang dengan mengendarai mobil pribadi, bisa parkir di jalan, kemudian harus jalan untuk menuju jembatan. Namun, bagi traveler yang datang mengendarai sepeda motor di ujung jembatan tersedia lokasi untuk parkir terutama yang datang dari arah Dusun Tutup Ngisor.

"Kami penasaran dengan Jembatan Jokowi. Karena penasaran itu, kami sengaja ke sini untuk selfie dan foto-foto," kata Indrayani (41), warga Blabak, Kabupaten Magelang, yang datang bersama temannya, Rini Astuti (27) saat ditemui detikcom, Kamis kemarin (27/6/2019).

Jadi objek foto di kalangan warga (Jadi objek foto di kalangan warga (Eko Susanto/detikcom)
Hal senada juga disampaikan Dheny Aryanto (38), warga Muntilan. Ia mengaku, sebelumnya juga pernah datang melihat keberadaan jembatan tersebut. Kemudian, datang lagi ke jembatan tersebut untuk mengantarkan kedua keponakan yang datang dari Surabaya.

"Kedua keponakan, Arya dan Saka ini penasaran dengan Jembatan Jokowi. Mereka pas liburan di sini terus ngajak ke mari," tutur Dheny.

Dheny pun menuturkan, jika kedua keponakannya telah berfoto-foto di jembatan tersebut. Bahkan meminta dibuatkan video.

"Tadi sudah foto-foto dan bikin video di jembatan. Mereka tidak takut" katanya.

Simak Video "Karnaval Budaya Magelang, Magelang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/rdy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA