Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 08 Agu 2019 14:22 WIB

D'TRAVELERS STORIES

Yogyakarta, Kota Pelajar Yang Punya Destinasi Beragam

Foto 1 dari 5
Tugu Pal Putih
Tugu Pal Putih
detikTravel Community - Dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta sering jadi tujuan liburan. Wisata yang beragam, harga terjangkau dan kekhasan kotanya membuat Yogya begitu menarik.

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta sering menjadi tujuan destinasi para traveler. Wisata sejarah yang beragam, harga yang terjangkau dan kekhasan kotanya membuat Yogya begitu menarik.

Kata orang, Yogya itu kota yang selalu membuat orang rindu untuk kembali. Faktanya memang begitu, kalau kamu pernah mengunjungi Yogya, kamu akan rindu kota ini.

Kesederhanaan, keramahan dan nilai-nilai budaya yang masih dipegang kuat oleh orang-orang di sini, membuat Yogya begitu istimewa. Tempat-tempat wisatanya juga banyak sekali dan tentunya dengan tiket masuk yang sangat terjangkau.

Sepanjang jalan Malioboro menuju titik nol kilometer, kita akan disuguhkan dengan tempat-tempat bersejarah di Yogya. Ada Pasar Bringharjo, Gedung Agung Yogyakarta, Benteng Vredeburg hingga titik nol kilometer yang tidak pernah sepi wisatawan.

Jika tidak mau lelah berjalan kaki, kamu bisa naik delman ataupun becak. Transportasi tradisional ini akan menagantamu berkeliling Yogya untuk mengunjungi sentra batik, kaos joger hingga pusat pembuatan Bakpia Patuk 25 khas Yogya. Dengan biaya Rp 30 ribu untuk dua orang, kamu sudah bisa keliling dengan becak. Sedangkan untuk delman kamu membutuhkan Rp 100 ribu untuk 4 orang.

Tamansari menjadi tempat yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Yogya. Untuk bisa masuk ke sini, kamu hanya butuh biaya Rp 10 ribu dan Rp 3 ribu jika membawa kamera, sangat terjangkau. Berada di Tamansari akan mengingatkan kita pada kehidupan masyarakat Yogya pada zaman dahulu.

Bentuk bangunan yang masih asli terawat, juga bagian-bagian penting yang dahulu sering digunakan oleh keluarga kerajaan. Saat ini, tempat-tempat tersebut tidak lagi digunakan oleh keluarga kerajaan, namun sudah dijadikan spot foto menarik terutama untuk para millennial.

Dari Tamansari, kita bisa langsung ke Keraton Yogyakarta. Di sini, kita hanya membayar Rp 10 ribu untuk tiket masuk dan Rp 2 ribu jika membawa kamera. Tidak diragukan lagi, Keraton Yogyakarta sudah sangat terkenal, baik oleh wisatawan Indonesia maupun mancanegara.

Setiap sudut keraton ini memiliki kekhasan tersendiri. Setiap bagian dari keraton juga memiliki cerita serta fungsi masing-masing. Sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat ini jika ke Yogya.

Jika ingin berkunjung ke tempat wisata yang agak jauh dari Kota Jogja, kamu bisa mengunjungi Candi Prambanan. Saat ke sana, aku memutuskan untuk berkeliling candi pada sore hari, karena jika siang hari, akan terasa sangat panas.

Biaya masuk Candi Prambanan ini Rp 40 ribu untuk wisatawan domestik. Berkunjung ke tempat ini aku seperti diingatkan lagi pelajaran sejarah sejak SD hingga SMA. Candi Prambanan tidak pernah luput dari bahasan sejarah pada setiap tingkatan pendidikan.

Sekitar Candi Prambanan ini terdapat banyak kafe atau tempat makan yang bisa kamu pilih. Kamu juga bisa mengunjungi museum gratis, namun museum ini tutup jika sudah pukul 4 sore. Ada juga beberapa jasa foto jika kamu ingin berfoto di sekitaran candi. Untuk anak-anak juga disediakan area bermain.

Jika ingin membeli oleh-oleh, tenang saja. Saat perjalanan menuju pintu keluar, kamu akan melewati pasar yang menjual berbagai macam barang yang bisa kamu jadikan oleh-oleh. Mulai dari batik, makanan hingga kerajinan tangan. Sejak tahun lalu saya ingin sekali ke Yogya, namun baru bisa terwujud di tahun ini.

Salah satu destinasi impian saya yang belum terwujud adalah Dubai. Salah satu negara yang berada di kawasan Uni Emirate Arab ini memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Negara modern yang sangat menjunjung tinggi agama Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Rakyatnya yang makmur dan damai, serta kecanggihan teknologi yang dimilikinya membuat kota ini sangat menarik. Selama ini, aku hanya melihat keindahan Dubai melalui media sosial ataupun foto-foto unggahan teman-teman traveler yang sedang berkunjung ke sana.

Jika berkesempatan mengunjungi Dubai, tentu saja aku yang akan menceritakan setiap sudut dari negara ini. Semoga saja, salah satu impian besar aku ini bisa segera terwujud.
BERITA TERKAIT
BACA JUGA