Welcome d'travelers !

Ayo share cerita pengalaman dan upload photo album travelingmu di sini. Silakan Daftar atau

Minggu, 08 Sep 2019 14:25 WIB

DOMESTIC DESTINATIONS

Bukan Gambir di Jakarta, Ini Gambir di Jember

Yakub Mulyono
detikTravel
Foto: (Yakub Mulyono/detikcom)
Foto: (Yakub Mulyono/detikcom)
Jember - Siapa yang tidak tahu Stasiun Gambir di Jakarta? Di Jember juga ada Gambir, bedanya inilah destinasi wisata berupa gunung dan kebun teh yang cantik.

Berkunjung ke lokasi perkebunan teh di Gunung Gambir, Kecamatan Sumberbaru, Jember akan ditemui sebuah lokasi wisata yang apik, yakni sebuah jembatan yang membentang di atas perkebunan teh dengan kelokannya, dan juga dilengkapi dengan spot yang bagus untuk berswafoto. Masyarakat sekitar menyebut lokasi tersebut dengan Jembatan Layang Klobugan.

Jembatan itu memanjang kurang lebih 200 meteran, dari pinggir jalan utama lokasi wisata menuju ke perkebunan teh. Bentuk jembatan yang terbuat dari kayu hutan dan ditopang tiang pancang dari bambu itu, memanjang dan berkelok dengan sisi-sisinya ada spot foto menarik. Dibangunnya Jembatan Layang Klobugan yang berdiri sekitar tahun 2016 itu, adalah agar masyarakat memiliki sensasi berbeda, dengan berjalan melewati hamparan kebun teh, tanpa harus menginjak tanah.

Lokasi wisata Jembatan Layang Klobugan yang dikelola bersama dengan warga sekitar itu, berada di atas ketinggian sekitar 900 meter dari atas permukaan air laut. Berada di wilayah perkebunan teh Gunung Gambir milik PTPN 12, tepatnya di Lereng Pegunungan Argopuro.

Bukan Gambir di Jakarta, Ini Gambir di JemberFoto: (Yakub Mulyono/detikcom)


Untuk menuju ke lokasi perkebunan teh di Gunung Gambir, cukup menyita adrenalin dan kesabaran. Pasalnya dengan menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Jember menuju lokasi wisata di sisi barat, akses jalan untuk menuju ke lokasi wisata masih berupa bebatuan cukup besar. Karena lokasi memang masuk ke wilayah pedalaman.

Namun di masa mendatang, untuk akses jalan juga akan diaspal sehingga memberikan kenyamanan bagi para pelancong yang akan datang berwisata.

Selain itu, meskipun jarak cukup jauh, dan menyita waktu tempuh kurang lebih 1 jam 40 menit perjalanan. Saat sampai di lokasi, akan terbayarkan dengan suasana sejuk segar khas pegunungan, dan senyum ramah dari para warga yang berada di tempat wisata tersebut.

Bukan Gambir di Jakarta, Ini Gambir di JemberFoto: (Yakub Mulyono/detikcom)


Terlebih lagi dengan tiket masuk lokasi wisata yang terbilang murah, cukup dengan mengeluarkan gocek Rp 3 ribu per orang, dan parkir kendaraan roda dua Rp 5 ribu.

"Jembatan kayu yang membentang di atas kebun teh ini, terasa berbeda dan memberi kesan seakan-akan berjalan melayang di atas kebun teh" kata Pengelola Wisata Kebun Gunung Gambir Herru Santoso, Sabtu (7/9/2019) kemarin.

Herru menjelaskan, Jembatan Layang Klobungan yang bermakna gorong gorong dalam Bahasa Madura ini didirikan tak lain hanya untuk memanjakan pengunjung menikmati pesona kebun teh tanpa harus menginjak tanah.

"Juga di beberapa titik, ada spot foto yang menarik, bagus untuk berselfie (swafoto)," ungkapnya.

BACA JUGA: Bukan di Belanda, Ini di Jember

Pengunjung pun, juga merasakan langsung hawa dan aroma daun teh, dengan hawa sejuk khas pegunungan.

Salah seorang pengunjung, Novita, mengaku cukup senang saat menikmati wisata alam di kawasan Gunung Gambir itu.

"Tempatnya bagus dan indah, apalagi suasana sejuk pegunungan. Cukup menenangkan dan menghilangkan penat setelah seminggu bekerja di kota," kata wanita yang bekerja sebagai admin di sebuah perusahaan di Jember ini.

Bukan Gambir di Jakarta, Ini Gambir di JemberFoto: (Yakub Mulyono/detikcom)


Untuk penyuka ketenangan, dirinya menyarankan datang ke lokasi wisata tersebut.

"Wisata alam kan jarang yang di Jember, jadi di Gunung Gambir ini, mungkin salah satu lokasi yang bagus dan layak dikunjungi. tiket murah dan jajanan lengkap, tinggal aspal saja sih. Karena jalannya berbatu, jadi agak capek juga berangkatnya," katanya.

Simak Video "Masjid Unik, Jember"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
BERITA TERKAIT
BACA JUGA