Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Senin, 08 Jul 2019 21:15 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mitos Harta Karun Benteng Eksekusi Belanda di Bandung Barat

Yudha Maulana
detikTravel
Foto: Benteng Legokjawa (Tri Ispranoto/detikTravel)
Foto: Benteng Legokjawa (Tri Ispranoto/detikTravel)
Bandung Barat - Belanda menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah Indonesia. Di Bumi Pasundan ini terdapat sebuah benteng eksekusi Belanda yang punya mitos harta karun.

Benteng Legokjawa menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah Kolonial Belanda di Kampung Nyalindung, Desa Cirawamekar, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Bangunan yang diperkirakan dibangun pada tahun 1912-1918 ini masih berdiri kokoh meski bentuk bangunannya sudah tak utuh lagi. Benteng ini berhadapan dengan rel kereta api Bandung-Sukabumi yang berada di lembahnya.

Benteng ini merupakan salah satu benteng yang dibangun Belanda di Cirawamekar, selain Benteng Gedong Dalapan di perbukitan Ganasoli. Warna catnya kusam karena tak terawat dan termakan usia. Tanaman merambat dan menjalar di balik-balik celah bangunan.

Di dalam benteng terdapat delapan ruangan yang berderet ke samping. Tiap ruangan memiliki luas sekitar 2 m x 3,5 m. Semua ruangan itu saling terhubung satu sama lainnya.

Mitos Harta Karun Benteng Eksekusi Belanda di Bandung BaratFoto: Bagian luar benteng (Tri Ispranoto/detikcom)

Tampak luar tiap ruangan itu memiliki satu pintu yang diapit dua jendela. Terlihat baut besi bekas engsel pintu masih menancap di luar dindingnya. Sementara bagian atap benteng tertutupi tanah dan belukar.

Memang awalnya bangunan ini sengaja ditutup semak belukar sebagai bentuk kamuflase agar sulit ditemukan musuh. Konon, di sinilah tentara Belanda bersembunyi, menyimpan senjata dan mengeksekusi musuhnya.

Atap ruangan berbentuk cembung, di tiap dindingnya terdapat sebuah jendela sehingga bisa terlihat isi ruangan di sebelahnya. Ada beberapa lubang galian di dalam bunker tersebut.

"Warga penasaran karena katanya ada harta karun atau benda berharga di dalam bunker tersebut, tapi setelah dibongkar enggak ada apa-apa," ujar Ana Sunaryan(77), sesepuh di kampung tersebut, Senin (8/7/2019).

Mitos Harta Karun Benteng Eksekusi Belanda di Bandung BaratFoto: Bagian dalam benteng (Tri Ispranoto/detikcom)


Selain itu, terdapat coretan vandalisme di bangunan tersebut. Baik di dalam maupun di dalam Benteng Legokjawa. Pasalnya, bangunan ini tak terpantau dan relatif jauh dari tempat aktivitas warga.

BACA JUGA: Tempat Plesiran Orang Belanda Zaman Dulu di Cimahi

Bangunan bunker ini terletak di tengah perkebunan karet dan agak sulit ditemukan. Tak ada papan penunjuk untuk menuju lokasi ini, detikcom pun hanya mengandalkan petunjuk dari warga sekitar.

"Tempat itu mulai jarang dikunjungi, warga pun banyak menanam karet dan pisang di sana," ujar Ana.

Mitos Harta Karun Benteng Eksekusi Belanda di Bandung BaratFoto: Ada mitos harta karun di benteng ini (Tri Ispranoto/detikcom)


Simak Video "Ada Info Korban Tabrak Lari Dibuang di Jalan, Polisi Beri Penjelasan"
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA