Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 21 Agu 2019 06:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Telaga Sarangan, Wisata Alam Seru dan Sejuk di Jawa Timur

Telaga Sarangan yang indah. Foto: (iStock)
Telaga Sarangan yang indah. Foto: (iStock)
Jakarta - Mampir ke Jawa Timur, kamu bisa jalan-jalan di Telaga Sarangan. Tak hanya bisa melihat sunrise dan danau indah, kamu juga bisa menikmati ragam kuliner enak lho.

Wisata ke telaga tidak kalah seru, wisata alam ini menyajikan keindahan panorama dan ragam fasilitas yang bisa kamu manfaatkan untuk merefresh hari penatmu. Salah satunya ialah Telaga Sarangan, telaga yang berada di lereng Gunung Lawu, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Telaga Sarangan Magetan ini memiliki luas sekitar 30 hektar dan memiliki kedalaman hingga 28 meter. Tiap tahunnya, banyak pengunjung yang tertarik untuk mengunjungi objek wisata alam ini, karena dinginnya udara yang menyejukkan pikiran.

Nah, sebelum kamu berkunjung ke sana. Ada baiknya ketahui informasi mengenai Telaga Sarangan Jawa Timur berikut ini.

1. Telaga Alami di Jawa Timur

Telaga Sarangan adalah telaga pasir alami yang terletak di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Walaupun terletak di lereng Gunung Lawu, jalanan menuju ke sana sudah bagus.

Meskipun telaga ini terbuat secara alami, pengelolaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah sudah diupayakan, hal ini dibuktikan dengan tingginya peningkatan jumlah pengunjung di kawasan objek wisata Telaga Sarangan ini.


2. Rute Menuju Telaga Sarangan

Rute termudah yang bisa kamu lalui jika sudah sampai di Kota Magetan, Jawa Timur, kamu akan menemukan papan yang memberitahukan arah menuju kawasan Telaga Sarangan. Kamu juga bisa menuju arah ke kabupaten Karanganyar setelah melewati kota Magetan, maka di pinggir jalan akan terlihat panorama telaga yang sangat indah.

Jalan menuju Telaga Sarangan lainnya dengan menggunakan tranportasi umum, seperti kereta api. Turun di stasiun Solo Balapan, kamu bisa melanjutkan menaiki bis jurusan Palur. Sesampainya di Palur, kamu menaiki bis jurusan Tawangmangu. Dan dilanjutkan dengan menggunakan bis mini menuju Telaga Sarangan.

Telaga Sarangan di Jawa Timur.Telaga Sarangan di Jawa Timur. Foto: (iStock)

3. Harga Tiket Masuk Terjangkau

Destinasi wisata dengan harga terjangkau memang selalu menarik wisatawan lokal. Tiket Telaga Sarangan untuk orang dewasa sekitar Rp 19.000, untuk anak-anak berkisar Rp 14.000. Terjangkau kan?

Dengan harga segitu, kamu sudah bisa mendapatkan asuransi dari pihak Jasa Raharja. Sedangkan, untuk tarif parkir kamu dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan doa empat.

4. Penginapan Harga Terjangkau di Telaga Sarangan

Buat kamu yang menikmati objek wisata ini bersama keluarga, kamu bisa memanfaatkan fasilitas penginapan, seperti hotel di Telaga Sarangan. Jadi, kamu tak perlu khawatir karena punya waktu lebih untuk menjelajahi lebih lanjut objek wisata ini.

Penginapan yang ditawarkan, mulai dari model hotel hingga wisma. Tentu saja, tarif yang ditawarkan berbeda tergantung dengan jenis model penginapan apa yang akan kamu pilih. Mulai dari harga Rp 150.000 hingga Rp 700.000 kamu sudah bisa menginap di sini. Lokasi penginapan pun bisa kamu pilih berdasarkan permintaan keinginanmu dengan pihak penginapan, bisa di tepi telaga atau berada di dekat rumah penduduk sekitar.

Naik kuda di Telaga Sarangan.Naik kuda di Telaga Sarangan. Foto: (iStock)

5. Naik Speedboat atau Naik Kuda

Selain menyuguhkan suasana tenang, kamu bisa memilih beberapa fasilitas seru yang bisa kamu coba, seperti naik speedboat.

Untuk memicu adrenalinmu, kamu bisa nih mengelilingi luasnya Telaga Sarangan dengan speedboat. Dari segi keselamatan, tenang saja kamu sudah mendapatkan pelampung yang siap kamu gunakan saat berkendara. Tarif yang dikenakan untuk menaiki speedboat dengan kapasitas 3-4 orang ini sekitar Rp 60.000 per satu putaran dan Rp 150.000 per tiga putaran.

Kalau kamu ingin lebih menikmati suasana alam sekitar dengan santai, kamu wajib mencoba menaiki kuda di sekitaran Telaga Sarangan nih Detikers. Untuk tarif biaya dikenakan sekitar Rp 50.000 per putaran.

6. Wisata Kuliner di Telaga Sarangan

Berkeliling wisata ini pasti menguras tenaga kamu nih Detikers, di Telaga Sarangan kamu bisa menikmati makanan dan minuman enak dan terjangkau yang dapat mengenyangkan perutmu.

Salah satu kuliner yang wajib kamu cicipi di sini ialah sate kelinci. Tapi, jika kamu tidak mampu untuk mencobanya, kamu bisa memesan kuliner lain, seperti nasi pecel khas Telaga Sarangan, nasi rawon , jagung bakar, dan sebagainya.

7. Ragam Oleh-Oleh Telaga Sarangan

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu wisata, tidak membawa buah tangan asli dari tempatnya. Di Telaga Sarangan, ada ragam buah tangan yang bisa kamu bagikan kepada keluarga atau rekan kerja.
Mulai dari kerajinan tangan dari anyaman bambu, aksesoris, makanan ringan khas Jawa Timur, dan tanaman sayur hijau segar yang bisa kamu bawa atau tanam di pekarangan rumah.



Simak Video "Berperahu Di Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT