Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Agu 2019 21:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Seputar Pantai Klayar di Pacitan: Rute Hingga Tiket Masuk

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Seputar Pantai Klayar di Pacitan: Rute Hingga Tiket Masuk Foto: Mochammad Akbar/dTraveler
Seputar Pantai Klayar di Pacitan: Rute Hingga Tiket Masuk Foto: Mochammad Akbar/d'Traveler
Jakarta - Kabupaten Pacitan mungkin lebih dikenal oleh traveler sebagai Kota Seribu Gua atau sebagai kota kelahiran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, di sana ternyata ada wisata pantai indah yang cukup tersembunyi yaitu Pantai Klayar.

Pantai ini dikenal dengan pasir putihnya serta deburan ombaknya yang cukup besar. Jika kalian berencana mengunjungi Pantai Klayar, simak dulu serba-serbi tentang tempat wisata ini yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.



1. Lokasi

Pantai Klayar terletak di Pacitan, Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri, Jawa Tengah. Tepatnya, pantai ini berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo dan berjarak sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan.

2. Rute

Bagi kalian yang datang dari arah kota Pacitan, kalian bisa mengikuti jalur bis Solo-Pacitan kemudian belok kiri di pertigaan Dadapan. Kemudian belok kanan setelah tiba di Desa Candi. Lurus terus ikuti jalan tersebut sampai kalian menemukan pertigaan selanjutnya. Setelah itu ikuti petunjuk arah yang mengarahkan pengunjung ke Pantai Klayar.

Jika kalian datang dari arah Yogyakarta kalian bisa melalui kota Wonosari di Gunungkidul. Lanjut terus ke arah timur menuju Pathuk dan lanjut terus ke kota Wonosari.

Dari sana, lanjutkan perjalanan ke Pracimantoro. Setelah itu lanjut ke Giribelah di mana kalian akan melewati daerah Punung. Setelah melewati Punung, kalian akan melihat papan nama Pantai Klayar. Setelah ini kalian tinggal mengikuti petunjuk arah yang ada.

3. Tiket Masuk

Harga tiket masuk untuk menikmati keindahan Pantai Klayar cukup terjangkau, yakni Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua dikenakan biaya Rp 2.000 dan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 5.000.



4. Fasilitas

Pantai Klayar telah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Di sana tersedia toilet dan kamar mandi yang bersih. Untuk mengisi perut juga tersedia banyak warung yang berjualan di area sekitar Pantai Klayar. Fasilitas lainnya antara lain mushola, gazebo dan penginapan.

5. Objek Wisata

Pantai Klayar termasuk dalam deretan pantai selatan yang identik dengan ombaknya yang besar. Jadi, pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang.

Tapi tenang saja, di sana ada banyak daya tarik yang bisa kalian nikmati. Sebut saja tebing setinggi kurang lebih 50 meter yang ada di tengah pantai dan bebatuan yang mirip dengan Sphinx.

Ada juga atraksi air mancur alami setinggi 10 meter yang bisa dinikmati pengunjung. Fenomena alam ini terjadi karena tekanan tinggi air laut yang masuk melalui bagian bawah bebatuan. Selain itu, ada juga penyewaan ATV yang bisa kalian gunakan untuk menyusuri bibir Pantai Klayar.

6. Jadi Inspirasi Lagu

Pantai Klayar rupanya menjadi inspirasi bagi penyanyi campursari Didi Kempot. Penyanyi yang dijuluki Godfather of Broken Heart ini merilis lagu berjudul 'Pantai Klayar' dengan lirik yang menyayat hati pada tahun 2017.

Simak Video "Menjelajahi Pantai Klayar Pacitan Menggunakan ATV"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/lus)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA
NEWS FEED