Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 03 Jul 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Tanjung Tinggi, Pantai Ikonik Bumi Laskar Pelangi

Shinta Angriyana
detikTravel
Pantai Tanjung Tinggi di Belitung (Shinta Angriyana/detikcom)
Pantai Tanjung Tinggi di Belitung (Shinta Angriyana/detikcom)
Belitung - Belitung terkenal dengan pantai berbatu granit yang cantik. Salah satu yang harus dikunjungi adalah Pantai Tanjung Tinggi.

Deburan ombak yang tenang, pasir putih bersih ditambah batu granit cantik jadi ciri khas pantai paling terkenal di Belitung. Pantai Tanjung Tinggi terletak tidak jauh dari kota Tanjung Pandan. Kalau dari bandara HAS Hanandjoeddin, hanya 40 menit perjalanan.

detikcom sempat berkunjung beberapa waktu lalu. Saat siang hari di hari Senin, pantai malah ramai turis yang duduk di pesisir atau berenang di laut yang jernih. Terang saja, pantai ini cenderung tenang dan enak untuk bersantai.

Kondisi pantai pun bersih. Nyaris bebas dari sampah-sampah atau bekas bawaan dari pengunjung. Ditambah cuaca yang cerah, cocok banget buat traveler yang gemar menyendiri mencari ketenangan.

Tanjung Tinggi, Pantai Ikonik Bumi Laskar Pelangi Suasana pantai yang tenang dan seru (Shinta Angriyana/detikcom)


Pemandangan batu granit pun jadi salah satu daya tariknya. Tidak heran, apabila banyak pengunjung yang berfoto di atas batu granit. Namun harus tetap hati-hati, karena jika batu basah akan licin dan berbahaya bagi pengunjung.

BACA JUGA: Belitung dan Rumah-rumah Tanpa Pagar

Pantai Tanjung Tinggi juga menjadi salah satu geosite Belitung. Nama 'Tanjung' pun memiliki arti semenanjung atau daerah yang menjorok ke laut, sedangkan 'Tinggi' karena bebatuan granit di sekitarnya yang tinggi-tinggi.

Tanjung Tinggi, Pantai Ikonik Bumi Laskar Pelangi Batuan Granit di sekitar pantai (Shinta Angriyana/detikcom)


Di sekitar pantai, juga ada sejumlah pedagang. Mulai dari makanan, suvenir sampai penyewaan floaties yang kekinian. Bentuknya pun unik, seperti flamingo, unicorn hingga bentuk lucu lainnya.

Paling asyik, menikmati pantai sambil menyeruput es kelapa muda yang segar. Harganya hanya Rp 15-20 ribu saja, cukup pas di kantong.

Pantai Tanjung Tinggi pun terkenal dengan lokasi syuting film legendaris Laskar Pelangi. Beberapa adegan ikonik pun dilakukan di tempat ini. Tidak heran, ini jadi daya tarik pengunjung yang ingin ke Pantai Tanjung Tinggi.

Tanjung Tinggi, Pantai Ikonik Bumi Laskar PelangiWisatawan yang berfoto di sekitar pantai (Shinta Angriyana/detikcom)


Tidak ada biaya yang harus dibayar untuk berkunjung ke Pantai Tanjung Tinggi alias gratis. Waktu paling pas ke sini adalah siang menjelang sore hari, untuk mendapatkan pemandangan yang cerah nan sempurna. (wsw/wsw)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA