Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Kamis, 29 Agu 2019 17:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Masjid Istiqlal dan Wujud Toleransi Nyata di Ibu Kota Jakarta

Shinta Angriyana
detikTravel
Masjid Istiqlal (Isfari Hikmat/detikcom)
Masjid Istiqlal (Isfari Hikmat/detikcom)
Jakarta - Jakarta adalah kota dengan aneka ragam budayanya. Ada Masjid Istiqlal, wisata religi yang menjadi ikon toleransi ibu kota.

Masjid Istiqlal menjadi salah satu tempat ibadah umat Muslim paling ikonik di Jakarta. Tidak heran, bukan saja umat Islam yang berkunjung, wisatawan lokal maupun internasional acap kali menjadikan Masjid Istiqlal sebagai spot wisata.

Tahun 1953, sejumlah tokoh Islam berencana membuat masjid sebagai simbol kemerdekaan RI. Tokoh-tokoh tersebut yakni Wahid Hasyim, Anwar Tjokroaminoto dan Agus Salim serta sejumlah masyarakat.

Para tokoh tersebut sepakat memberi nama 'Istiqlal', yang dalam Bahasa Arab artinya kemerdekaan. Akhirnya, setahun setelah perencanaan tersebut dibentuklah yayasan untuk membuat panitia pembuatan Masjid. Desain pun diperoleh dari sayembara dengan pemenang seorang arsitek Nasrani bernama Frederich Silaban. Masjid Istiqlal kemudian dibangun tahun 1961 dan selesai tahun 1978.

Masjid Istiqlal dan Wujud Toleransi Nyata di Ibu Kota Jakarta(Grandyos Zafna/detikcom)


Wujud toleransi tidak berhenti sampai dalam proses pembuatan. Letak Masjid Istiqlal di depan Gereja Katedral, yang memiliki arsitektur neo gotik Eropa. Tentunya, simbol inilah yang menjadi persatuan dalam perbedaan.

Menurut Kementerian Agama RI, Masjid Istiqlal menempati luas tanah mencapai 93.200 meter persegi, dengan luas bangunan 24.200 meter persegi. Dengan daya tampung mencapai 200 ribu orang, terdapat 20 pengurus masjid tetap di sana.

Selain itu, Masjid Istiqlal juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas. Antara lain tempat salat, tempat penitipan sepatu dan sandal, tempat berwudhu aula, hingga perpustakaan. Bahkan, juga dilengkapi dengan akses internet, taman dan ruang belajar Al Quran.

Masjid Istiqlal dan Wujud Toleransi Nyata di Ibu Kota Jakarta(Isfari Hikmat/detikcom)


Bukan saja sekadar fasilitas, Masjid Istiqlal juga menggelar sejumlah kegiatan. Seperti zakat, infaq dan sadaqah (ZIS), Tempat Belajar Al Quran (TPA), ibadah rutin salat wajib, Salat Jumat, dan Salat Id.

Karena menjadi ikon keislaman ibu kota saat ini, Masjid Istiqlal pun menjadi salah satu yang wajib dikunjungi saat di Jakarta. Bahkan, disebut-sebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara.

Masjid Istiqlal dan Wujud Toleransi Nyata di Ibu Kota Jakarta(Farih/detikcom)

Nah, wisata religi pun dapat menjadi opsi untuk rekreasi sekaligus mengenal kepercayaan lebih dalam. Selain mengunjungi tempat ikonik, traveler juga bisa pergi ke berbagai festival.

Salah satu festival yang akan digelar adalah Jakarta Muharram Festival yang akan digelar pada Sabtu, 31 Agustus 2019 mendatang. Acara ini akan dimeriahkan oleh artis-artis Tanah Air seperti Kotak, Opick, Pasha, Wali, Bimbo, Fatin, dan masih banyak lagi. Selain itu, Jakarta Muharram Festival akan live di Trans TV mulai pukul 20.00 dan live streaming di detikcom pukul 17.00 WIB.

Simak Video "Sambut 1 Muharam, Warga Salat Berjamaah di Bundaran HI"
[Gambas:Video 20detik]
(sna/fay)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA