Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 30 Jul 2019 21:50 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

5 Fakta Menarik Umbul Ponggok di Klaten yang Murah Meriah

Lusiana Mustinda
detikTravel
Umbul Ponggok yang jadi incaran wisatawan ketika ke Jogja. Foto: umbul_ponggok/Instagram
Jakarta - Umbul Ponggok jadi tempat rekreasi baru di Klaten. Tak hanya bisa bermain air, tapi juga berfoto underwater dengan beragam spot-spot seru. Penasaran?

Lokasinya ada di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang mampir ke Jawa Tengah.

Berikut beberapa fakta menarik soal Umbul Ponggok yang menarik untuk diketahui yang detikTravel rangkum dari berbagai sumber.

1. Sejarah

Beberapa sumber mengatakan, pada tahun 1920, Ponggok merupakan sebuah kawasan pabrik gula. Nah, fungsi utama Umbul Ponggok awalnya adalah pemasok utama air bagi pabrik tersebut.

Setelah pabrik tutup, sumber mata air ini dijadikan untuk pengairan irigasi areal perkebunan dan pertanian di sekitarnya.

Karena airnya jernih, tempat ini kemudian dialihfungsikan menjadi tempat wisata.
5 Fakta Menarik Umbul Ponggok di Klaten yang Murah MeriahUmbul Ponggok yang indah dari Klaten. Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
2. Wahana Bermain

Wahana bermain yang ada di sini adalah perosotan hingga mainan terapung yang bisa jadi spot menarik. Kalian juga bisa memberi makan ikan sambil menikmati makanan ringan.


3. Foto Underwater

Yang jadi incaran para wisatawan adalah foto underwaternya. Kolam berukuran 50 x 25 meter ini terlihat seperti umbul lain yang airnya bersumber dari mata air alami.

Di dalam kolam air tawar tersebut kamu bisa berfoto dengan berbagai properti seperti bangku, motor, hingga televisi. Pengunjung juga dapat menikmati keindahan dasar umbul dengan cara snorkeling dan underwater walker.

Jangan takut tenggelam. Kamu bisa menyewa peralatan menyelam seperti kaca mata serta pelampung di loket.

4. Dapat Dana Desa

Nama Umbul Ponggok semakin dikenal ketika Presiden Jokowi mengunggah foto underwater umbul. Jokowi memuji penggunaan dana desa yang sudah tepat sasaran. Sehingga pertumbuhan wisatanya meningkat dan berefek pula pada geliat ekonomi.

Berkat tempat wisata ini, Ponggok berubah menjadi sebuah desa yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Dari pariwisata, Desa Ponggok kini bisa mendapat penghasilan sekitar Rp 14 miliar setahun.

5. Syuting Video Klip

Endank Soekamti beberapa waktu lalu sudah merilis video musik yang tidak biasa. Pembuatan video klip ini adalah di dalam air tepatnya di Kolam Mata Air Umbul Ponggok.

Dalam Story of Soekamti di Channel YouTube Endank Soekamti, salah satu kendala yang mereka alami adalah sulitnya memasukkan peralatan ke dalam air. Selain itu mengatur nafas ketika bergerak dan bernyanyi.

Namun semua usaha itu berujung indah. Endank Soekamti selesai menyelesaikan video musik untuk single baru mereka berjudul 'Yakin'.

Tertarik ke sini? Untuk tiket masuk ke Umbul Ponggok seharga sekitar Rp 15 ribu per orang.

Nah kalau detikers mau menyewa peralatan snorkeling disewakan terpisah mulai dari harga Rp 7 ribu. Sedangkan jasa foto underwater dipatok dengan harga Rp 60 ribu per 4 orang dalam waktu 30 menit.

detikers tertarik ke sini?









Simak Video "Umbul Ponggok Rugi Rp 14 Miliar Gegara COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/nwy)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA