Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Selasa, 27 Agu 2019 09:20 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Dikira Nepal, Padahal Ini di Magelang

Eko Susanto
detikTravel
Suasana perkampungan Dusun Butuh, Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Suasana perkampungan Dusun Butuh, Magelang (Eko Susanto/detikcom)
Magelang - Pemukiman satu ini sempat viral di media sosial karena disangka di Nepal. Padahal aslinya ada di Dusun Butuh, desa tertinggi di Magelang.

Destinasi wisata di Kabupaten Magelang, beragam jenisnya. Bukan hanya Candi Borobudur saja, wisatawan bisa juga bermain menuju desa tertinggi yang berada di lereng Gunung Sumbing.

Lokasi dusun tertinggi di Kabupaten Magelang, berada di Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik. Desa wisata ini berada di ketinggian sekitar 1.700-an mdpl.

BACA JUGA: Bukit Rhema Siap Jadi Destinasi Wisata Religi Untuk Semua Agama

Di dusun ini rumah-rumah pun berderetan persis berada di bawah Gunung Sumbing. Bahkan, foto keberadaan dusun tersebut beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial. Netizen pun ada yang menyebut foto tersebut bukan di Nepal, melainkan di Kaliangkrik, Magelang.

Traveler yang suka dengan pemandangan alam maupun tracking bisa berkunjung menuju dusun ini. Bagi traveler yang datang dari luar kota, untuk sampai lokasi ini disarankan agar ekstra hati-hari karena kondisi jalan yang menanjak.

(Eko Susanto/detikcom)(Eko Susanto/detikcom)
Kemudian, sebaiknya mengendarai sepeda motor maupun mobil yang kuat. Nantinya, di sepanjang perjalanan dari di kawasan ini akan melihat hamparan tanaman sayur mayur menghijau. Kemudian, jika pas terang bisa melihat keindahan Gunung Sumbing dari kejauhan.

"Wisatawan yang datang kesini bisa membeli sayuran yang fresh langsung dari petani dan jajanan gethuk asin dari bahan jatung serta ketela," kata Lilik Setiyawan, Kepala Dusun Butuh saat dihubungi, akhir pekan lalu.

Selain itu, bagi yang hobi naik gunung, desa ini merupakan salah satu basecamp pendakian menuju Gunung Sumbing. Di depan basecamp ini, pengunjung bisa melihat pemandangan dari kejauhan sambil mencicipi tempe goreng maupun menyeruput kopi.

BACA JUGA: Punthuk Setumbu, Spot Sunrise Favorit di Magelang

Lilik pun mengakui, keberadaan dusun tersebut sempat viral di media sosial yang menyebutkan sama dengan di Nepal. Hal ini, mengingat terlihat deretan rumah milik warga berada di lereng Sumbing.

"Oh ya, setelah viral foto dusun ini. Orang berdatangan ke sini melihat rumah warga. Ada juga yang datang sampai sini, terus jalan-jalan sampai di pos 1," tuturnya.

(Eko Susanto/detikcom)(Eko Susanto/detikcom)
Saat naik menuju Dusun Butuh, Desa Temanggung, Kecamatan Kaliangkrik, sempat bertemu dengan Kevin Ramadani (21). Ia yang datang bersama teman-temannya sengaja jalan-jalan di dusun tersebut.

"Udara di sini sejuk. Pemandangannya bagus dan luar biasa. Kami tahu kalau kemarin sempat viral kayak di Nepal," ujarnya.

Hal senada disampaikan pengunjung lain, Tifah (21). Kawasan sini udaranya sejuk dan pemandangannya indah sekali.

"Sejuk, indah, segar," tuturnya sambil nyruput kopi dan menikmati tempe goreng.

Simak Video "Hutan di Lereng Merbabu Nyaris Gundul Gegara Terjangan Angin Kencang"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA