Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 11 Jul 2019 16:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mengenal Pura Lempuyang Bali yang Bikin Turis Kecewa

Johanes Randy Prakoso
detikTravel
Pura Lempuyang Luhur di Karangasem, Bali (Brigida Emi Lilia/dTraveler)
Pura Lempuyang Luhur di Karangasem, Bali (Brigida Emi Lilia/d'Traveler)
Karangasem - Beberapa waktu lalu sempat viral cuitan turis yang kecewa dengan Candi Lempuyang di Bali. Berikut profil dari pura yang sangat populer di Instagram tersebut.

Adalah Polina Marinova, seorang editor di majalah asing Fortune yang mengungkapkan kekecewaannya lewat laman Twitter pribadinya (4/7). Datang dan melihat langsung pura Instagramable tersebut dari dekat, Polina dibuat kecewa akan realita yang ada di balik foto Instagramable di sana.

BACA JUGA: Bule Ini Kecewa dengan Foto di Candi Lempuyang, Bali

Sudah bukan rahasia umum, kalau Pura Lempuyang Luhur di Karangasem itu banyak dikunjungi turis yang mencari konten foto. Dalam banyak foto yang dibagikan di media sosial, pura itu kerap dipotret dengan latar Gunung Agung dan refleksi air di bawahnya.

Hanya ketika Polina berkunjung ke sana, gambaran indah akan Pura Lempuyang Luhur yang kerap ia lihat di media sosial buyar dengan realita di lapangan. Ternyata refleksi di bawah pura hanya merupakan efek kaca dan bukan kenyataan di lapangan.

"Harapan dan mimpi saya hancur ketika menemukan bahwa air di bawah 'gerbang surga' nyatanya merupakan efek kaca yang ditaruh di bawah iPhone," cuit Polina.

Cuitan Polina pun viral dan ramai diberitakan media asing seperti News Australia hingga The Insider. Namun, mungkin tak sedikit traveler yang mengenal cerita di balik pura Instagramable tersebut.

Dilihat detikcom dari situs resmi Perpusnas, Kamis (11/7/2019), Pura Lempuyang Luhur merupakan bagian dari Sad Kahyangan Jagad atau merupakan satu dari enam tempat keramat dunia bagi umat Hindu Bali.

Berlokasi di Desa Tista, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, pura yangg berdiri di Bukit Bisnis ini kerap disambangi umat Hindu Bali untuk menyembah Ida Sanghyang Widhi Wasa.

(@nencek/d'Traveler)(@nencek/d'Traveler)
Sedangkan secara filosofi, Pura Lempuyang Luhur juga menjadi pelinggih pesimpangan untuk Mpu Kuturan (arsitek penting konsep desa pakraman, kahyangan tiga serta bangunan suci berbentuk meru).

Bagi wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, keberadaan pura ini pun lebih dikenal lewat 'gerbang surga' yang terletak di bagian tertinggi pura. Untuk mencapai spot ini traveler harus berjalan mendaki 1.700 anak tangga lebih dulu dari area parkir.

Popularitas pura itu pun kerap dimanfaatkan oleh sejumlah pihak yang ingin mencari uang lebih. Salah satunya lewat jasa foto 'Instagramable' berlatar Gunung Agung.

Tentunya tak ada yang salah dengan itu, mengingat realita Instagram seringkali berbeda dengan di dunia nyata. Kembali lagi bagaimana kita menyikapinya dengan baik.

Pulau Dewata Bali juga menyimpan banyak destinasi alam dan budaya indah yang masih alami tanpa perlu 'dibumbui' oleh filter maupun teknik fotografi lainnya.

Simak Video "Belajar Masak Makanan Khas Bali di Desa Sidemen, Karangasem"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED