Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 13 Jul 2019 22:45 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Mau Basah-basahan dan Rileks di Bandung, ke Sini Saja

Yudha Maulana
detikTravel
Curug Tilu Leuwi Opat di Ciamis (Yudha Maulana/detikcom)
Curug Tilu Leuwi Opat di Ciamis (Yudha Maulana/detikcom)
Bandung - Ingin bersantai di air terjun dengan suasana sejuk dan nyaman? Jika ke Bandung, tidak ada salahnya berkunjung Curug Tilu Leuwi Opat.

Bicara soal wisata air terjun, mungkin Curug Tilu Leuwi Opat bisa jadi rujukan bagi Anda yang ingin melepas penat dari rutinitas sehari-hari. Sesuai namanya, Curug Tilu Leuwi Opat merupakan perpaduan dari tiga air terjun dan empat aliran sungai. Objek wisata di Kawasan Bandung Utara ini juga cocok bagi penghobi trekking karena jalurnya yang menantang.

Ada dua pintu untuk masuk ke kawasan Curug Tilu, Anda bisa memilih lewat Ciwangun Indah Camp (CIC) atau melalui pintu Villa Istana Bunga di Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Harga tiketnya pun hanya Rp 10 ribu perorang.

Perjalanan dimulai dengan menyusuri saluran irigasi Sungai Cijanggel, kemudian dilanjutkan dengan melewati jembatan pintu air sebelum masuk kawasan hutan.

Sebaiknya Anda mempersiapkan fisik yang prima karena durasi tempuh menuju curug sekitar 30 menit dengan kontur trek yang menanjak. Belum lagi air yang bocor dari saluran pipa, membuat jalan menjadi licin.

Kendati begitu, suara kicauan burung dan riak suara air bakal mendampingi di sepanjang perjalanan. Trek yang diapit oleh hutan dengan pepohonan yang hijau dijamin bikin betah.

Mau Basah-basahan dan Rileks di Ciamis, ke Sini SajaFoto: (Yudha Maulana/detikcom)


Di tengah perjalanan Anda akan meniti jembatan kayu yang dibawahnya terdapat aliran sungai. Titik ini biasanya digunakan wisatawan untuk berburu foto.

BACA JUGA: Jembatan Gantung Swiss di Ciamis yang Instagramable

Rasa lelah sirna ketika dua curug pertama, Curug Golosor dan Curug Putri menyambut. Air Curug Putri berasal dari tebing setinggi kurang lebih 30 meter. Debitnya kecil, namun airnya jernih. Sementara Curug Golosor berada di sebelahnya dengan debit air yang tinggi.

Perjalanan belum usai, sekitar 40 meter ke depan Anda akan disuguhkan dengan Curug Tilu yang memiliki dua undakan. Ada kolam atau Leuwi Kacapi yang bisa digunakan untuk berendam karena airnya jernih.

Mau Basah-basahan dan Rileks di Ciamis, ke Sini SajaFoto: (Yudha Maulana/detikcom)


Di sekitar lokasi Curug Tilu, ada dua warung yang menjajakan kopi atau mi instan. Warung ini hanya buka setiap hari libur saja.

Disarankan untuk berangkat pagi, karena bila terlalu sore kabut turun dan ada hewan liar. Untuk menjaga kelestariannya sebaiknya Anda membawa kantunf plastik untuk khusus sampah, pasalnya belum ada tempat sampah yang memadai di sana.

Ferry Bangkit (27), wisatawan asal Cimahi mengaku puas setelah datang ke Curug Tilu. "Terbayarlah, karena tempat wisatanya ada tiga enggak hanya satu," kata Ferry kepada detikcom.

Simak Video "Air Terjun Bidadari, Bogor "
[Gambas:Video 20detik]
(wsw/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA