Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Rabu, 04 Sep 2019 05:31 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Serba Serbi Pulau Seribu yang Wajib Kamu Tahu Nih!

Pulau Seribu. Foto: (Adipta Nur Pratama/dTraveler)
Pulau Seribu. Foto: (Adipta Nur Pratama/dTraveler)
Jakarta - Pulau Seribu punya beragam wisata yang menyenangkan. Lokasinya tak jauh dari ibu kota, pulau ini sering jadi tujuan wisata orang Jakarta.

Nama resmi Pulau Seribu adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 sekitar 23.897 orang. Kepulauan Seribu yang terdiri dari perairan dan pulau seluas 4.745,62 km persegi ini termasuk kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara.

Nah, buat kamu yang belum tahu Pulau Seribu ada berapa pulau. Kabarnya, Pulau Seribu memiliki 110 pulau dan 11 diantaranya ialah pulau berpenghuni. Jadi, jumlah pulau di Kepulauan Seribu tidak sesuai dengan namanya ya Detikers.

Kesebelas pulau tersebut terdiri dari Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Kelapa Dua, dan Pulau Sebira.

Di kepulauan ini, kamu juga bisa menemukan tempat wisata menarik yang bisa kamu manfaatkan sebagai penghilang penat dari semua aktivitasmu.

Buat kamu yang masih belum tau Pulau Seribu dimana dan ada apa saja? Yuk simak, berikut ini fakta-fakta mengenai Pulau Seribu Jakarta yang bisa kamu jadikan destinasi wisatamu.

1. Letak Pulau Seribu

Pulau Seribu adalah gugusan kepulauan yang termasuk dalam kawasan pelestarian alam laut, terletak sekitar 45 km di sebelah utara Jakarta. Pusat pemerintahan Pulau Seribu terletak di Pulau Pramuka sejak tahun 2003, sedangkan dua kecamatan di Pulau Seribu berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Pulau Seribu yang bisa jadi tempat wisata.Pulau Seribu yang bisa jadi tempat wisata. Foto: (Agoeng Widodo/d'Traveler)

2. Transportasi ke Pulau Seribu

Terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa kamu pilih nih Detikers, yaitu

- Kapal tradisional (kapal kayu) dan Kapal feri berada di Pelabuhan Kaliadem, terletak di belakang Pasar Ikan Muara Angke.
-Kapal Cepat (speedboat/ KM. Kerapu), naik dari Dermaga Marina, Ancol.
-Kapal PELNI, naik dari Pelabuhan Sunda Kelapa.

Sedangkan untuk kisaran biaya tranposrtasi tersebut berbeda-beda (tujuan pulau apa dan jenis transportasi) ya Detikers.

- Kapal tradisional sekitar Rp 40 ribu - Rp 86 ribu per orang.
- Kapal feri (KMP Kundur) untuk dewasa sekitar Rp 36 ribu - Rp 46 ribu, sedangkan untuk anak-anak sekitar Rp 24 ribu - 33 ribu.
-Speedboat atau KM. Kerapu sekitar Rp 40 ribu - Rp 50 ribu per orang.
- Kapal PELNI, untuk KM Sabuk Nusantara 46 sekiatr Rp 15 ribu per orang dan Express Bahari sekitar Rp 75 ribu - Rp 125 ribu per orang.

Kamu tinggal pilih dan sesuaikan ya dengan budget perjalananmu.


3. Wilayah Ibu Kota yang tak dilalui Transjakarta

Moda transportasi di Pulau Seribu menggunakan kapal karena terdiri dari gugusan pulau. Kepulauan Seribu jadi satu-satunya wilayah di DKI Jakarta yang belum bisa dilalui dengan moda transportasi darat khususnya moda transportasi khas ibukota yaitu Kereta Commuter Line, Bis Transjakarta, MRT dan LRT.

4. Pulau Seribu termasuk dalam Taman Nasional Kepulauan Seribu

Luas perairan di Kepulauan Seribu sekitar 22,65 % atau sekitar 44 pulau yang termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu. Hal itu berarti Pulau Seribu merupakan rumah bagi puluhan jenis karang, ikan satwa laut lainnya.

Terutama satwa langka yang dilindungi seperti penyu hijau. Juga terdapat Kepulauan Seribu yang memiliki pulau suaka alam, yaitu Pulau Rambut dan pulau cagar budaya, Pulau Onrust.

Jadi, jaga tindakan ya Detikers untuk tidak sembarangan memegang satwa laut di sana.

Pulau Tidung, Pulau Seribu.Pulau Tidung, Pulau Seribu. Foto: (Ria Rahmawati/d'Traveler)

5. Jembatan Antarpulau di Pulau Tidung

Sejak tahun 2005, masyarakat sekitar telah membangun jembatan sederhana yang terbuat dari drum-drum yang diikat. Lalu, pada tahun 2012 dibangun jembatan, yaitu Jembatan Cinta.

Jembatan tersebut menghubungkan antara Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.

6. Pesona Wisata di Pulau Seribu

Selain 11 pulau berpenghuni, terdapat pula Pulau Seribu travelling yang dijadikan sebagai pulau wisata, seperti Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dan sebagainya.

Di setiap pulau juga menyuguhkan pariwisata yang berbeda, misalnya di Pulau Tidung yang terkenal dengan keramahan penduduk lokal dan budaya pohon mangrove, lalu ada Pulau Sepa yang terkenal sebagai The Paradise for Diver di Jakarta.

Jika kamu tertarik untuk menginap kamu juga bisa menikmati resort di pulau terpencil, Pulau Kotok. Atau tertarik dengan berkemah? kamu bisa datang ke Pulau Semak Daun.

Adapula alternatif pilihan lain untuk kamu yang punya waktu terbatas antara lain kamu bisa merencanakan one day trip untuk berwisata laut maupun sejarah dengan berkunjung ke Pulau Onrust.

Jadi, kapan kamu bisa berwisata ke Pulau Seribu Detikers?



Simak Video "Pesona Keindahan Pulau Seribu, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)
BERITA TERKAIT