Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Sabtu, 07 Sep 2019 07:30 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Kebun Raya Cibodas, Tempat Wisata Alam yang Sejuk dan Edukatif

Virgina Maulita Putri
detikTravel
Kebun Raya Cibodas, Tempat Wisata Alam yang Sejuk dan Edukatif Foto: (Eko Pujiansah/dTraveler)
Kebun Raya Cibodas, Tempat Wisata Alam yang Sejuk dan Edukatif Foto: (Eko Pujiansah/d'Traveler)
Jakarta - Ingin kabur dari panas dan sesaknya Jakarta ke tempat yang lebih sejuk? Kebun Raya Cibodas mungkin bisa dimasukkan ke dalam daftar tempat wisata yang bisa kalian kunjungi.

Letaknya yang tidak begitu jauh dari Jakarta menjadikan Kebun Raya Cibodas tempat wisata yang cocok untuk berakhir pekan. Di sini kalian tidak hanya bisa menikmati pemandangan dan koleksi aneka botani yang ada, tapi juga banyak belajar tentang alam dan tumbuhan-tumbuhan yang tidak umum ditemukan di Indonesia.



Ingin tahu sejarah dan daya tarik apa saja yang dimiliki Kebun Raya Cibodas? Yuk simak fakta-fakta berikut yang dirangkum detikTravel dari berbagai sumber.

1. Sejarah Singkat

Kebun Raya Cibodas didirikan pada 11 April 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann yang saat itu merupakan kurator Kebun Raya Bogor. Saat pertama kali berdiri Kebun Raya Cibodas mengusung nama Bergtuin te Tjibodas (Kebun Pegunungan Cibodas).

Awalnya kebun raya ini ditujukan untuk tempat aklimatisasi tumbuhan-tumbuhan asal luar negeri dengan nilai ekonomi tinggi, seperti pohon kina. Kemudian Kebun Raya Cibodas berkembang menjadi bagian dari Kebun Raya Bogor.

Baru pada tahun 2003 Kebun Raya Cibodas berdiri mandiri sebagai Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas. Saat ini Kebun Raya Cibodas berada di bawah pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas.

2. Alamat

Kebun Raya Cibodas berada di kaki Gunung Gede dan Gunung Pangrango di ketinggian sekitar 1.300 hingga 1.425 meter di atas permukaan laut. Lokasi yang cukup tinggi membuat suhu di area ini cukup dingin dengan rata-rata temperatur 20,06 derajat Celcius.

Alamat Kebun Raya Cibodas bertempat di Jl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kec. Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 100 km dari Jakarta dan sekitar 80 km dari Bandung.

3. Daya Tarik Utama

Dengan luas area mencapai 84,99 hektar, Kebun Raya Cibodas memiliki banyak objek wisata yang bisa kalian nikmati. Beberapa di antaranya adalah:

- Taman Sakura. Tidak perlu jauh-jauh ke Jepang, kalian bisa menikmati keindahan bunga sakura di Kebun Raya Cibodas. Di Taman Sakura ini terdapat lima jenis bunga sakura yang berbunga dua kali dalam setahun yakni pada Januari-Februari dan Agustus-September.

- Air Terjun. Kalian juga bisa basah-basahan di area Kebun Raya Cibodas karena ada dua air terjun yang menyegarkan yaitu Curug Cibogo dan Curug Ciismun.

- Rumah kaca. Rumah kaca atau green house ini ada di sebelah barat dan berisi berbagai tanaman koleksi. Ada kaktus, anggrek dan beberapa tanaman langka lainnya. Ada sekitar 4.000 tanaman dari 350 jenis kaktus dan 360 jenis anggrek tersimpan di rumah kaca ini.

Tidak jauh dari rumah kaca ini kalian bisa menemukan bunga bangkai. Sayangnya, bunga ini hanya berbunga pada waktu-waktu tertentu saja.

- Taman Rhododendron. Bunga cantik lainnya yang bisa kalian nikmati di sini adalah Rhododendron atau yang dikenal dengan nama Azalea. Ada tiga jenis Rhododendron yang ditanam di Kebun Raya Cibodas yaitu Rhododendron javanicum dari Jawa, Rhododendron macgregoriae dari Papua dan Rhododendron mucronatum dari Jepang.

- Taman Lumut. Siapa sangka di Indonesia ada taman lumut outdoor terbesar di dunia? Taman seluas 1.300 meter persegi ini memiliki sekitar 235 jenis lumut yang dibagi dalam tiga kelompok yaitu lumut hati, lumut tanduk dan lumut sejati.

- Taman Paku-pakuan. Taman ini sudah ada di Cibodas sejak zaman Belanda. Di sini kalian bisa menikmati sekitar 34 jenis tanaman paku-pakuan yang datang dari berbagai negara.



4. Fasilitas

Fasilitas umum di Kebun Raya Cibodas terbilang lengkap seperti parkir luas, toilet, mushola, pusat informasi dan tempat jajanan. Selain itu ada juga fasilitas untuk pendidikan seperti perpustakaan dan gedung konservasi.

Untuk kalian yang lelah berjalan-jalan, bisa menumpang bus mini Wara Wiri dengan membayar Rp 10.000 sekali jalan. Kalau ingin menginap juga tersedia guest house yang bisa direservasi secara online.

5. Harga Tiket

Harga tiket Kebun Raya Cibodas adalah Rp 16.500 per orang. Kalian juga bisa membawa masuk kendaraan pribadi untuk mengelilingi area Kebun Raya Cibodas. Harga tiket untuk motor sebesar Rp 5.000 dan untuk mobil Rp 16.000. Tapi untuk tanggal merah kendaraan roda dua tidak bisa dipakai mengelilingi area kebun raya.

Simak Video "Taman Lalu Lintas, Bandung "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA